Tips Untuk Mengatur Dekorasi Kamar Tidur Anak

Saat anak tumbuh berkembang semakin dewasa maka mereka membutuhkan kamarnya tersendiri. Selain untuk membantu melatih kemandirian, memiliki kamar tidur sendiri memberikan kenyamanan untuk anak. Namun tentu saja pemilihan desain atau dekorasi kamar tidur anak harus direncanakan dengan matang agar ruangan si kecil bisa memberikan rasa aman dan nyaman. Meskipun pada dasarnya kamar tidur dewasa maupun anak memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai tempat tidur dan beristirahat, namun dalam hal pengaplikasian konsep dekorasi dan interior desain tentunya ada hal-hal yang harus dibedakan. Karena secara fisik maupun psikologis, kebutuhan anak dan orang dewasa juga memiliki beberapa poin perbedaan.

Hal yang harus diperhatikan dalam dekorasi kamar tidur anak

Sebelum mendekorasi kamar tidur anak, ada baiknya untuk memperhatikan apa saja hal-hal yang perlu dipertimbangkan sehingga kamar tidur tersebut bisa benar-benar aman, nyaman, dan sesuai dengan kebutuhan anak. Untuk itu, berikut beberapa hal yang bisa anda catat dalam membuat rencana dekorasi atau interior desain kamar tidur anak anda:

  • Kenyamanan – Poin utama dalam mendekorasi sebuah ruangan terutama kamar tidur ialah untuk memberikan rasa nyaman. Terlebih ruangan ini memiliki fungsi khusus sebagai tempat untuk beristirahat dan melepas penat. Terutama untuk anak dimana tumbuh kembangnya harus didukung dengan baik, maka kebutuhan tidur anak harus terpenuhi secara optimal. Untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman, pastikan untuk memilih bahan setiap furnitur ataupun unsur dekorasi lainnya dengan material yang lembut. Ini akan membantu anak merasa nyaman dan material berbahan lembut juga tidak akan beresiko mengiritasi kulit anak. Bahan yang disarankan ialah material katun yang lembut dan tidak mengiritasi kulit. Jadi, pastikan memilih bahan material seperti seprai, selimut, pelapis kursi, dsb dari bahan-bahan aman dan nyaman.
  • Keamanan – Faktor keamanan juga harus diperhatikan ketika menentuka interior desain kamar anak. Sebagian besar anak memiliki karakteristik yang aktif dan selalu bergerak bahkan ketika mereka tidur. Untuk itu, orangtua harus memperhatikan benar hal-hal yang bisa beresiko melaukai anak. Disarankan untuk memilih tempat tidur dengan tinggi ranjang yang pendek sehingga kalaupun anak berguling saat tidur dan terjatuh impact-nya tidak akan membahayakan keselamatannya. Selain itu, pilihlah bahan furnitur yang aman utuk anak misalnya saja furnitur yang terbuat dari material kayu ataupun plastik. Hindari penggunaan furnitur berbahan besi terlebih yang memiliki sudut atau sisi runcing.
  • Kesukaan – Anak-anak biasanya memiliki ketertarikan tersendiri akan sesuatu hal. Misalnya saja anak tertarik dengan tokoh kartun doraemon, frozen, atau hello kitty. Agar anak merasa betah dikamarnya, maka tidak ada salahnya menyelipkan unsur-unsur yang menjadi favorit si kecil. Anda bisa memasang wallpaper dengan tokoh favorit anak anda disalah satu sudut dinding kamar. Atau anda bisa memilih seprai dengan karakter favorit anak. Tidak ada salahnya juga jika anda ingin mengusung tema tertentu secara khusus agar kamar tidur anak anda dirancang sepenuhnya sesuai dengan kesukaan dan keinginan anak. Misalnya saja anda mengusung tema hello kitty kesukaan anak. Maka setiap elemen melibatkan hal-hal yang berbau hello kitty mulai dari pemilihan warna, motif furnitur, sampai hal-hal mendetail seperti karpet dengan karakter hello kitty.
  • Tumbuh kembang – Dalam mengatur dekorasi kamar tidur anak anda, jangan lupakan unsur penting yang bisa membantu tumbuh kembang anak. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa tumbuh kembanga anak sangatlah penting. Anda bisa membantu menstimulasinya dengan menyelipkan unsur-unsur yang bisa menumbuhkan kemampuan kognitif maupun motorik anak. Misalnya saja, anda bisa memasang karpet dengan motif berupa angka, huruf, atau binatang. Ini secara tidak langsung bisa menjadi cara untuk mengajarkan anak tanpa harus melalui proses yang formal dan kaku. Anda juga bisa mnambahkan mainan-mainan kreatif yang bisa membantu daya imajinasinya seperti lego, puzzle, dsb. Namun pastikan untuk memilih media tumbuh kembang anak yang aman dan tidak membahayakn keselamatan anak baik itu dalam unsur bahan maupun bentuk media.
  • Pencahayaan – Faktor pencahayaan memang menjadi elemen penting baik untuk dekorasi kamar tidur anak maupun dewasa. Namun karena anak masih dalam proses tumbuh kembang dan membutuhkan stimulasi sekaligus perlindungan yang tepat disekitarnya, amaka faktor pencahayaan harus diperhatikan dengan lebih teliti agar kesehatan tubuh terutama mata anak tetap terjaga. Untuk itu, disarankan untuk memasang jendela yang cukup besar agar cahaya matahari sebagai sumber pencahayaan alami bisa dengan mudah masuk kedalam ruangan. Sedangkan untuk pemilihan lampu sebaiknya pilih lampu dengan sinar putih. Jangan lupa juga untuk memasang lampu tidur karena ada juga sebagian anak yang tidak suka jika kamarnya gelap sepenuhnya saat mereka tidur.
  • Kemudahan – Anak-anak masih memiliki kemampuan fisik yang terbatas. Oleh karena itu, sebaiknya tidak memasang furnitur dengan detail yang kompleks. Pastikan memasang furnitur yang mudah diakses oleh anak misalnya lemari baju berbahan plastik dengan model drawer atau laci sehingga anak bisa dengan mudah mengakses bajunya sendiri. Kemudian, pastikan untuk memasang furnitur-furnitur dengan tinggi yang mudah digapai anak. Namun untuk sistem listrik dikamar anak sebaiknya dipasang secara aman. Hindari pemasangan kabel-kabel listrik secara terbuka karena berpotensi melukai anak. Untuk terminal listrik, pastikan dpasang lebih tinggi dari jangkauan anak agar tidak membahayakan.
  • Pemilihan warna – Karena anak-anak masih dalam proses mengenal sekitarnya, sebaiknya kamar tidur didekorasi dengan tema warna yang coloful. Anda bisa mengkombinasikan beberapa warna sekaligus dikamar tidur anak. Ini bisa membantu anak mengenal lebih banyak variasi warna. Selain itu, kamar dengan penuh warna tidak akan terlihat membosankan terutama bagi anak yang emmang cenderung mudah bosan. Hindari penggunaan cat dinding yang terlalu gelap karena bisa membuat ruangan justru terlihat sempit dan pengap sehingga bisa membuat anak tidak nyaman. Warna-warna lembut sebaiknya dipilih sebagai warna yang mendominasi ruangan.
READ  Ragam Hiasan Kamar Agar Dekorasi Lebih Terlihat Cantik

Inspirasi desain interior untuk kamar tidur anak

Ada banyak ide-ide menarik yang bisa digunakan untuk mendekorasi kamar anak agar anak bisa nyaman dan aman dikamarnya sendiri. Berikut beberapa ide yang bisa anda coba aplikasikan dikamar si kecil:

  • Tema superhero – Tema ini termasuk general sehingga bisa diaplikasikan untuk kamar tidur anak laki-laki maupun perempuan. Meskipun memang karakter superhero lebih banyak digemari anak laik-laki. Untuk mendekorasi kamar tidur bertema iron man misalnya, anda bisa memilih cat dengan warna didominasi merah. Kemudian, anda juga bisa memasang wallpaper dengan karakter iron man.

Kamar tidur anak tema superhero

  • Tema edukasi – Anak-anak pada dasarnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Maka anda bisa memfasilitasinya dengan mengaplikasikan tema edukasi di kamar tidur anak. Misalnya saja anda bisa memasang wallpaper dengan berbagai gambar binatang, buah, angka, ataupun huruf. Anda juga bisa memasang rak buku khusus untuk menyimpan koleksi buku cerita ataupun komik anak.

Kamar tidur anak tema edukasi