Tips Untuk Desain Kamar Mandi Minimalis

Kamar mandi tentu saja menjadi salah satu bagian penting dalam hunian baik itu apartemen, rumah, kondominium, maupun hotel. Kamar mandi ada didasarkan karena kebutuhan. Saat ini, kamar mandi minimalis banyak dipilih karena lebih praktis dan fungsional.

Kamar mandi minimalis

Konsep minimalis tidak hanya berlaku untuk kamar mandi berukuran kecil. Banyak penthouse dan rumah mewah yang memiliki kamar mandi berukuran besar namun tetap menggunakan konsep minimalis. Jadi, konsep minimalis tidak hanya untuk area berukuran minim. Namun konsep minimalis lebih pada aplikasi dekorasi yang didasarkan pada detail yang bersih dan fungsional dengan meminimalisir dekorasi yang tidak perlu. Namun konsep minimalis juga mengusung nilai estetik yang ditunjukkan dari detail-detail kecil seperti pattern, lines, ataupun cuts.

Tips dan trik dekorasi kamar mandi minimalis

Untuk mewujudkan dekorasi kamar mandi minimalis, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Kamar mandi dengan ukuran kecil biasanya membuat pemilik rumah bingung dalam mengatur dekorasi dan desain interior karena terbatasnya area. Namun, konsep minimalis bisa membuat kamar mandi anda terlihat lebih luas dari aslinya dan tetap nyaman untuk digunakan sehari-hari. Berikut tips dan triknya:

  • Tips pertama yaitu dengan mengaplikasikan cat berwarna terang dan netral. Beberapa pilihan warna yang sesuai untuk membuat kamar mandi minimalis seperti putih, abu muda, beige, atau paste. Warna-warna dengan tone lembut tersebut dapat memebrikan ilusi ruangan tampak lebih luas. Sebaliknya, hindari penggunaan warna gelap dan bold seperti merah, dark blue, dsb. Warna-warna bold bisa anda aplikasikan dikamar mandi sebagai dekorasi detail tambahan agar ruangan tidak terlihat terlalu plain. Misalnya saja, anda mengaplikasikan warna putih mulai dari lantai, dinding, sampai atap kamar mandi. Kemudian, anda aplikasikan warna earth tone seperti merah bata pada pintu kamar mandi. Atau anda bisa menambahkan detail dengan memasang keramik putih bermotif mozaik pada bagian lantai.
READ  Tips Dekorasi Rumah Sederhana Tapi Mewah

  • Tips selanjutnya ialah dengan tidak mengaplikasikan sekat sama sekali dikamar mandi baik itu sekat berupa sliding glass-door maupun tirai. Konsep open room bisa diaplikasikan untuk memperkuat konsep kamar mandi minimalis. Dengan begitu, tidak ada penyekat yang memisahkan setiap bagian kamar mandi seperti kabinet, kloset, shower, dan bathtub. Semua bagian didalam kamar mandi diatur tata ruangnya dalam konsep terbuka namun pastikan agar tata ruangnya diatur sedemikian rupa agar kesan minimalis bisa ditonjolkan dan setiap bagian dalam ruangan tetap bisa nyaman untuk dipakai.

  • Trik selajutnya untuk membuat kamar mandi berkonsep minimalis ialah dengan mengusung tema monokrom yaitu dengan melibatkan warna hitam dan putih saja. Konsep monokrom pada desain interior tidak pernah gagal dan akan selalu terlihat menarik terutama untuk konsep kamar mandi minimalis karena kedua warna tersebut dangat merepresentasi konsep minimalis itu sendiri. Anda bisa mengaplikasikan warna putih dibagian dinding dan atap. Untuk lantai, anda bisa memasang keramik berwarna hitam. Sedangkan untuk furnitur, bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Misalnya saja, anda memasang shower berwarna hita, dan wastafel berwarna putih. Permainan warna hitam dan putih bisa anda aplikasikan sedemikian rupa sesuai selera. Sebaiknya, pilih warna hitam untuk furnitur yang mudah kotor sehingga penampilan kamar mandi akan selalu terlihat bersih.

  • Jika kamar mandi anda dirasa terlalu sempit dan pengap, maka anda bisa coba trik pencahayaan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, anda bisa memasang jendela kaca yang besar sehingga cahaya bisa dengan mudah masuk. Namun pastikan agar kaca yang digunakan tidak tembus pandang dari luar agar privacy bisa tetap terjaga. Cara kedua yaitu dengan memasang full-height mirror disalah satu dinsing kamar mandi. Anda juga bisa memasang cermin horizontal yang melebar dari satu sudt dinding. Refleksi dari cermin bisa memebrikan ilusi ruangan terlihat lebih luas dari aslinya. Cara ketiga yaitu dengan mengatur lampu. Pilihlah lampu yang memancarkan sinar putih dan bukan kuning. Jika perlu, anda bisa memasang lampu ganda dikamar mandi.
READ  TAMAN RUMAH MINIMALIS

  • Tips selanjutnya ialah dengan memilih furnitur dengan line yang sederhana dan detail yang tidak berlebihan. Sebaiknya hindari furnitur dengan finishing lines dan edges yang berbentuk melingkar karena akan memakan banyak tempat. Furnitur berbentuk persegi lebih cocok untuk konsep kamar mandi minimalis. Membuat ruangan terlihat lebih clean-cut. Untuk menampilkan kesan modern minimalis, pilih furnitur dengan motif yang tidak berlebihan. Hindari furnitur dengan ukiran kompleks. Kalaupun anda ingin membuat ruangan terlihat lebih menarik dengan furnitur didalamnya, maka pilihlah furniture yang memiliki detail unik. Misalnya saja, wastafel dengan bowl yang terbuat dari batu alam. Ini bisa menjadi dekoratif poin pada kamar mandi tanpa ada kesan berlebihan.

  • Tips selanjutnya ialah dengan memeasang pintu kamar mandi dengan jenis sliding-door. Ini membuat kamar mandi terlihat lebih praktis, luas, dan fungsional. Sliding door tidak memakan banyak tempat sehingga area kamar mandi tidak terasa pengap. Anda bisa memilih jenis pintu berbahan kaca ataupun kayu untuk dipasang dijalur keluar masuk kamar mandi anda.

Dekorasi tambahan untuk kamar mandi minimalis

Kamar mandi dibuat berdasarkan fungsinya. Namun bukan berarti kamar mandi tidak bisa terlihat estetis. anda tetap bisa menambahkan detail-detail khusus untuk kamar mandi dengan konsep minimalis sekalipun. Namun tentunya detail tambahan pada dekorasi ruangan memang harus sesuai dengan konsep minimalis yang diusung. Berikut tipsnya:

  • Agar suasana kamar mandi terasa nyaman, anda bisa menambahkan beberapa detail dengan unsur alam. Misalnya saja wastafel dengan meja yang terbuat dari bahan kayu. Atau, anda juga bisa memasang bowl sink yang terbuat dari batu alam, atau didesain menyerupai batuan alam. Sehingga konsep natural bisa terlihat. Anda juga bisa memasang alas shower yang terbuat dari kayu.
READ  Inspirasi Dekorasi Rumah Pilihan Untuk Anda Coba

  • Untuk membuat kamar mandi terasa lebih hidup, anda bisa meletakkan pot kecil berisi tanaman hias baik itu asli atau sintetis disusut meja wastafel. Ini dapat digunakan untuk memeprcantik ruangan tanpa terlihat berlebihan.

  • Pasang gantungan yang biasa digunakan untuk menggantung handuk atau pakaian pada salah atau dinding. Pilih gantungan dengan motif unik sesuai keinginan. Ada banyak pilihan gantungan yang tersedia dalam berbagai pilihan warna dan motif yang bisa dipilih. Mulai dari gantungan karakter, sampai gantungan dengan model yang tidak biasa.

  • Untuk menambah kenyamanan anda dikamar mandi, pastikan untuk menempatkan peralatan diarea tertutup seperti kabinet agar ruangan terasa nyaman. Anda juga bisa menempatkan lilin aromaterapi disudut meja wastafel atau dipinggir bath tub untuk anda berelaksasi saat dibutuhkan.

Mendekorasi kamar mandi minimalis tidaklah sulit untuk dilakukan. Terlebih sekaran ini sudah banyak berbagai furnitur yang memang dibuat untuk memenuhi konsep tersebut. Bahkan ada banyak ide kreatif untuk membuat desain kamar mandi minimalis yang bisa anda coba aplikasikan sendiri pada kamar mandi anda.