Tips Menata Ruang Tamu Agar Nyaman dan Terlihat Cantik

Ruang tamu adalah bagian penting dari hunian. Ini menjadi tempat dimana tuan rumah menjamu tamu. Maka menata ruang tamu secara maksimal adalah hal yang wajar untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar setiap tamu yang berkunjung ke rumah bisa merasa aman dan nyaman. Namun memaksimalkan tata ruang tamu juga dilakukan sebagai upaya untuk menonjolkan sisi estetis-nya itu sendiri. Ruangan yang ditata dengan sedemikian rupa akan lebih menarik perhatian karena nyaman untuk ditempati dan juga indah dipandang mata.

 

Menata Ruang Tamu

Tips mudah menata ruang tamu

Anda pasti sudah cukup sering melihat tata ruang tamu dirumah sahabat atau saudara. Kebanyakan ruang tamu ditata dengan konsep yang serupa dimana didalamnya terdapat sofa, meja, karpet, dsb. Memang benar bahwa sisi fungsional adalah hal utama dari ruang tamu, yaitu sebagai tempat untuk menyambut tamu. Namun membuat konsep tata ruang yang menarik juga akan menambah kenyamanan bagi tamu itu sendiri. Selain itu, ruang tamu adalah image dari keseluruhan rumah dan penghuni rumah itu sendiri. Sehingga ruang tamu harus diatur agar memberikan kesan yang menarik. Selain itu, ruang tamu yang ditata dengan baik memberikan kesan welcoming sehingga tamu merasa disambut dengan baik ketika memasuki rumah anda. Berikut tips untuk anda dalam menata ruang tamu:

  • Sebelum menata ruang tamu, ada baiknya memilih posisi ruangan yang dekat dengan arah keluar rumah. Ini memberikan akses yang lebih mudah bagi tamu untuk masuk dan keluar rumah. Selain itu, ini juga akan membuat penghuni rumah lebih nyaman karena saat tamu datang bisa langsung diarahkan ke ruang tamu tanpa harus melewati ruangan lainnya terlebih dahulu. Kemudian, sebaiknya pilih ruangan yang memiliki jendela besar untuk dijadikan ruang tamu. Selain untuk alasan sirkulasi udara, ini juga akan membuat ruang tamu lebih menarik dan nyaman.
READ  Tips Untuk Desain Rumah Minimalis Sederhana Namun Tetap Nyaman

  • Penting juga untuk anda mempertimbangkan dari segi ukuran. Besar kecilnya ruangan memang tidak bisa membatasi kreatifitas anda dalam menata ruang tamu agar terlihat cantik dan menarik. Namun dengan mempertimbangkan ukuran ruang tamu akan mempermudah anda dalam memilih furnitur-furnitur yang tepat untuk ditempatkan didalamnya. Bayangkan saja jika anda menempatkan sofa berukuran besar diruangan yang kecil maka tidak akan ada ruang lagi untuk bergerak. Begitupun sebaliknya. Menempatkan sofa mini diruang tamu yang luas akan membuatnya terlihat kosong. Maka, ukuran ruang tamu harus jadi pertimbangan utama.

  • Selanjutnya, penting untuk anda memilih tema ruangan sehingga desain interior ruang tamu anda jelas. Jika ruang tamu anda berukuran kecil, maka konsep modern minimalis bisa menjadi pilihan. Namun jika ukuran ruang tamu anda berukuran luas, maka anda bisa memilih konsep luxurious classic. Penting juga untuk anda menentukan konsep ruang tamu. Anda bisa memilih konsep formal, informal atau kombinasi dari keduanya. Konsep desain interior ruang tamu dipilih untuk membantu anda menentukan jenis furnitur apa yang tepat untuk digunakan untuk menata ruang tamu

  • Selanjutnya anda bisa menentukan cat dinding ruang tamu yang anda inginkan. Tentu saja ini juga mempertimbangkan ukuran dan konsep desain interior ruang tamu anda. Jika ruang tamu relatif kecil maka pilihlah warna-warna yang light dan netral seperti pastel, putih, biru muda, dsb. Hindari kombinasi lebih dari dua warna untuk ruang tamu kecil karena akan membuatnya terlihat lebih sempit. Untuk ruang tamu berukuran luas, anda bisa memilih warna cat apapun sesuai konsep. Bahkan anda bisa memilih kombinasi warna untuk membuat ruangan lebih menarik. Misalnya saja, anda bisa mengecat salah satu dinding ruang tamu dengan warna yang berbeda dari dinding lainnya untuk menjadikannya sebagai focal point dimana anda akan menempatkan sofa.
READ  Ide Konsep Interior Dapur Rumah Mewah dan Minimalis Terbaik 2018

  • Alternatif lain selain memilih cat dinding ialah dengan memasang wallpaper. Kini wallpaper banyak dipilih karena lebih praktis. Selain itu, motifnya sangat beragam dan mudah diaplikasikan didinding. Anda bisa memasang wallpaper dikeseluruhan dinding ruang tamu atau disalah satu dinding saja sebagai pelengkap dekorasi. Pilihlah wallpaper dengan motif dan warna yang disesuaikan dengan konsep desain interior ruang tamu. Wallpaper tersedia dalam berbagai pilihan warna dan juga motif mulai dari motif polos sampai motif kayu, bunga, abstrak, dll.

  • Selanjutnya, tentukan posisi furnitur dengan tepat. Untuk ruang tamu berukuran kecil, sebaiknya pilih untuk memposisikan sofa dan meja secara simetris disalah satu sudut ruangan yang jauh dari pintu masuk. Hindari memposisikan furnitur secara melingkar karena akan membuat ruangan semakin sempit. Anda bisa memposisikan sofa dengan bentuk L sebagai alternatif. Untuk ruangan tamu berukuran luas, anda bisa memposisikan sofa dan meja ditengah ruangan agar ruangan tidak terlihat kosong.

  • Selain furnitur utama seperti sofa dan meja, anda juga bisa menambahkan furnitur lainnya sebagai pelengkap seperti karpet, rak buku, lampu, dll. Untuk ruang tamu berukuran kecil, sebaiknya pilih furnitur tambahan dengan bijak dan memilih sesuai dengan fungsinya agar tidak mempersempit ukuran ruangan. Untuk ruang tamu berukuran luas, anda bisa memilih aksesoris tambahan seperti karpet yang ditempatkan disekitar sofa, rak buku disalah satu sudut ruangan, ataupun lampu chandelier yang ditempatkan didinding atas sejajar dengan posisi sofa. Anda juga bisa menempatkan standing lamp didekat sofa atau disalah satu sudut ruangan jika chandelier dirasa terlalu berlebihan.

  • Aksesoris tambahan untuk menata ruang tamu yang bisa anda gunakan ialah lukisan atau foto-foto keluarga anda. Ini bia menghiasi dinding dan menarik untuk dilihat. Menempatkan lukisan bisa menambah nilai estetis ruangan. Jika ruang tamu anda berukuran luas, anda juga bisa memilih salah satu dinding ruangan untuk menempatkan foto-foto keluarga sehingga terlihat seperti galeri mini.
READ  Memilih dan Menempatkan Sofa Minimalis Modern untuk Ruang Tamu Kecil

  • Agar ruangan terasa nyaman dan terlihat rapi, sebaiknya simpan barang-barang secara rapi dan tertata. Misalnya saja, tempatkan album foto dan majalah di rak mini atau dibawah meja. Jangan sampai ada barang-barang berceceran diruang tamu anda karena ini akan membuatnya terlihat berantakan terutama untuk ruang tamu kecil karena akan membuatnya terlihat semakin sempit.

  • Menata ruang tamu sedemikian rupa memang penting. Namun yang tidak kalah pentingnya ialah memastikan agar ruang tamu anda selalu bersih sehingga tamu akan merasa nyaman dan betah berlama-lama dirumah anda. Ruangan yang bersih dan tertata dengan baik akan meninggalkan kesan yang baik bagi tamu terhadap pemilik rumah. Agar ruang tamu mudah dibersihkan, pilihlah sofa dengan material yang memang mudah untuk dibersihkan seperti bahan kulit yang bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan lap kering.

Peranan ruang tamu memang penting sehingga menata ruang tamu dengan sedemikian rupa sudah wajar untuk dilakukan setiap pemilik rumah. Ini tidak hanya dilakukan demi kenyamanan para tamu saja tetapi juga untuk menambah estetika rumah sehingga image penghuni rumah juga bisa lebih berkesan dimata para tamu.