Tips Dalam Menentukan Model Teras Rumah Yang Cantik

Dalam menentukan dekorasi rumah bukan hanya bagian interiornya saja yang diperhatikan. Bagian eksterior seperti balkon dan terasa juga perlu direncanakan dengan baik agar tidak hanya nyaman tapi juga indah dilihat dari luar. Menentukan model teras rumah memerlukan berbagai macam pertimbangan. Teras rumah sendiri merupakan area luar yang merepresentasi bagian interior. Maka teras rumah harus didesain semenarik mungkin.

Model teras rumah

Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam menentukan model atau desain teras rumah:

Fungsi teras

Sebelum menentukan desain yang cocok, ada baiknya anda menentukan terlebih dahulu fungsi apa saja yang ingin anda tonjolkan pada teras. Jika anda sudah memiliki perkiraan fungsi apa saja yang anda inginkan dari teras rumah, maka proses selanjutnya akan lebih mudah. Anda akan lebih punya bayangan mengenai bagaimana bentuk teras, konsep, sampai pada luasnya.

Ukuran atau luas teras

Dalam menentukan model yang tepat untuk teras rumah anda sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu ukuran luas teras yang ingin anda bangun. Ini kembali kepada fungsi dari teras itu sendiri. Jika anda ingin teras berfungsi untuk menerima tamu, maka anda akan membutuhkan teras berukuran yang cukup luas yang bisa menampung kursi dan meja. Jika anda ingin menggunakan teras sebagai area bermain anak, maka, luasnya juga harus diperhatikan agar anak-anak dapat bermain dengan nyaman. Namun jika luas lahan tidak memungkinkan untuk membuat teras berukuran luas, maka anda bisa memasang teras kecil dengan fungsi sebagai barier agar kotoran atau air hujan tidak langsung masuk rumah.

Desain teras

Selanjutnya anda harus menentukan desain atau model teras rumah ada. Perlu anda ketahui bahwa desain teras rumah ada begitu banyak. Ada teras dengan desain persegi yang simetris, ada teras dengan bentuk melingkar menutupi keseluruhan diameter rumah, ada juga desain teras dengan bentuk L. Anda bisa menentukan desain sesuai selera. Pilih desain yang paling menarik dan sesuai dengan konsep rumah anda secara keseluruhan.

READ  Ide Dekorasi Pagar Minimalis Untuk Rumah Dengan Konsep Modern

Keramik teras

Teras biasanya dipasangi keramik supaya lebih nyaman dan terlihat menarik. Pilihlah keramik yang berkualitas yang tidak mudah retak. Pilih juga keramik dengan motif yang sesuai dengan konsep atau model teras yang ingin anda tonjolkan. Jika anda memilih desain teras minimalis, maka anda bisa memilih keramik dengan pattern sederhana tanpa aksen khusus. Untuk warna keramik, putih masih menjadi pilihan favorit karena memberikan kesan bersih. Namun jika anda ingin teras rumah tidak terlihat kotor maka anda bisa memilih teras dengan warna yang lebih bold. Jangan lupa untuk menentukan dimensi keramik. Sesuaikan dengan luas teras dan desainnya.

Lokasi teras

Teras bisa anda pasang di berbagai lokasi baik itu depan, samping ataupun belakang. Kebanyakan teras dipasang didepan rumah karena ia memiliki fungsi lain sebagai area meyambut atau menerima tamu. Namun anda bisa memasang teras sesuai kebutuhan. Jika masih ada lahan, tidak ada salahnya anda memasang teras disekeliling rumah mulai dari depan sampai belakang. Namun memang lebih diutamakan untuk teras dipasang dibagian depan rumah.

Dekorasi teras

Untuk alasan estetika, anda juga bisa menambahkan berbagai dekorasi pada teras rumah anda. Misalnya saja dengan menempatkan pot-pot berisi tanaman cantik. Ini dapat menambah nilai plus pada model teras rumah anda. Suasana teras pun lebih terlihat menarik dan jauh dari kesan membosankan ataupun monoton.