Ide Dekorasi Pagar Minimalis Untuk Rumah Dengan Konsep Modern

Pagar memiliki fungsi utama untuk menjaga keamanan rumah dari gangguan luar baik itu manusia maupun binatang. Dengan pagar, maka penghuni rumah akan merasa lebih aman. Pagar juga memiliki fungsi yang lebih dari sekedar menjaga keamanan tapi juga memiliki nilai estetis untuk memperindah tampilan eksterior rmah. Untuk itu, kali ini akan dibahas mengenai pagar minimalis yang sangat sesuai untuk rumah dengan konsep modern. Meskipun sekarang ini kebanyakan rumah lebih banyak diaplikasikan benteng tembok, namun pagar tetap memiliki peranan penting dan tetap digunakan terutama dibagian entrance atau keluar/masuk.

Pagar minimalis

Pertimbangan dalam memilih pagar minimalis untuk hunian aman dan nyaman

Rumah merupakan hunian yang sudah seharusnya memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuni maupun tamu yang berkunjung. Oleh karena itu, setiap bagian rumah memiliki peranan penting untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman tersebut, termasuk dengan peranan pagar. Ia memiliki fungsi esensial dalam hal keamanan rumah. Namun memilih dekorasi pagar juga tidak bisa sembarangan karena anda juga harus mempertibangkan sisi estetisnya. Terlebih karena pagar berada diposisi terdepan rumah dan menjadi bagian pertama yang terlihat. Untuk itu, sebelum membahas beberpa inspirasi atau ide desain pagar-pagar menarik, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan pagar:

  • Bahan pagar sebenarnya bisa dipilih dan disesuaikan dengan kemampuan budget anda dan kebutuhan. Anda bisa memilih pagar yang terbuat dari bahan material kayu ataupun besi. Untuk pagar berbahan kayu, nilai estetiknya memang tinggi karena kesan natural yang ditonjolkannya. Namun pagar berbahan besi juga seringkali dipilih karena kepraktisannya. Selain itu, bahan besi juga memiliki desain yang beragam yang bisa dipilih sesuai keinginan.
  • Hal penting selanjutnya yang harus dipertimbangkan dalam memilih pagar ialah ukuran dan desain. Ada banyak ukuran serta desain pagar yang bisa anda pilih dan sesuaikan dengan tema eksterior rumah anda. Anda bisa memilih pagar yang tinggi jika rumah anda dikelilingi benteng beton. Atau jika anda memiliki taman didepan rumah maka memasang pagar pendek bisa dipilih sehingga taman bisa dilihat dari luar.
  • Penempatan pagar juga penting untuk sisi fungsi dan estetisnya. Anda bisa emmasang pagar full height disekeliling rumah atau hanya memasang pagar disalah satu sudut saja sebagai jalur entrance. Lebar pagar juga perlu Anda bisa emmilih memasang pagar double dimana yang satu digunakan untuk jalur keluar masuk kendaraan dan yang satu utuk keluar masuk orang. Atau, anda bisa hanya memasang satu pagar saja untuk fungsi keduanya.
  • Untuk motif dan detail-detail kecil pagar bisa dipilih sesuai keinginan anda. Jika anda menginginkan kesan minimalis, maka pilihlah pagar yang tidak memiliki dekorasi berlebihan. Pagar dengan clean-cut dan desain simpel bisa memebrikan kesan minimalis modern pada hunian.
READ  Pagar Rumah Minimalis Namun Berkualitas Bagus

Inspirasi berbagai desain pagar minimalis untuk rumah idaman

Anda yang sedang mencari inspirasi desain pagar minimalis untuk hunian anda, berikut beberapa ide desain pagar yang bisa anda pilih dan aplikasikan:

  • Pagar dengan konsep minimalis natural bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menonjolkan kesan simpel ditambah dengan sentuhan alam. Pagar ini memiliki bentuk yang sederhana namun dilengkapi dengan bahan material batu alam sehingga memberikan nilai estetis lebih. Selain terlihat menarik, tampilan depan rumah anda juga lebih kokoh.

  • Inspirasi selajutnya ialah model pagar dengan desain simpel namun dilengkapi dengan sentuhan desain see-through atau tembus pandang. Desainnya sendiri berupa sliding model namun detail see-through menambah keunikan bentuk pagar ini. Untuk warna, anda bisa memilih warna bold. Misalnya saja jika eksterior rumah anda dicat dengan warna baby blue, maka anda bisa memilih untuk mengecat pagar anda dengan warna vivid blue yang lebih tua.

  • Desain pagar minimalis yang bisa anda pilih selanjutnya ialah pagar dengan bahan besi dan model minimalis modern. Ini ditandai dengan bahan material utama pagar yang terbuat dari besi. Untuk desainnya sendiri yaitu memiliki bentuk seperti domino. Untuk jarak setiap besi pagar bisa anda sesuaikan dengan keinginan. Namun untuk alasan keamanan memang sebaiknya jarak besi lebih rapat. Untuk pemilihan warna, sebaiknya dipilih warna-warna netral untuk menojolkan kesan minimalis modern seperti dark grey, atau light beige.

  • Pagar dengan bahan full kayu juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk desain minimalis. Namun bahan kayu lebih memberikan kesan klasik. Untuk lebih menampilkan kesan minimalis daripada klasiknya, maka anda bisa memilih pagar kayu dengan desain simple tanpa ukiran tambahan. Untuk warna sendiri sebaiknya mempertahankan warna asli kayu sendiri untuk memberikan kesan hangat dan natural pada hunian anda.
READ  Tips Dalam Menentukan Model Teras Rumah Yang Cantik

  • Inspirasi lain yang tidak kalah menarik ialah dengan memasang pagar kombinasi. Misalnya anda memasang pagar tinggi disatu sisi dan pagar pendek disisi lain. Ini bisa membantu anda menentukan bagian eksterior rumah mana yang ingin ditampilkan dan mana yang tidak ingin terlihat. Untuk desain pagar, model minimalis dengan bahan kayu untuk pagar pendek, dan bahan besi untuk pagar tinggi bisa jadi pilihan tepat.

  • Ide pagar selanjutnya ialah pagar dengan bentuk potongan-potongan papan. Potongan-potongan tersebut memiliki kerenggangan yang beragam sehingga menambah estetika pagar tersebut. Untuk menonjolkan kesan minimalis, pagar tidak memiliki ukiran khusus dan modelnya pun flat dengan tinggi medium dan warna netral.

  • Selanjutnya, ada juga model pagar setengah tembok yang bisa anda aplikasikan. Bahan pagar yang digunakan ialah besi. Tinggi antara tembok dengan pagar ialah 3:4. Untuk membuatnya terlihat lebih menarik, pagar besi dicat dengan warna earth tone seperti coklat, atau merah bata. Sedangkan untuk temboknya bisa dicat dengan warna netral seperti putih atau abu.

Sebenarnya kini pagar bisa dibuat dari bahan selain kayu dan besi, misalnya saja bahan batu, keramik, ataupun stainless steel. Namun dalam memilih bahan pagar memang harus diutamakan dari sisi fungsionalnya sehingga keamanan terjamin. Untuk konsep pagar minimalis bisa dipilih berdasarkan desain, ukiran, ataupun detail pagar. Dengan begitu, fungsi dari pagar bisa terpenuhi dan nilai estetisnya pun tetap terlihat.

Terkadang pagar menjadi bagian yang sering terlupakan padahal pagar memiliki bagian penting bagi sebuah rumah. Ia adalah yang pertama kali terlihat dari sebuah rumah dan bisa dibilang ia adalah image keseluruhan rumah. Maka, memilih pagar yang tepat untuk rumah sudah sepantasnta dilakukan. Memilih pagar haruslah disesuaikan dengan kebutuhan keamanan. Selain itu, desain dari pagar juga perlu dipertimbangkan dan disesuaikan dengan konsep keseluruhan rumah atau setidaknya senada dengan konsep eksterior rumah yang diusung. Pagar minimalis bisa menajdi inspirasi desain menarik untuk dicoba dirumah. Anda bisa memilih salah satu ide desain pagar diatas dan memilih bahan yang sesuai kebutuhan dan level kemanan yang anda inginkan.

READ  Tips Untuk Mengatur Dekorasi Kamar Tidur Anak