Mengoptimalkan Fungsi Kamar Mandi Minimalis Ukuran 1 X 1

Memiliki kamar mandi minimalis ukuran 1×1 bisa cukup merepotkan karena ini berarti anda memiliki keterbatasan dalam menentukan tata ruang, memilih jenis furnitur, dan memaksimalkan ruang agar kamar mandi tetap berfungsi dengan baik sesuai kebutuhan. Kamar mandi memang kadang menjadi ruangan yang cukup sering terlupakan. Namun bukan berarti ia memiliki peranan yang tidak lebih penting dari ruangan lainnya. Justru kamar mandi memiliki peranan yang vital dalam rumah. Jika rumah memiliki ukuran terbatas, maka akan lebih baik untuk tidak memiliki ruang tamu daripada kamar mandi. Ini karena kamar mandi bagian dari kebutuhan manusia.

Kamar mandi minimalis ukuran 1×1

 

Tips memaksimalkan kamar mandi minimalis ukuran 1×1

Meskipun memiliki kamar mandi yang kurang ideal dengan dimensi 1×1, anda masih bisa memaksimalkannya sesuai fungsinya. Sehingga kamar mandi masih bisa digunakan dengan nyaman untuk kebutuhan sehari-hari. Berikut beberapa tips yang bisa anda coba aplikasikan pada kamar mandi mungil anda:

  • Pilih warna yang tepat untuk kamar mandi mungil anda. Untuk bagian dinding sebaiknya dipilih warna cerah seperti putih atau beige. Ini dapat memebrikan kesan luas pada ruang kamar mandi anda. Selain itu sebaiknya tidak perlu memasang tile atau keramik pada dinding karena akan mengurangi dimensi ruangan dan akan membuat kamar mandi terlihat lebih sempit. Jika anda ingin agar tampilan kamar mandi mungil anda tidak membosankan, maka anda bisa memasang wallpaper pada dinding. Namun sebaiknya pilih wallpaper dengan motif simple dan warna terang agar tidak membuat ruangan penuh.

  • Pilih furnitur untuk mengakomodasi kebutuhan anda dikamar mandi sesuai dengan prioritas. Untuk kamar mandi minimalis ukuran 1×1 tidak disarankan untuk anda memasang bathtub karena ruangan terbatas dan anda akan kesulitan bergerak saat dikamar mandi. Lebih disarankan untuk anda memasang shower saja. Selain lebih mudah dipasang, shower juga lebih ekonomis dibanding bathtub. Anda juga sebaiknya tidak menempatkan kabinet atau wastafel yang dlengkapi meja karena akan mempersempit ruangan. Pada kamar mandi berukuran 1×1, shower, bak mandi, kabinet dinding, dan gantungan sudah dirasa cukup untuk mengakomodasi kebutuhan anda.
READ  Menentukan Desain Kamar Mandi Sederhana Dengan Bak Mandi

  • Memilih desain dan ukuran furnitur juga sangat penting. Misalnya saja untuk kabinet penyimpanan peralatan mandi dan handuk, sebaiknya pilih kabinet berukuran sedang dengan model tempel sehingga bisa dipasang didinding. Disarankan memilih kabinet tertutup agar kamar mandi terlihat lebih sleek, bersih, dan rapih. Untuk bak mandi, sebaiknya dipilih yang berukuran mini agar tidak memakan banyak tempat sehingga anda bisa tetap nyaman bergerak saat berada dikamar mandi. Pilih model bak minimalis tanpa tambahan ukiran atau detail yang berlebihan.

  • Anda juga bisa memasang cermin full height ataupun cermin model horizontal untuk dipasang disalah satu dinding kamar mandi. Ini bisa membuat kamar mandi tidak terlihat terlalu pengap dan sempit. Refleksi cahaya dari cermin juga bisa membantu sistem pencahayaan dikamar mandi lebih baik. Disarankan untuk memasang kamar mandi dengan frame yang simple dan ketebalan yang cukup. Ini akan lebih mengesankan konsep minimalis dan membuat ruangan terlihat lebih rapih dan lega.

Jadi siapa bilang memiliki kamar mandi mungil membatasi kenyamanan? Anda masih bisa menggunakan kamar mandi senyaman mungkin dengan mengaplikasikan beberapa tips diatas dalam memaksimalkan fungsi kamar mandi minimalis ukuran 1×1. Dengan begitu, kamar mandi mini anda tetap memiliki fungsi optimal seperti yang seharusnya.