Tips Mendekorasi Halaman Belakang Rumah

Halaman belakang rumah kadang terlupakan dalam perencanaan desain rumah. Padahal ia juga memiliki peranan dan fungsi penting meskipun tidak terlihat oleh orang luar. Halaman rumah bagian belakang bisa berfungsi menjadi berbagai area khusus misalnya taman mini, taman bermain anak, area olahraga, sampai kebun mini. Bagian halaman dibelakang rumah yang tidak terpakai bisa disulap menjadi area yang lebih berguna bagi para penghuni rumah. Anda bisa memanfaatkan krestifitas anda dalam mendesain halaman sesuai dengan keinginan.

Inspirasi untuk dekorasi halaman belakang rumah

Jika anda bingung dengan halaman dibelakang rumah yang terbengkalai, maka anda bisa menylapnya menjadi area yang lebih bermanfaat. Berikut beberapa tips dekorasinya yang bisa anda coba aplikasikan sendiri dirumah anda:

  • Anda bisa mengubah halaman belakang rumah anda menjadi tempat yang cozy untuk bersantai saat sambil menikmati teh hangat dipagi atau sore hari. Untuk mendekorasinya, anda bisa menempatkan kursi berbahan kayu maupun besi. Jangan lupa tempatkan meja berukuran sedang. Anda juga bisa memasang rumput sintetis agar suasana halaman anda lebih terasa hidup. Bahkan akan lebih baik jika anda mendekorasi rumput asli agar lebih terlihat menarik.

  • Sulap halaman kosong diarea belakang rumah anda menjadi taman mini yang cantik dan nyaman. Anda bisa memasang kolam ikan mini dibagian tengah area halaman dan menempatkan berbagai jenis pohon atau tanaman disetiap sudutnya. Anda bisa bersantai sambil memberi makan ikan diwaktu senggang dihalan belakang rumah yang sudah anda sulap jadi taman mini.

  • Anda juga bisa mendesain halaman belakang rumah menjadi area bermain anak. Anda hanya perlu memasan berbagai permainan anak seperti perosotan, jungkat jungkit, ayunan, dll. Anda juga bisa memasang rumput sintetis disalah satu sudut taman untuk anak membaca atau menikmati camilan.
READ  Tips Dalam Menentukan Model Teras Rumah Yang Cantik

  • Anda juga bisa membuat kolam ala hot springs meskipun minus air panas di halaman belakang rumah. Anda hanya perlu memasang kolam mini untuk anda merendam kaki. Ini bisa jadi area ideal untuk anda berelaksasi melepas penat dan otot yang pegal. Anda bisa memasang pijakan terbuat dari bebatuan alam disekitar kolam sehingga. Jangan lupa tempatkan berbagai tanaman dan bunga aromaterapi yang bisa membantu anda menghilangkan stres.

  • Manfaatkan halaman belakang rumah anda menjadi spot olahraga. Anda bisa memasang berbagai peralatan olahraga modern maupun konvensional dihalaman. Namun jika anda memasang peralatan modern, sebaiknya pasang atap khusus agar peralatan tersebut tidak rusak terkena hujan maupun sinar matahari. Anda juga bisa memasang matras khusus untuk olahraga lantai seperti pilates, yoga, dsb.

  • Halaman belakang rumah anda juga bisa diubah menajdi taman baca atau perpustakaan mini. Anda bisa mendekorasi sesuai keinginan. Tempatkan rak buku diarea yang terlindungi dari hujan dan panas. Atau anda bisa memasang area khusus dengan atap yang kokoh. Anda bisa memasang loveseat atau kursi tipe bench sebagai spot membaca favorit. Membaca diarea terbuka dengan pemandangan hijau bisa menjadi momen favorit anda saat ada waktu senggang.

  • Ide selanjutnya yakni mendekorasi halaman belakang menjadi area barbeque dengan tema industrial yang menarik. Anda bisa memasang kursi berbahan besi dengan desain industrial beserta meja sebagai area makan. Tempatkan juga peralatan barbeque disalah satu sudut halaman. Maka, anda siap mengundang keluarga, teman, atau kolega untuk pesta barbeque diakhir pekan.