Memilih Pintu dan Jendela Minimalis Dengan Tepat

Pintu dan jendela merupakan bagian penting dari rumah yang berfungsi sebagai jalur keluar masuk bagi penghuni rumah ataupun tamu. Pintu dan jendela minimalis adalah salah satu model yang banyak dipilih saat ini. Konsep desain minimalis memang sudah banyak diterapkan pada desain interior saat ini baik itu untuk perumahan maupun fasilitas umum seperti restaurant, hotel, dsb. Untuk pintu dan jendela dengan konsep minimalis sendiri banyak digunakan karena berbagai kelebihan yang didapat. Salah satunya ialah modelnya yang fungsional dan praktis. Selain itu, pintu dan jendela dengan desain minimalis juga tidak memakan banyak tempat.

Pintu dan Jendela Minimalis

Tips memilih pintu dan jendela minimalis

Pada dasarnya, memilih pintu dan jendela dilakukan berdasarkan selera dan kebutuhan masing-masing pemilik rumah. Dengan begitu, rumah akan terasa ideal dan nyaman untuk ditinggali. Mengaplikasikan desain atau konsep tertentu pada setiap elemen rumah termasuk pintu dan jendela bisa didasarkan pada kebutuhan fungsinya ataupun nilai estetiknya. Berikut tips dalam memilih pintu dan jendela dengan konsep desain minimalis:

  • Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat pintu dan jendela dengan konsep minimalis. Pada dasarnya, pintu dan jendela dari material yang berbeda-beda. Ada yang terbuat dari kayu, besi, fiber, dll. Setiap material memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun jika ingin rumah anda dipasangi pintu dan jendela dengan konsep minimalis, maka pilihlah yang terbuat dari bahan yang ringan namun tahan lama. Biasanya bahan fiber lebih dipilih karena lebih sederhana dan praktis.

  • Selanjutnya ialah desain pintu dan jendela. Memilih desain yang sesuai dengan konsep minimalis berarti anda harus memilih pintu dan jendela yang memiliki model simpel, bergaris halus, dan tidak dipenuhi dengan detail atau ornamen tambahan yang mencolok. Kesan simpel, praktis dan menarik adalah representasi dari konsep minimalis. Daripada memilih pintu dan jendela dengan ukiran kompleks, lebih disarankan untuk memilih desain dengan ukiran atau detail yang unik.
READ  Denah Rumah 3 Kamar

  • Karena konsep minimalis lebih fokus pada sisi fungsional, maka anda bisa memilih pintu dan jendela minimalis yang terbuat dari kombinasi material untuk menambah fungsinya. Misalnya saja, anda memilih pintu yang terbuat dari bahan fiber yang dikombinasikan dengan kaca. Ini bisa membantu pencahayaan rumah menjadi lebih baik. Refleksi kaca dapat membuat cahaya dari luar masuk kedalam rumah sehingga rumah akan terasa lebih nyaman dan luas. Untuk jendela , kaca otomatis menjadi bagian darinya. Untuk memperkuat konsep minimalis dan mengoptimalkan fungsinya, sebaiknya pilih jendela yang berukuran cukup besar untuk membantu pencahayaan. Pilih frame jendela dengan model dan desain minimalis namun tetap sleek dan menarik.

  • Model pintu terdiri dari beberapa jenis. Ada model biasa yang dibuka dan ditutup dengan cara ditarik dan didorong. Untuk konsep minimalis biasanya pintu model sliding lebih dipilih karena tidak memakan banyak tempat saat dibuka maupun ditutup. Begitupun dengan jendela. Model sliding bisa dipilih karena lebih praktis dan sesuai dengan konsep minimalis.

  • Hal lain yang harus diperhatikan dalam pemilihan pintu dan jendela ialah warna. Pastikan untuk mengecat pintu dan jendela sesuai dengan tema desain interior yang dipilih. Namun pastikan agar mengecat pintu dengan warna lebih kontras dari tembok agar terlihat lebih jelas perbedaannya. Warna yang disarankan untuk pintu dan jendela minimalis lebih fokus pada warna-warna dengan tone yang lembut dan ringan.

Demikian beberapa pilihan untuk membuat pintu dan jendela minimalis semoga bermanfaat