Tips Memilih Model Plafon Kamar Tidur

Plafon merupakan elemen penting bagi sebuah bangunan dimana ia berfungsi sebagai langit-langit untuk mencegah suhu ekstrim dari luar rumah agar tidak langsung masuk. Begitupun dengan model plafon kamar tidur yang memiliki fungsi untuk membuat are didalam ruangan tetap nyaman dengan suhu yang ideal. Sehingga disaat cuaca panas, suhu ekstrim tidak akan langsung masuk kedalam kamar karena terlindungi oleh plafon. Namun kini plafon tidak hanya berfungsi sebagai pelindung dari suhu ekstrim saja tetapi juga sebagai tambahan dekorasi pada interior desain bangunan. Dengan model plafon yang beragam, dekorasi rumah lebih terlihat estetis dan menarik.

Model plafon kamar tidur

Inspirasi untuk model plafon kamar tidur

Plafon sendiri terbuat dari material yang beragam. Ada yang terbuat dari kayu, asbes, multiplek, hardboard, accoustic tile, aluminium, gipsum, dll. Setiap bahan material pembuat plafon tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam memilih plafon baik untuk kamar tidur maupun ruangan lainnya sebaiknya mengutamakan kualitas agar plafon dapat benar-benar melindungi bagian atap serta tahan lama. Berikut beberapa inspirasi model plafon yang bisa anda gunakan untuk dipasang di kamar tidur anda:

  • Untuk jenis rumah minimalis, anda bisa memilih plafon dengan desain yang tidak terlalu kompleks. Misalnya saja, anda bisa memilih plafon dengan garis tegas membentuk kotak atau persegi panjang. Plafon simetris ini tidak akan membuat ruangan terlihat sempit. Plafon dicat dengan warna yang kontras dengan dinding sehingga lebih terlihat menarik.

  • Untuk meninggalkan kesan mewah dan elegan, anda bisa memilih plafon dengan desain melengkung membentuk setengah lingkaran atau lingkaran penuh. Desain ini cocok untuk kamar utama sehingga terlihat lebih grande.
READ  Ide dan Tips Dekorasi Untuk Kamar Anak Perempuan

  • Anda juga bisa memilih model plafon kamar tidur yang terdiri dari beberapa kombinasi bentuk. Misalnya plafon dengan bagian luar membentuk persegi simetris dan didalamnya terdapat lagi bentuk spiral. Desain plafon seperti ini unik dan menarik. Namun plafon dengan desain seperti ini lebih cocok untuk kmar tidur berukuran luas.

 

  • Agar suasana kamar tidak membosankan, anda juga bisa memasang beberapa plafon sekaligus. Misalnya saja, anda memasang plafon dengan desain persegi simetris dibagian tengah atap kamar tidur. Kemudian, anda memasang lagi plafon-plafon yang berukuran lebih kecil di area yang kosong.

Dalam memilih desain plafon, anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Pemilihan warna plafon harus disesuaikan dengan tema kamar tidur anda agar senada. Anda bisa memilih permainan warna berdasarkan tone sehingga atap anda terlihat seperti memiliki beberapa layer.
  • Gunakan sumber pencahayaan yang tepat. Anda bisa memasang lampu-lampu mini disekitar plafon. Atau anda juga bisa memasang hanya satu lampu utama berukuran besar ditengah-tengah plafon.
  • Ketebalan deain plafon juga harus diperhatikan. Jika jarak antara lantai dan atap tidak terlalu tinggi, maka sebaiknya tidak memasang plafon dengan dimensi yang terlalu tebal. Pilih plafon tipis agar tidak membuat ruangan terlihat lebih sempit. Namun jika kamar anda memiliki banyak ruang dan tinggi maka anda bisa memilh plafon tebal dengan desain kompleks.

Plafon sendiri terdiri dari berbagai desain menarik yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan terlebih karena ia juga terbuat dari berbagai jenis material. Desain plafon juga bisa dibuat seunik mungkin mengikuti keinginan pemilik rumah sehingga ruangan lebih berkarakter. Dengan memilih model plafon kamar tidur yang tepat maka ruangan tidak hanya terlindungi tetapi juga terlihat lebih dekoratif.

READ  Pilihan Kreasi Hiasan Dinding Kamar Yang Cantik Dan Menarik