Hal-Hal Yang Anda Butuhkan Untuk Dekorasi Rumah Minimalis

Dekorasi rumah minimalis memang sempurna untuk rumah dengan ukuran yang tidak begitu luas. Dekorasi minimalis lebih fokus pada sisi sederhana namun tetap fungsional tanpa meninggalkan aksen estetisnya. Dalam mendekorasi rumah dengan gaya minimalis tentunya ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan mulai dari tata ruang, pemilihan furnitur, penentuan palet warna, sampai pada penambahan aksesoris untuk detail yang lebih menonjol. Mendekorasi rumah dengan konsep minimalis terdengar mudah dan sederhana namun ini juga bisa menjadi tantangan. Pasalnya, kini konsep minimalis juga banyak cabangnya. Ada minimalis klasik, minimalis modern, minimalis kontempoer, dll.

Dekorasi rumah minimalis

Apa saja yang dibutuhkan untuk dekorasi rumah minimalis?

Mendekorasi sendiri rumah impian anda sampai menjadi hunian yang nyaman untuk keluarga tentunya menjadi pencapaian tersendiri. Terlebih rumah haruslah dibangun sesuai karakter pemiliknya. Jika anda memiiki rumah sederhana dengan dengan ukuran yang tidak begitu luas, maka anda bisa menggunakan konsep minimalis. Berikut hal-hal apa saja yang butuhkan untuk mewujudkannya:

  • Pertama, anda membutuhkan perencanaan yang mendetail. Anda harus mencatat apa saja yag anda inginkan untuk dekorasi rumah anda yang bergaya minimalis. Anda bisa menentukan dulu konsep minimalis seperti apa yang ingin anda aplikasikan pada rumah anda. Jika tema sudah ditentukan, maka akan mudah untuk anda mengurutkan apa saja material yang dibutuhkan. Misalnya saja jika anda ingin mengaplikasikan konsep minimalis modern. Maka anda akan membutuhkan furnitur yang multi fungsi misalnya smart tv, kabinet dengan fungsi ganda sebagai meja dan tempat penyimpanan barang, rak dinding, dll.

  • Setelah meentukan gaya konsep minimalis yang diinginkan, selanjutnya anda harus mengatur tata ruang untuk dekorasi rumah minimalis. Untuk mewujudkan konsep ini, maka gaya neat, sleek, dan simple lebih dianjurkan untuk memvisualisasikan konsep minimalis yang lebih kuat. Pengaturan tata ruang fokus pada kesan rapih, elegan, dan simetris.
READ  Inspirasi Dekorasi Rumah Pilihan Untuk Anda Coba

  • Hal selanjutnya yang anda butuhkan untuk mewujudkan rumah dengan dekorasi minimalis ialah pemilihan palet warna. Untuk membuat ruangan dirumah anda terlihat lebih luas dari aslinya, pilihlah palet warna dengan tone lembut. Bahkan dianjurkan untuk menggunakan warna putih sebagai dasar warna yang mendominasi ruangan. Anda bisa menambahkan aksen warna-warna lembut untuk mempercantik tampilan rumah misalnya dengan mengaplikasikan warna pastel dibeberapa bagian rumah seperti frame jendela, pintu, dll.

  • Maksimalkan setiap ruang yang ada jika anda ingin konsep rumah minimalis lebih nyaman. Misalnya saja, jika rumah anda terdiri dari dua lantai, maka anda bisa membuat ruang baca mini dibawah tangga. Biasanya ruang tersisa diarea bawah tangga tidak dipakai. Namun anda bisa memaksimalkan fungsinya sebagai reading corner dengan menempatkan rak buku. Atau anda juga bisa memasang tangga yang terbuat dari kayu yang memiliki fungsi lain sebagai kabinet. Jadi, tangga memiliki fungsi ganda. Kabinet tersebut bisa anda gunakan untuk menyimpan berbagai barang.

  • Untuk menciptakan rumah dengan konsep minimalis, disarankan untuk mengaplikasikan layer yang senada antara satu elemen dengan elemen lainnya. Jika setiap elemen tidak diplikasikan secara senada maka tampilan ruangan akan terlihat berantakan dan tidak sesuai dengan konsep minimalis yang coba diusung. Misalnya saja, jika anda ingin mengaplikasikan konsep minimalis natural maka gunakan elemen kayu disebagian besar ruangan. Sebaiknya elemen lain misal material besi diaplikasikan dalam proporsi yang minim atau tidak diaplikasikan sama sekali agar dekorasi rumah minimalis natural bisa terlihat lebih kuat.