Tips Membuat Sendiri Denah Rumah Sederhana Yang Cantik

Memilih denah rumah sederhana tetap harus mempertimbangkan berbagai faktor demi kenyamanan. Memiliki rumah dengan gaya sederhana bukan berarti mengurangi nilai estetik dan kenyamanan interiornya. Begitupun dengan eksteriornya, harus diperhatikan dengan sedetail mungkin. Membuat denah memang tidak semudah kedengarannya karena struktur bangunan sampai aksen-aksen harus direncanakan dengan sempurna agar bangunan kokoh serta dapat mengakomodasi kebutuhan setiap penghuninya dengan baik. Denah rumah dengan gaya sederhana dan simple biasanya terdiri dari satu kamar utama, dua kamar tambahan, ruang keluarga, ruang makan, dan kamar mandi. Sedangkan untuk ruang tamu bisa menjadi opsi tambahan dan bukan ruangan utama. Anda bisa menyertakannya atau tidak, tergantung dari ketersediaan ruang dirumah anda.

Denah rumah sederhana

Tips dalam tahapan menentukan denah rumah

  • Hal pertama yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan dalam menentukan denah rumah ialah mengkalkulasi sesuai dengan jumlah penghunanya. Rumah sederhana lebih cocok untuk pasangan pengantin baru atau keluarga kecil misalnya keluarga yang terdiri dari dua orang dewasa dan dua anak. Maka bisa ditentukan jumlah kamar untuk mengakomodasi kebutuhan semua penghuni. Rumah dengan satu kamar utama untuk ayah dan ibu, kemudian dua kamar tambahan untuk anak.

 

  • Hal selanjutnya yang harus diperhatikan ialah tata ruang. Dalam membuat denah anda harus tahu kalkulasi jelas ukuran setiap ruang. Ukuran ruang memang tergantung dari ketersediaan lahan. Untuk kamar utama minimal berukuran 3x3m. Untuk kamar mandi bisa 1.5×1.5 m. Sebenarnya tidak ada ukuran khusus yang harus anda ikuti karena denah rumah adalah sepenuhnya diputuskan oleh anda. Setiap ruangan juga tidak harus berukuran sama. Ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Anda bisa membuat sendiri denah rumah sederhana dengan membuat sketsa. Anda tidak perlu ahli menggambar untuk membuat denah rumah impian. Sketsa ini bisa dijadikan acuan dan gambaran akan rumah yang ideal dengan keinginan anda. Nantinya, anda bisa memperlihatkan sketsa rumah pada kontraktor atau desainer. Dengan begitu, proses pembangunan rumah juga akan lebih lancar karena rencananya sudah jelas.
READ  Jenis-Jenis Dapur Minimalis Dan Modern

  • Berikan catatan-catatan khusus pada sketsa anda misalnya dimana anda ingin menyisipkan aksen tambahan, dinding penyekat, dll. Anda juga bisa menandai area khusus yang belum sepenuhnya yakin denahnya. Anda juga bisa membedakan setiap denah ruangan dengan memberikan warna yang berbeda.

  • Jika anda bisa, anda juga bisa menambahkan arsiran-arsiran pada area khusus yang ingin anda gunakan untuk menempatkan furnitur. Anda juga bisa menggambar furnitur untuk lebih detailnya. Namun jika anda tidak bisa menggambar lebih detail, maka anda cukup menandai ruangan dengan tulisan saja.

  • Sebelum menyerahkan apda kontraktor, evaluasi ulang denah yang anda buat sampai anda benar-benar yakin akan denah yang anda buat. Anda tidak perlu khawatir jika anda merasa denah yang anda buat kurang sempurna. Anda bisa mendiskusikannya kembali dengan kontraktor sampai didapat denah yang lebih detail dan sempurna.

Membuat denah rumah sendiri memang bukanlah keharusan namun jika anda bisa membuatnya sendiri bisa mendatangkan kepuasan tersendiri. Sebelum membuat denah, anda bisa mencari inspirasi terlebih dahulu. Anda bisa mencari referensi online ataupun membeli majalah arsitektur dan mendatangi pameran desain interior agar mendapat gambaran dan referensi yang lebih luas. Setelah membuat denah rumah sederhana dengan tangan anda, jangan lupa untuk membuat perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah impian anda. Dengan estimasi biaya lebih jelas dan terencana.