Tips Memilih Model Ventilasi Rumah yang Sehat

Menentukan model ventilasi rumah sangatlah penting terutama karena fungsinya yang berhubungan langsung dengan kesehatan. Ventilasi rumah yang baik dapat menjamin sirkulasi udara yang lebih menyehatkan bagi tubuh. Mendesain ventilasi yang sehat dirumah-rumah modern saat ini menjadi PR yang cukup besar bagi para desainer. Model rumah yang rumit dan material bangunan yang digunakan harus dipertimbangkan dengan baik jika ingin membuat sistem ventilasi rumah yang sehat. Sistem ventilasi yang benar harus mencakup keseluruhan sistem pembuangan udara dari setiap ruangan. Dengan begitu, ini bisa meminimalisir polutan agar tidak terkumpul didalam rumah.

Model ventilasi rumah

Cara memilih model ventilasi rumah yang baik dan sehat

Sistem ventilasi yang buruk dapat menyebabkan berbagai ketidaknyamanan seperti timbulnya aroma yang tidak sedap secara terus menerus, polutan yang terakumulasi, serta kelembaban yang membuat udara didalam rumah tidak nyaman untuk dihirup. Semua ketidaknyamanan tersebut bisa berdampak langsung pada kesehatan. Itulah mengapa penting untuk mengatur dan memilih sistem ventilasi yang sesuai dengan standar kesehatan. Berikut beberapa tipsnya:

  • Sistem ventilasi terbaik sudah pasti adalah sistem ventilasi natural dimana dalam proses dan material pembuatnya tidak begitu banyak melibatkan teknologi atau peralatan canggih. Namun untuk saat ini cukup sulit untuk menciptakan sistem ventilasi seperti ini terlebih untuk rumah-rumah yang berada diperkotaan. Maka jika tidak bisa digunakan sistem ventilasi natural, tidak ada salahnya mencoba sistem smart ventilation sebagai alternatif agar sirkulasi udara tetap baik.

  • Untuk dapat memilih model ventilasi rumah yang tepat dan sehat, tentunya harus mengenal terlebih dahulu apa saja model ventilasi yang saat ini banyak digunakan di rumah-rumah. Selain natural ventilation, ada juga balanced ventilation, mechanical ventilation, dll. Semuanya dapat dipelajari terlebih dahulu sebelum dipilih karena setiap model memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.
READ  Desain dalam rumah

  • Untuk memilih model yang tepat bisa didasarkan pada model rumah itu sendiri. Untuk itu, hal ini bisa didiskusikan langsung dengan desainer rumah sehingga bisa dipilih model yang paling sesuai dengan kebutuhan keluarga. Adanya mismatched antara model ventilasi dengan model rumah bisa membuat jalur sirkulasi justru tidak lancar.

Tips model ventilasi rumah natural

Sebenarnya, anda bisa menerapkan beberapa elemen tambahan untuk menciptakan model ventilasi alami pada rumah anda sekalipun anda menggunakan model ventilasi mekanis. Tambahan ventilasi alami dapat membuat sirkulasi udara didalam rumah menjadi lebih baik. Berikut tipsnya:

  • Anda bisa memasang jendela ventilasi pada setiap ruangan. Jendela ini memiliki ciri ukuran yang besar, disarankan untuk memasang 5% jendela ventilasi dari keseluruhan ukuran rumah untuk mencipatakn sirkulasi yang baik.

  • Agar sistem ventilasi tidak terlihat membosankan, anda bisa memasang loster, ventilasi rumah yang memiliki celah-celah dekoratif. Jadi, selain fungsinya untuk memperlancar sirkulasi udara, juga untuk tambahan dekorasi ruangan.

  • Anda juga bisa memilih jendela yang memiliki kisi-kisi atau disebut juga dengan jalusi sebagai jalur keluar masuk udara. Biasanya model jendela horizontal dilengkapi jalusi tersebut. Jalusi juga bisa berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk kedalam rumah.

Itulah informasi mengenai cara memilih sistem ventilasi rumah yang benar. Maka dapat disimpulkan bahwa memilih model ventilasi rumah sangatlah penting. Bukan hanya untuk alasan dekorasi dan nilai estetis tapi lebih kepada fungsinya untuk mengatur sirkulasi udara didalam rumah lebih lancar. Dengan begitu, udara yang dihirup penghuni rumahpun lebih segar dan menyehatkan.