Model Rumah Minimalis Sederhana Satu Lantai

Membangun rumah membutuhkan berbagai pertimbangan. Model rumah minimalis sederhana kini banyak diminati karena berbagai pertimbangan seperti karena budget yang dibutuhkan lebih terjangkau, penggunaan lahan kecil masih memungkinkan, dll. Rumah minimalis dengan satu lantai menjadi pilihan alternatif bagi keluarga kecil. Tidak sedikit memang yang memilih untuk memaksimalkan lahan sempit dengan membangun rumah minimalis yang terbuat dari dua lantai. Namun ini sama saja dengan membangun dua rumah karena budget yang dibutuhkan untuk membangun rumah minimalis dua lantai tentunya lebih besar. Untuk itu, membangun atau membeli rumah minimalis yang hanya terdiri dari satu lantaipun sebenarnya bisa tetap mengakomodasi kebutuhan keluarga asalkan anda tahu bagaimana mengatur dan memilih model rumah mulai dari dekorasi interior sampai pada eksteriornya.

Model rumah minimalis sederhana

Apa saja yang bisa anda lakukan untuk menciptakan rumah minimalis lantai satu sehingga kenyamanan rumah tetap pada level maksimal?

Maksimalkan ruang

Salah satu cara untuk memaksimalkan fungsi rumah dengan model minimalis bertingkat satu ialah dengan memanfaatkan lahan atau ruang semaksimal mungkin. Karena ruanga yang terbatas, maka desain interior harus diatur sedemikian rupa. Caranya, anda bisa menerapkan konsep open-space pada desain interior rumah anda. Dalam mewujudkan konsep ini, interior rumah minim akan penyekat baik tembok maupun jenis penyekat lainnya. Konsep open space ini menggabungkan dua atau lebih ruangan sekaligus sehingga suasana didalam rumah tidak terlihat pengap dan sempit. Misalnya saja anda bisa menggabungkan area ruang makan dengan dapur. Dengan begitu, tidak perlu digunakan penyekat dan ruanganpun terlihat lebih lega dari aslinya.

Optimalkan tata cahaya

Untuk mewujudkan model rumah minimalis sederhana satu lantai yang nyaman, pastikan anda mengatur tata cahayanya sampai pada level optimal. Ruangan yang gelap akan membuat suasana menjadi kurang nyaman. Sebaliknya, pencahayaan yang baik bisa memberikan rasa nyaman yang lebih. Sistem pencahayaan yang baik juga bisa membantu ruangan untuk terlihat lebih luas dari aslinya. Anda bisa memasang jendela berukuran besar diruangan yang anda inginkan. Dengan adanya jendela besar, maka cahaya dari luar bisa mudah masuk kedalam rumah dan menjadi sumber cahaya yang bagus untuk mendukung desain interior rumah itu sendiri. Ruangan lebih terasa lega karena sirkulasi udara juga lebih berkualitas berkat jendela berukuran besar yang dipasang.

READ  Desain Model Gapura Minimalis

Permainan warna yang tepat

Warna juga menentukan model tertentu yang diplikasikan pada sebuah rumah. Ada berbagai macam palet warna yang bisa anda pilih untuk membuat konsep rumah itu sendiri lebih kuat. Misalnya untuk kesan klasik, maka anda membutuhkan palet warna dengan tone warm seperti coklat, faded orange, emas, dsb. Untuk model rumah minimalis, pilihlah palet warna dengan tone yang netral dan lembut seperti ragam warna pastel, monokrom, dll. Agar rumah minimalis anda tidak terlihat lebih sempit dari aslinya, anda sebaiknya tidak menggabungkan palet warna secara ekstrim. Menggunakan satu atau dua warna utama yang ditambah dengan satu warna lain sebagai aksen bisa membuat suasana rumah lebih nyaman tanpa kesan berlebihan.

Pengaturan tata ruang

Mengatur tata ruang juga menjadi faktor yang penting dalam upaya mengaplikasikan model atau desain tertentu pada rumah. Misalnya saja untuk model rumah minimalis sederhana, maka tata ruang yang dipilih lebih difokuskan pada bentu-bentuk simetris. Misalnya, mengatur tata letak sofa diruang tamu dengan bentuk L. Dengan begitu, kesan minimalis terlihat kuat karena konsep tata ruang ini mengoptmallkan space yang minim.