Ide dan Tips Dekorasi Untuk Kamar Anak Perempuan

Kamar merupakan elemen penting bagi sebuah hunian karena disitulah tempat untuk berisitirahat. Kamar juga merupakan ruangan yang paling privat dibanding ruangan lainnya karena kamar lebih bersifat personal. Beitupun untuk kamar anak perempuan dimana fungsi kamar sebagai ruangan untuk tidur dan beristirahat bukan hanya elemen yang menjadi pertimbangan. Namun sisi estetis ruangan juga perlu diperhatikan karena perempuan cenderung lebih sensitif terhadap hal-hal yang indah dan estetis. Terlepas dari gender, baik anak laki-laki maupun perempuan memerlukan kamar yang nyaman untuk ditempati dan bisa memberikan rasa aman.

Kamar anak perempuan

Ide menarik untuk menata dekorasi kamar anak perempuan

Setiap anak memiliki karakteristik masing-masing. Untuk itu, tata ruang dan dekorasi kamar tidur sebenarnya lebih bersifat personal dan subjektif. Tidak semua anak perempuan menyukai hal-hal yang girly seperti princess dan bunga. Beberapa anak memiliki karakter spesial dan unik sehingga menata kamar untuk anak memang sebaiknya disesuaikan dengan keinginan si anak itu sendiri. Akan lebih baik jika dalam memilih konsep tata ruang kamar, si anak juga dilibatkan terutama jika anak sudah bisa memberikan opininya. Berikut ide atau konsep untuk tata ruang kamar bagi anak perempuan yang bisa anda aplikasikan untuk buah hati anda:

Konsep girly

Kamar anak perempuan konsep girly

 

Kebanyakan anak perempuan menyukai hal-hal yang terlihat lucu dan cantik. Maka tidak heran jika sebagian besar dari mereka memilih konsep kamar tidur dengan tema yang cenderung girly seperti tema ala princess. Untuk dekorasi konsep girly ala princess, anda bisa menempatkan tempat tidur dengan headboard yang memiliki ukiran klasik. Kemudian, tempatkan tempat tidur disalah satu sudut ruangan. Anda juga bisa menambahkan kelambu disekitar tempat tidur untuk memperkuat konsep princess. Untuk pemilihan warna, pilihlah warna-warna yang lembut dan light seperti baby blue, pink pastel, putih, ataupun light gold untuk menciptakan kesan istana. Anda juga bisa melengkapi ruangan tidur dengan menambahkan wallpaper bermotif princess favorit si kecil. Untuk pemilihan furnitur, pilihlah furnitur berbahan kayu dengan ukiran klasik dan warna yang sesuai dengan tema. Karena kamar tidur anak perempuan anda bertema princess, maka sebaiknya memilih gorden jendela dengan bahan satin. Tambahkan pula karpet dengan motif princess favorit sebagai spot favorit bermain anak anda.

READ  Tips Untuk Mengatur Dekorasi Kamar Tidur Anak

Konsep simple minimalis

Kamar anak perempuan konsep simple minimalis

Jika anak anda belum memiliki sesuatu yang disenangi misalnya tokoh kartun atau princess disney, maka anda bisa mengusung konsep simple minimalis yang netral namun tetap cozy untuk kamar anak perempuan anda. Untuk mewujudkan konsep ini, anda bisa memilih cat dinding dengan warna netral seperti monokrom, pastel, dll. Atau anda juga bisa memilih cat dinding dengan warna yang lebih berani dikombinasikan dengan warna lembut. Pilihah furnitur dengan tema minimalis seperti ranjang tidur tanpa headboard, dan lemari baju tanpa ukiran. Untuk membuat ruang tidur lebih nyaman, tempatkan loveseat disalah satu sudut ruangan untuk anak anda membaca atau menikmati cemilan. Anda juga bisa menempatkan kursi dan meja belajar disalah satu sudut ruangan dekat dengan jendela untuk anak belajar lebih nyaman. Sebaiknya pilih furnitur dengn motif-motif polos tanpa motif berlebihan untuk konsep simple minimalis.

Konsep fun n cozy

ada beberapa anak yang justru lebih nyaman ketika kamarnya tidak ditata terlalu rapi dan simetris. Konsep ini biasanya digunakan untuk dekorasi kamar anak laki-laki namun siapa sangka bahwa banyak anak perempuan juga menyukai konsep seperti ini. Untuk mewujudkan konsep ini, tata ruang diusahakan agar tidak terlihat terlalu kaku. Misalnya, anda bisa menempatkan tempat tidur tanpa ranjang ataupun jenis daybed yang berfungsi sebagai sofa sekaligus kasur. Kemudian, anda bisa menempatkan karpet mini dengan beberapa cushion disalah satu sudut ruangan dan menempatkan meja pendek tanpa kursi sebagai tempat belajar anak. Sebagai ganti kursi, anak bisa duduk dikarpet ataupun diatas bantal duduk. Untuk menciptakan kesan cozy, pilihlah warna cat yang tidak terlalu terang. Pilihlah warna-warna lembut seperti warna bertema earth tone. Ini bisa membantu anak anda lebih nyaman dan rileks.

READ  Ide Dekorasi Pagar Minimalis Untuk Rumah Dengan Konsep Modern

Konsep kontemporer

Kamar anak perempuan konsep kontemporer

Konsep kontemporer atau contemporary interior design saat ini banyak diaplikasikan untuk hunian. Ini bisa menjadi ide menarik untuk konsep kamar anak perempuan anda. Konsep kontemporer tidak memiliki batasan khusus mengenai tema ruangan karena kontemporer bisa memadukan antara konsep modern dan klasik secra bersamaan. Untuk kamar anak perempuan, anda bisa memadukan kedua konsep tersebut dengan menempatkan furnitur berkonsep minimalis dipadukan dengan pemilihan warna cat yang lebih vibrant seperti rustic blue, bright orange, atau vivid red. Bahkan anda juga bisa menempatkan meja belajar dengan tema industrial. Perpaduan berbagai elemen pada satu konsep kamar tidur dengan tema kontemporer bisa digunakan untuk anak perempuan anda yang memiliki jiwa bebas dan imaginatif.

Tips dalam mendekorasi kamar anak perempuan

Terlepas dari ide atau konsep desain interior kamar, ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan yaitu sisi kenyamanan dan keamanan. Berikut tipsnya untuk anda:

  • Pastikan untuk memilih furnitur yang terbuat dari bahan material yang aman seperti kayu atau plastik. Hindari furnitur-furnitur berbahan besi dan sejenisnya karena bisa berpotensi melukai anak secara tidak sengaja. Terlebih karena anak cenderung aktif bergerak.
  • Hindari furnitur kamar yang memiliki bentuk-bentuk yang berpotensi melukai anak seperti meja belajar dengan sudut runcing. Sebaiknya plihlah furnitur dengan bentuk aman misalnya meja dengan sudut bundar dan tumpul.
  • Hindari menempatkan aksesoris-aksesoris yang terbuat dari bahan yang mudah pecah seperti kaca atau gelas. Untuk anak-anak, furnitur atau aksesoris tambahan kamar lebih aman jika terbuat dari plastik sehingga mengurangi potensi anak terluka.
  • Agar kamar tidur tidak berantakan, sebaiknya tempatkan wadah khusus untuk menyimpan mainan baik itu berupa kontainer mini ataupun lemari mini khusus mainan. Ini juga bisa membantu anda untuk mengajarkan anak agar bertanggung jawab terhadap kerapihan kamar dan kebersihannya. Pastikan wadah mainan tersebut berbahan aman seperti bahan plastik yang ringan dan mudah untuk dipindahkan.
  • Tempatkan pula furnitur untuk menyimpan buku-buku atau komik favorit anak anda. Jika tidak ada ruangan tersisa, maka anda bisa membuat sendiri atau memasang rak gantung sederhana yang menempel didinding. Pastikan tinggi rak tersebut bisa dijangkau anak.
  • Untuk keamanan anak anda, sebaiknya pilih ruangan yang dekat dengan kamar tidur lainnya. Dengan begitu, anda bisa memantau anak dengan mudah dan keamanannya terjaga.
READ  Inspirasi Dekorasi Rumah Pilihan Untuk Anda Coba

Menentukan konsep kamar untuk anak perempuan anda akan lebih mudah dan menyenangkan jika anda juga melibatkan si anak itu sendiri. Sehingga hasilnya bisa sesuai dengan keinginan anak dan memberikan rasa aman dan nyaman. Itulah informasi seputar ide dan tips yang berguna untuk anda menata kamar anak perempuan.