Dekorasi Kreatif Untuk Kamar Mandi Minimalis Modern

Setiap ruangan didalam rumah memiliki fungsi yang vital bagi penghuninya, begitupun kamar mandi. Saat ini sedang banyak digemari konsep kamar mandi minimalis modern. Konsep ini ditandai dengan dekorasi yang tidak melibatkan banyak motif. Keseluruhan tampilan cenderung simpel dan plain namun menunjukkan sisi artistik yang tertata dengan baik. Konsep minimalis modern juga melibatkan warna-warna yang cenderung teduh dan tidak terlalu vibrant ataupun vivid. Furnitur untuk konsep desain interior minimalis modern lebih berorientasi pada fungsi dan tidak melibatkan aksesoris-aksesoris yang tidak perlu. Untuk kamar mandi sendiri, konsep minimalis modern bisa menjadi pilihan tepat terutama jika ukuran kamar mandi tidak begitu luas.

Kamar mandi minimalis modern

 

Ide dekorasi kamar mandi minimalis modern

Kamar mandi memiliki peranan vital dimana ini merupakan tempat bagi penghuni rumah untuk menjaga kebersihan diri setiap harinya. Seringkali kamar mandi memiliki ukuran yang paling kecil diantara ruangan lainnya yang ada dirumah. Namun untuk rumah-rumah mewah atau penthouse, ukuran kamar mandi bisa sama dengan ukuran ruang keluarga dirumah reguler. Namun bagi anda yang memiliki kamar mandi yang tidak begitu luas tidak perlu khawatir karena anda bisa mengaplikasikan konsep minimalis modern. Berikut beberapa tips dekorasinya:

  • Untuk mendekorasi kamar mandi dengan konsep minimalis modern, anda perlu merencanakan konsep keseluruhannya terlebih dahulu. Mulai dari posisi ruangan, sampai rencana tata letak setiap furnitur yang akan digunakan. Jika ruangan tidak begitu luas, pstikan untuk memilih furnitur yang tidak memakan banyak tempat. Selain itu, anda juga bisa memilih furnitur yang multi fungsi. Misalnya saja tapware yang tidak hanya berfungsi sebagai wadah sink tapi juga untuk menyimpan peralatan mandi seperti handuk, toiletries, dsb.
READ  Tips Untuk Desain Kamar Mandi Minimalis

  • Kemudian, pemilihan warna sangatlah penting untuk mewujudkan tema minimalis modern dikamar mandi anda. Konsep ini menekankan pada kesan sederhana, bersih dan rapi. Untuk itu, warna-warna yang dipilih adalah warna dengan tone lembut dan light seperti pristine, putih, beige, atau light grey. Warna-warna yang light tersebut selain menonjolkan konsep minimalis juga membuat tampilan ruangan terlihat lebih luas dari aslinya.

  • Banyak pemilik rumah yang biasanya memilih untuk mengaplikasikan tiling pada dinding kamar mandi dengan corak yang beragam. Namun sebaiknya hal ini tidak diaplikasikan jika anda menginginkan kamar mandi minimalis modern karena tiling akan membuat kamar mandi terlihat lebih sempit. Membiarkan dinding polos dengan warna seperti yang telah disebutkan diatas adalah pilihan terbaik untuk mendukung konsep ini.

  • Jika kamar mandi memiliki ruang yang cukup, maka anda bisa mengaplikasikan sliding door dengan see through-glass. Ini bisa menciptakan privasi antara area tapware dengan area shower atau bath tub. Namun jika ruangan terlalu kecil maka anda bisa memasang gorden sebagai penyekat atau pemisah. Namun pastikan untuk memilih gorden dengan motif yang sesuai dengan tema minimalis modern. Hindari pemilihan warna gorden yang terlalu bold atau dengan motif yang ramai. Pilih gorden dengan motif simpel dan warna netral.

  • Jika kamar mandi anda sangat kecil dan tidak memungkinkan untuk memasang sekat baik berupa sliding glass-door maupun gorde, maka anda bisa memilih konsep walk in closet dimana tidak ada sekat sama sekali antara closet dan kamar mandi. Namun konsekuensi dari hal ini ialah anda harus memberikan jarak aman antara keduanya agar barang-barang anda tidak mudah terkena cipratan air. Konsep kamar mandi seperti ini lebih cocok untuk kamar mandi didalam kamar tidur karena lebih bersifat privat bagi penggunanya.
READ  Inspirasi Dekorasi Rumah Pilihan Untuk Anda Coba

  • Untuk memberikan kesan luas pada kamar mandi anda, bisa dipasang kaca yang besar diatas wastafel atau full-height mirror. Ini akan membantu pencahayaan kamr mandi agar lebih terang sehingga ruangan pun terlihat lebih luas. Ini pula yang mendasari pemilihan sliding door dengan see-through glass karena ini akan membantu menghindari ruangan terlihat pengap.

  • Untuk memberikan kesan modern pada kamar mandi minimalis, anda bisa mendekorasi plafon dengan gaya bersekat yang unik. Gaya plafon seperti ini akan membuat tampilan kamar mandi lebih menarik dan tidak membosankan. Bahkan gaya plafon ini akan terlihat bagus pada kamar mandi dengan ceiling yang tinggi.

  • Ketika kamar mandi berukuran kecil, maka biasanya penghuni rumah akan bingung menentukan apakah akan memasang shower atau bath tub. Namun disarankan untuk memilih memasang shower karena ia tidak memakan tempat dan bisa dipasang tanpa sekat. Bahkan pemasangannya pun lebih mudah dibanding bath tub.

  • Tips selanjutnya untuk dekorasi kamar mandi minimalis modern ialah dengan mengatur pencahayaan yang tepat. Sebaiknya hindari lampu yang memancarkan cahay kuning karena akan membuat ruangan terlihat buram dan kesan modern minimalispun tidak akan terlihat. Pilihlah lampu dengan cahaya putih karena selain sesuai dengan tema minimalis modern, ia juga bisa membantu pencahayaan terlihat lebih baik dan ruangan terlihat lebih luas, rapih, dan bersih.

  • Pilihlah furnitur seperti rak atau tapware dengan desain minimalis dimana tidak ada ukiran-ukiran tambahan yang menonjol. Rak dengan desain clean-cut dan warna yang netral tepat untuk ditempatkan pada kamar mandi minimalis. Selain itu, pilih rak yang tidak begitu besar dan memiliki fitur anti air agar bisa tahan lama untuk dipasang dikamar mandi.
READ  Ide Dekorasi Pagar Minimalis Untuk Rumah Dengan Konsep Modern

  • Agar ruangan kamr mandi tidak terkesan jenuh, anda bisa memasang aksesoris tambahan seperti pot mini berisi tanaman hidup didekat tapware, atau bisa juga memasang quote favorit yang and bingkai dengan frame yang sesuai dengan tema disalah satu dinding kamar mandi anda. Aksesoris lain yang bisa ditambahkan ialah lilin aromaterapi, ataupun keset yang ditempatkan didekat pintu.

  • Penempatan furnitur juga penting untuk diperhatikan dalam mendekorasi kamar mandi dengan konsep minimalis modern. Penempatan furnitur secara simetris lebih disarankan untuk kamar mandi berukuran kecil agar tidak memakan lebih banyak tempat.

  • Penting juga untuk anda menimpan barang-barang kembali ke tempatnya untuk menjaga kebersihan dan kerapihan kamar mandi. Sebaiknya pilihlah tepat penyimpanan barang yang tidak menonjol namun jutsru tersembunyi seperi laci ataupun kotak kaca. Sehingga barang-barang tidak terlihat dan kesan minimalis modern tetap terlihat dengan baik.

Kamar mandi dengan konsep minimalis modern didesain untuk menonjolkan sisi fungsionalnya namun tetap menyelipkan sisi estetiknya agar tetap nyaman digunakan. Dengan konsep ini, ukuran kamar mandi yang kecil tetap bisa diakali dan ruangan akan tetap terorganisir dan terlihat rapi. Permainan warna dengan tone lembut dan netral membuat suasana kamar mandi terasalebih bersih. Dekorasi kamar mandi minimalis modern juga menghasilkan suasana ruangan yang simpel namun tetap memiliki sisi estetik. Penggunaan furnitur dengan finishing garis yang bersih tanpa dekorasi berlebihan membuat konsep kamar mandi minimalis ini tidak hanya memiiki fungsi maksimal tapi juga sisi estetik yang menarik.