Mengapa Model Pagar Minimalis Lebih Banyak Dipilih?

Berbicara tentang rumah dan elemen yang melengkapinya, maka tidak akan lepas dari jenis model dan bahan material pembuatnya. Begitupun untuk salah satu elemen penting bagi eksterior rumah seperti pagar, dimana modelnya harus dipilih berdasarkan pertimbangan yang baik. Model pagar minimalis adalah jenis desain yang diaplikasikan pada pagar dirumah-rumah dengan konsep modern minimalis, terutama di daerah perkotaan. Fungsi dari pagar sendiri selain untuk melindungi rumah dari intrusi hewan ataupun manusia juga sebagai simbol teritori. Adanya pagar membuat batasan lebih jelas dimana seseorang bisa masuk dan tidak ke area rumah. Selain memiliki fungsi vital, pagar juga memiliki model yang beragam untuk dipilih.

Model pagar minimalis

Model pagar minimalis dengan fungsi dan tampilan maksimal

Banyak yang salah mememahami konsep minimalis. Kebanyakan orang menganggap konsep minimalis itu hanya fokus pada kesederhanaan dan tampilan yang tidak menarik. Padahal konsep minimalis berfokus pada sisi fungsional dengan menambahkan elemen-elemen yang tidak mencolok sehingga tampilan lebih terlihat harmonis dan tidak berantakan antara satu elemen dengan elemen lainnya. Kesan sleek dan rapih inilah yang sebenarnya diusung konsep minimalis. Menciptakan kesan menarik tanpa melibatkan hal-hal mencolok adalah prinsip dari konsep minimalis.

Lalu bagaimana dengan pagar berkonsep minimalis? Mengapa kini banyak orang yang lebih menyenangi pagar model ini?

  • Ada banyak alasan bagi setiap orang dalam memilih model pagar. Namun model minimalis banyak dipilih karena ia fleksibel untuk dipadukan dengan desain rumah apapun. Model minimalis dapat membaur dengan mudah dan tidak terlihat berlebihan.

  • Pagar dengan model minimalis biasanya terbuat dari bahan yang ringan dan tahan lama. Inilah yang membuat orang berpaling pada pagar dengan model seperti ini. Bahan material yang lebih mengutamakan daya tahan dan fungsinya lebih disukai karena lebih praktikal.
READ  Tips Memilih Tiang Pagar Minimalis

  • Model pagar minimalis tidak mengintimidasi sekitar. Sebaliknya, model minimalis memebrikan kesan nyaman dan sederhana. Ketika diaplikasikan pada rumah mewah, pagar rumah dengan model minimalis bisa menetralkan kesan berlebihan sehingga tampilan rumah tetap terlihat balance.

 

  • Pagar minimalis memiliki ukiran dan detail yang tidak rumit dan bahkan minim. Adapun detail tambahan yang diselipkan lebih kepada tambahan dan pelengkap dekorasi saja. Sehingga tampilan tidak tampak berlebihan. Detail lebih difokuskan untuk menunjukkan sisi unik dan menarik dari pagar itu sendiri. Sehingga meskipun menggunakan konsep minimalis namun pagar masih terlihat sisi estetisnya.

  • Pagar dengan model minimalis biasanya lebih mudah dicari, terlebih saat ini model minimalis memang banyak diincar konsumen. Untuk itu, anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan pagar dengan model yang sesuai. Kalaupun anda diharuskan untuk melakukan pemesanan model pagar terlebih sahulu agar sesuai keinginan, maka biasanya prosesnya tidak memakan waktu lama. Ini karena pagar minimalis tidak memiliki detail ukiran atau aksen yang rumit sehingga pengerjaan bisa lebih cepat dibanding pagar dengan konsep mewah.

  • Memasang pagar minimalis juga lebih praktis dan tidak memakan waktu lama karena model tidak rumit. Pagar rumah dengan konsep minimalis bisa diinstal tanpa bantuan peralatan canggih. Namun ini tidak mengurangi fungsi dari pagar itu sendiri. Sehingga, keamanan rumah tetap optimal sekalipun anda memilih untuk memasang model pagar minimalis disekitar rumah anda. Jadi, tidak ada alasan mengapa memilih pagar rumah dengan konsep minimalis akan merugikan. Sebaliknya, ia memberikan banyak keuntungan bagi pemilik rumah.