Tips Memilih Kitchen Set Minimalis Yang Tepat dan Berkualitas

Dapur memiliki fungsi yang esensial dan jelas dalam rumah. Tren dekorasi dapur kini juga semakin berkembang, terbukti dengan banyaknya inspirasi model dapur yang bisa diaplikasikan. Model dapur sekarang lebih terkonsep dengan adanya trend kitchen set sesuai tema yang dipilih. Salah satu yang menjadi favorit ialah kitchen set minimalis. Ini digunakan untuk melengkapi dekorasi dapur yang memiliki ruangan yang tidak begitu luas. Namun kitchen set dengan konsep minimalis juga banyak dipakai pada dapur dengan konsep modern karena tampilannya yang simple namun menarik.

Kitchen set minimalis

Cara memilih kitchen set minimalis

Kitchen set terdiri dari berbagai material pembuat serta desain. Masing-masing peralatan juga dibuat sesuai dengan fungsinya. Meskipun banyak model kicthen set dengan gaya minimalis, namun tidak sedikit yang masih bingung untuk memilih kitchen set yang bagus tidak hanya dari segi desain tapi juga kualitas. Maka berikut tips untuk membantu anda memilih kitchen set dengan konsep minimalis dan berkualitas:

  • Pilihlah kitchen set dari sisi kualitasnya. Ini berarti anda harus mempertimbangkan bahan yang digunakan. Ada berbagai material pembuat kitchen set mulai dari hardwood, kayu olahan, batuan alam, sampai fiber. Furnitur dari bahan hardwood seperti kayu jati memang memiliki kualitas tinggi namun harganya juga tidak murah. Untuk itu, anda bisa memilih kitchen set berbahan plywood yang memiliki kualitas baik serta tahan lama namun dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau.

  • Pilihlah kitchen set yang memiliki ciri minimalis yaitu yang memiliki fungsi ganda. Dengan memilih furnitur multi fungsi, maka anda akan meminimalisir penggunaan barang didapur minimalis anda sehingga ruangan pun bisa terlihat lebih luas. Dengan memilih perabotan multi fungsi juga, anda tidak perlu membeli banyak barang yang belum diketahui apakah diperlukan nantinya atau tidak.
READ  Desain Model Dapur Minimalis

  • Dalam memilih kitchen set minimalis, anda juga perlu mempertimbangkan jenis finishing-nya. Finishing ini dapat menentukan tampilan dapur itu sendiri secara keseluruhan. Anda bisa memilih jenis finishing HPL yang tersedia dalam motif beragam. Ada juga finishing Duco yang lebih mahal namun tampilannya memang maksimal. Atau anda juga bisa memilih finishing melamik yang lebih menonjolkan sisi natural seperti serat kayu. Kitchen set berbahan kayu cocok menggunakan finishing ini.

  • Selanjutnya yang harus diperhatikan ialah desain kitchen set itu sendiri. Anda bisa memilih berbagai desain menarik untuk diaplikasikan pada dapur anda. Namun untuk kitchen set berkonsep minimalis disarankan untuk memilih desain bentuk L. Desain seperti ini cocok untuk gaya dapur minimalis karena tidak memakan banyak tempat. Sehingga ruang dapur lebih nyaman dan sirkulasi udara pun tetap baik.

  • Penting juga untuk anda memilih kitchen set dari segi warna. Untuk menguatkan konsep minimalis didapur anda, pilihlah kitchen set dengan warna-warna terang namun lembut. Misalnya saja, anda bisa memilih warna pastel untuk tampilan dapur yang lebih cantik. Atau anda bisa memilih warna netral untuk menampilkan kesan modern.

  • Lakukan pengecekan pada saat anda memilih kitchen set yang akan dibeli. Anda bisa mengecek setiap bagian kitchen set misalnya memeriksa baud apakah sudah terpasang dengan baik atau tidak. Anda juga sebaiknya memeriksa setiap fungsi kitchen set misalnya membuka tutup atau pintu untuk memastikan apakah engselnya berfungsi dengan baik atau tidak. Pastikan juga kitchen set minimalis yang akan anda beli tidak cacat misalnya terdapat goresan, dsb.