Tips Untuk Desain Rumah Minimalis Sederhana Namun Tetap Nyaman

Memiliki rumah minimalis dengan ukuran yang tidak begitu luas memang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun saat ini banyak tips dan trik yang bisa diaplikasikan untuk menciptakan desain rumah minimalis sederhana yang tetap nyaman untuk ditinggali. Rumah minimalis bahkan juga banyak diaplikasikan di rumah-rumah dengan ukurn yang luas sekalipun.

Desain rumah minimalis sederhana

Konsep minimalis memang tidak ada batasan. Namun untuk rumah dengan ukuran kecil, konsep minimalis diaplikasikan untuk memaksimalkan fungsinya ditengah keterbatasan ruang sehingga ruangan bisa tetap nyaman. Sedangkan konsep minimalis yang diaplikasikan pada rumah berukuran luas atau mewah lebih fokus pada gaya atau desain yang ingin ditonjolkan. Misalnya saja dengan pemilihan furnitur dengan finishing line yang tidak mencolok dan tidak tajam sehingga kesan simpel dan clean cut lebih terlihat.

Tips dan trik desain rumah minimalis sederhana agar tetap nyaman dan fungsional

Biasanya rumah dengan konsep minimalis dan sederhana dipilih oleh pasangan yang baru menikah, atau keluarga kecil yang belum memiliki anak dalam jumlah besar. Sebenarnya pemilihan rumah berkonsep minimalis kadang dilakukan secara sengaja. Rumah minimalis berukuran sedang dengan desain sederhana banyak dipilih pasangan muda berkarir yang ingin menjalani hidup secara lebih mudah. Rumah berukuran yang tidak terlalu luas lebih mudah untuk dirawat dan dibersihkan. Sehingga tidak memakan waktu terlebih bagi pasangan yang sibuk bekerja. Namun keterbatasan ruangan kadang memberikan rasa kurang nyaman. Untuk itu, berikut beberapa tips dan trik dan bisa diaplikasikan untuk mengusung rumah dengan konsep minimalis namun tetap nyaman untuk dihuni:

  • Jika rumah memiliki lahan terbatas untuk dibuat konsep rumah satu lantai yang luas, maka anda bisa menyiasatinya dengan membangun rumah dengan desain atap yang tinggi. Ini bisa membantu sirkulasi udara rumah tetap terjaga dengan baik. Atap yang pendek akan membuat rumah semakin terasa sempit. Maka pastikan untuk memilih konsep langit-langit yang lebih tinggi dari rata-rata rumah lantai satu yang biasa sehingga rumah terlihat lebih luas dari aslinya.
READ  Tips Membuat Taman Minimalis Depan Rumah

  • Maksimalkan setiap ruangan dirumah minimalis anda dengan tidak memasang penyekat atau pemisah baik itu berupa tembok maupun pintu. Terlalu banyak penyekat justru akan mengurangi porsi ruang rumah anda. Disarankan untuk menggunakan konsep terbuka untuk rumah minimalis agar ruang gerak penghuni rumah tidak terlalu sempit. Anda bisa menggabungkan dua atau beberapa ruangan sekaligus misalnya saja dapur dengan ruang keluarga dan ruang makan tanpa adanya penyekat yang menghalangi. Konsep terbuka atau open space seperti ini sangat efektif untuk menciptakan kesan luas untuk desain rumah minimalis.

  • Untuk menonjolkan kesan minimalis sederhana, hindari penggunaan furnitur dengan material berat dan ukiran kompleks. Pilihlah furnitur dengan motif-motif simpel dan warna yang tidak mencolok sehingga ruangan terlihat humble dan homey. Furnitur dengan garis tegas namun dengan motif yang tidak terlalu ramai lebih sesuai untuk konsep rumah minimalis. Ini juga akan membuat rumah terasa lebih luas dan jauh dari kata pengap.

  • Karena desain rumah minimalis sederhana memiliki ruangan terbatas, sebaiknya pertimbangkan faktor ukuran dan desain dalam hal pemilihan furnitur. Pilihlah furnitur dengan ukurn kecil atau medium. Dengan begitu, setiap furnitu akan lebih mengedepankan sisi fungsionalnya dan tetap memberikan ruang yang cukup bagi penghuni untuk bebas bergerak tanpa beresiko menabrak setiap furnitur yang ada didalam ruangan. Selain itu, hindari memasang barang-barang yang tidak perlu. Sebaiknya pilih barang-barang yang memang akan dibutuhkan dalam keseharian. Terlalu banyak barang otomatis akan memakan lebih banyak tempat sekalipun barang-barang tersebut tidak berukuran besar.

  • Untuk menghindari kesan pengap dan sempit, sebaiknya dipasang jendela dengan ukuran yang besar. Ini bisa membantu cahaya matahari masuk kedalam rumah sehingga bisa membantu pencahayaan yang lebih kondusif. Cahaya alami dari luar jendela bisa membuat ilusi rumah terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya. Selain itu, jendela besar juga bisa membantu agar sirkulasi udara didalam rumah tetap terjaga dengan baik.
READ  Cara Mudah Memilih Warna Cat Interior Rumah Minimalis

  • Trik selanjutnya yang bisa anda aplikasikan pada rumah minimalis agar terlihat lebih luas ialah dengan memasang full-height mirror disalah satu dinding ruangan. Anda bisa memasangnya didekat pintu utama. Selain bisa berfungsi untuk bercermin saat akan keluar rumah, refleksi yang dipancarkan cermin berukuran besar dan tinggi ini akan memberikan ilusi ruangan terlihat lebih luas. Sebenarnya anda bisa bisa cermin besar dengan bentuk horizontal maupun vertical. Namun jika anda ingin ruangan terlihat lebih lebar, maka anda bisa memasang cermin horizontal yang memanjang disalah satu dinding.

  • Tips selanjutnya untuk rumah minimalis sederhana ialah untuk memilih permainan warna dengan bijak. Untuk menonjolkan kesan minimalis, pilihlah warna-warna dengan tone lembut dan ringan seperti pastel, beige, light brown, atau putih. Anda juga bisa menggunakan permainan kombinasi warna. Namun sebaiknya jangan memilih warna gelap atau bold untuk mendominasi konsep secara keseluruhan. Sebaiknya pilih warna terang atau lembut sebagai warna dominan dan gunakan warna bold untuk detail dan corak pelengkap. Dominasi warna lembut atau terang bisa membuat ruangan terhindar dari kesan sempit dan pengap.

  • Untuk memperkuat kesan desain rumah minimalis sederhana, sebaiknya hindari penggunaan kombinasi warna yang terlalu banyak karena justru akan membuat desain interior terlalu ramai. Anda bisa mengkombinasikan dua sampai tiga warna untuk desain interior rumah anda. Atau, anda juga bisa menggunakan kombinasi tone misalnya saja menggabungkan beberapa warna dengan tone yang masih senada sehingga tidak ada kombinasi yang terlalu kontras atau mencolok.

  • Daripada menempatkan banyak furnitur dilantai untuk menyimpan barang-barang, lebih disarankan untuk memasang furnitur didinding. Misalnya saja jika anda memiliki banyak koleksi buku dan ingin menempatkannya disatu tempat. Daripada memasangan rak buku dilantai, anda bisa memasang rak tempel yang diinstal di dinding. Selain terlihat praktis, ini juga terlihat lebih anda bisa menginstal rak gantung yang dipasang disalah satu dinding ruangan untuk menyimpan barang-barang yang sekaligus ingin anda display atau pamerkan. Rak gantung tersebut bisa digunakan untuk menyimpan buku, aksesoris, maupun koleksi barang antik anda.
READ  Deskripsi Contoh Denah Rumah Minimalis

  • Trik selanjutnya ialah dengan menghindari memajang foto-foto diseluruh bagian dinding. Jika anda ingin memajang foto-foto keluarga didinding, sebaiknya pilih salah satu dinding saja. Anda bisa memajang koleksi foto dengan tata letak yang mirip seperti galeri mini disalah satu dinding sehingga ruangan tetap terlihat terorganisir dan rapi. Kesan ramai dan berantakan pun bisa dihindari. Hal ini juga berlaku untuk pajangan karya seni. Jika anda memiliki koleksi karya seni seperti lukisan, sebaiknya pilih salah satu dinding saja untuk memajang koleksi anda sehingga lebih terlihat estetis.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa anda coba aplikasikan untuk desain rumah minimalis sederhana anda sehingga hunian bisa tetap memberikan kenyamanan yang maksimal meskipun dengan ketersediaan ruang yang terbatas.