Inspirasi Model Tangga Rumah Minimalis

Rumah minimalis di zaman sekarang banyak diminati oleh masyarakat. Banyak hal yang menyebabkan model rumah minimalis diminati diantaranya karena harga lahan semakin mahal yang menyebabkan masyarakat harus lebih menguras pikiran memanfaatkan lahan  sempit demi kenyamanan tempat tinggalnya.

Desainnya pun biasanya sangatlah sederhana, karena menyesuaikan dengan ukurannya yang minimalis. Pada umumnya rumah minimalis memiliki 2 lantai yang tentunya dihubungkan dengan tangga.

Beberapa Inspirasi Model Tangga Rumah Minimalis

Tangga rumah minimalis  tentu di zaman sekarang banyak ragamnya, banyak jenisnya, dengan kualitas yang bermacam-macam pula. Sehubungan dengan tangga minimalis, ada beberapa  model tangga minimalis yang biasanya banyak diminati oleh masyarakat, diantaranya:

  • Model Tangga Melingkar

Model tangga yang satu ini sangatlah tidak asing bagi orang yang memiliki rumah minimalis karena biasanya rumah minimalis kebanyakan menggunakan tangga melingkar. Sesuai dengan namanya tangga yang satu ini melingkar bentuknya, model ini cocok dikarenakan bisa menghemat ruang di rumah yang relatif bisa dibilang kecil sehingga membuat rumah kecil tidak nampak terlihat terlalu sempit dengan adanya tangga melingkar. Untuk bahannya sendiri kebanyakan model yang satu ini terbuat dari besi, namun ada juga bahan lain seperti bahan dari kayu.

  • Model Tangga Zigzag

Model tangga zigzag juga sering dipakai atau digunakan bagi rumah minimalis sebagaimana halnya model tangga melingkar. Namun model tangga ini jika dibandingkan dengan yang sebelumnya, memiliki ukuran yang relatif lebih besar sehingga akan menyita ruangan yang ada dengan adanya tangga model ini.

Model tangga zigzag biasanya digunakan pada rumah yang mempunyai ketinggian melebihi tiga meter. Apabila diterapkan model lain pada rumah yang melebihi tiga meter, kemiringannya pasti akan terlalu tajam dan tentunya akan membahayakan keselamatan. Oleh karena itu menerapkan model tangga zigzag adalah solusi terbaik. Untuk bahan-bahan yang membentuk tangga ini, tidak seperti tangga melingkar tangga model zigzag memiliki banyak variasi bahan bisa terbuat dari beton, kayu maupun dari besi. Untuk menambah kesan estetika bisa ditambahkan tralis yang modelnya simpel, contohnya bentuk garis ataupun bentuk balok.

  • Model Tangga Tegak
READ  Teras Rumah Minimalis Yang Harus Anda Miliki

Selain dari dua model diatas, model tangga tegak banyak pula diminati oleh masyarakat. Model tangga ini lumayan simpel dan sederhana sebab amodel tangga tegak memiliki satu arah dengan kemiringan yang pas tidak terlalu tinggi.  Rumah yang menggunakan model tangga ini adalah rumah berlantai yang tidak memiliki ukuran yang terlalu tinggi. Untuk ukuran tangga tegak adalah sedang tidak terlalu kecil tidak juga terlalu makan tempat. Bahannya pun sangat bervariasi seperti halnya model tangga zigzag.

Itulah beberapa model tangga yang pada umumnya digunakan di rumah minimalis. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Dan tentunya bisa terinspirasi bagi orang yang hendak membangun rumah minimalis.