Inspirasi Dekorasi Rumah Pilihan Untuk Anda Coba

Rumah merupakan bagian penting dalam kehidupan. Maka membangun rumah bukanlah hal sederhana karena dibutuhkan perencanaan yang matang. Dekorasi rumah tidak hanya melulu soal ruangan dan konsep interior. Bagian eksterior rumah juga sama pentingnya. Selain itu, mendekorasi rumah juga penting karena rumah ia merepresentasikan pemiliknya itu sendiri. Dari dekorasi rumah, maka bisa diketahui karakter dan kepribadian pemilik rumah. Terkadang, pemilik rumah memang sengaja mengusung konsep tertentu agar orang lain dapat melihat sisi uniknya. Kini, mencari ide dekorasi untuk rumah tidaklah sulit. Anda bisa menemukan berbagai ide dan inspirasi dari berbagai sumber baik itu majalah khusus interior design, maupun portal-portal online. Yang perlu anda lakukan ialah menemukan ide dekorasi yang sesuai dengan keinginan dan karakter anda sendiri.

Dekorasi rumah

Beberapa inspirasi dekorasi rumah untuk diaplikasikan

Berikut beberapa ide untuk dekorasi rumah yang bisa anda pilih dan aplikasikan untuk rumah impian anda:

  • Desain klasik bisa menjadi ide menarik untuk konsep dekorasi rumah anda. Klasik disini bisa anda ambil dari berbagai gaya yang sudah ada. Misalnya saja anda bisa mencoba dekorasi klasik ala American country dimana kesan hangat dan suburban lebih ditonjolkan. Hal ini terlihat dari penggunaan furnitur yang sederhana. Pemilihan warna baik dari cat maupun furnitur lebih menekankan pada warna-warna alam seperti coklat, merah bata, fade orange, dsb. Selain itu, material yang digunakan untuk desain rumah bertema American country juga didominasi material berbahan kayu. Inilah yang membuat kesan countryside pada desain rumah seperti ini terlihat dan terasa lebih kuat. Untuk desain eksteriornya sendiri dibuat dengan konsep sederhana dengan adanya balkon dengan alas kayu. Biasanya halaman depan rumah dibiarkan terbuka dan luas.
READ  Tips Memilih Model Ventilasi Rumah yang Sehat

  • Ide dekorasi selanjutnya untuk rumah anda ialah gaya minimalis. Konsep ini sudah banyak digunakan terutama untuk rumah yang memiliki ukuran kecil. Konsep minimalis digunakan agar rumah memiliki fungsi maksimal sekalipun dengan ruang yang minim. Untuk mewujudkan konsep ini, biasanya pemilihan warna jatuh pada warna-warna lembut dan netral dan jauh dari warna vibrant atau mencolok. Selain itu, tata rumah lebih fokus pada gaya simetris dan rapi. Untuk menambah kesan minimalis, biasanya furnitur yang digunakan untuk dekorasi rumah tidak memiliki ukiran berlebihan. Motif-motif yang digunakan juga cenderung sederhana tanpa detail kompleks atau mencolok. Karena sisi fungsional lebih dikedepankan, maka biasanya desain minimalis tidak melibatkan dekorasi terlalu banyak.

  • Selanjutnya ada inspirasi dekorasi kontemporer yang bisa anda aplikasikan. Gaya ontemporer tidak memiliki batasan dalam pemilihan warna, jenis furnitur, maupun detail tambahan. Kontemporer juga bisa menajdi perpaduan antara konsep klasik dan modern tanpa ada keharusan dalam keseimbangan proporsinya. Anda bisa saja memilih warna untuk desain interior dengan warna vibrant kemudian memilih furnitur modern. Kombinasi atau konsep yang berbenturan membuat desain kontemporer lebih menarik dan membuat dekorasi rumah anda lebih unik dan berkarakter. Pemilihan setiap elemen bisa anda tentukan bebas sesuai keinginan. Namun desain kontemporer bisa sangat mengecoh. Maka, anda sebaiknya memilih dengan bijak untuk memadukan satu unsur dengan unsur lainnya agar hasilnya senada dan tidak bertabrakan.

  • Kemudian, anda bisa mencoba desain smart home untuk dekorasi rumah Ini bisa juga dikatakan sebagai desain modern karena unsur-unsurnya banyak melibatkan unsur modern seperti dalam hal pemilihan jenis furnitur. Dalam konsep rumah ini, dekorasi lebih menekankan pada rumah dengan fungsi diatas rata-rata. Misalnya saja, furnitur yang digunakan didesain berdasarkan teknologi tinggi seperti smart tv, home theater, smart kitchen appliances, sofa dengan multi fungsi, dsb. Konsep seperti ini biasanya membutuhkan budget yang lebih tinggi karena unsur-unsur yang dilibatkan bersifat modern dan berteknologi tinggi. Rumah dengan konsep seperti ini biasanya menggunakan permainan warna yang menarik dan unik. Namun keseluruhan desain menggunakan konsep clean-cut. Tidak ada kabel-kabel berserakan terlihat diarea rumah yang mengusung konsep ini. Bahan material besi dan kaca juga lebih mendominasi pada setiap unsur dekorasi rumah.
READ  Perhatikan 5 Hal Berikut Untuk Desain Interior Rumah Mewah Modern

  • Ada juga konsep dekorasi terbuka yang bisa anda coba. Dalam konsep ini, rumah anda minim sekat atau pemisah. Sehingga setiap ruangan dapat terhubung tanpa pemisah. Misalnya saja, anda bisa menggunakan konsep terbuka untuk menggabungkan antara ruang makan dan dapur. Sehingga tidak perlu ada pemisah baik berupa pintu maupun tembok. Kesan ini terbilang modern dan banyak digunakan diberbagai jenis hunian terutama kondominium, apartemen, ataupun rumah minimalis. Konsep terbuka seperti ini memberikan kesan luas pada ruangan. Anda bisa menggabungkan dua atau beberapa ruangan sekaligus misalnya ruang makan dengan dapur, atau ruang keluarga dengan ruang makan. Namun pastikan ada unsur yang menonjol antara kedua ruangan agar tetap bisa dibedakan meskipun tanpa sekat misalnya melalui permainan warna ataupun detail-detail tambahan.

Hal utama yang menentukan konsep dekorasi rumah

Dekorasi untuk hunian harus direncanakan secara matang untuk menghasilkan rumah yang nyaman dan indah dipandang. Perlu anda ketahui bahwa dalam menentukan dekorasi, ada beberapa unsur yang peranannya sangat berpengaruh, seperti:

  • Pemilihan warna – Pemilihan dan permainan warna bisa menentukan konsep dekorasi yang dipilih. Misalnya saja, konsep minimalis lebih banyak menggunakan unsur warna lembut sedangkan konsep mewah lebih didominasi oleh warna-warna mencolok.

  • Penentuan tata ruang – Baik itu penentuan lokasi setiap ruangan, sampai tata letak setiap furnitur bisa merepesentasikan suatu konsep dekorasi pada hunian. Misalnya saja, tata ruang untuk konsep rumah minimalis ditunjukkan dengan desain simetris dan terorganisir.

  • Pemilihan furnitur – Jenis furnitur yang digunakan bisa menggambarkan dengan jelas konsep dekorasi yang diusung. Misalnya saja untuk rumah dengan konsep smart modern, maka furnitur yang digunakan biasanya memiliki multi fungsi dan berteknologi tinggi.
READ  Faktor Yang Harus Dilibatkan Dalam Penataan Ruang Tamu

  • Detail tambahan – Melalui detail-detail kecil yang ditambahkan bisa memperkuat konsep dekorasi rumah. Misalnya saja, untuk memperkuat rumah dengan konsep klasik, maka ditambahkan detail pada dekorasinya berupa bahan material berbahan kayu, batuan alam, dsb. Sedangkan untuk memperkuat kesan mewah, maka ditambahkan detail seperti tirai jenis drappery, furnitur dengan ukiran, dan koleksi karya seni.

Perkembangan desain dan dekorasi hunian saat ini sudah semakin berkembang. Selain sumber daya yang memang tersedia, ide dan kreatifitas para desainer juga semakin maju dan menembus berbagai batasan. Selain itu, berbagai ide dekorasi dan desain rumah juga lahir dari kebudayaan yang beragam disetiap tempat. Misalnya saja, setiap negara memiliki karakteristik tersendiri dalam hal dekorasi yang mencerminkan kebudayaan nenek moyang. Maka, ide dekorasi memang sangat melimpah. Anda bisa mengusung satu konsep yang menarik perhatian. Atau bahkan menggabungkan beberapa ide dekorasi sekaligus untuk melahirkan desain unik dan personal. Namun perlu anda ingat bahwa prinsip utama dalam menentukan dekorasi rumah harus berdasarkan pada kenyamanan dan keamanan.