Tips Untuk Menciptakan Desain Interior Ruang Tamu Mewah

Memiliki ruang tamu mewah tentu saja menjadi keinginan hampir semua pemilik rumah. Ruang tamu dengan konsep mewah memberikan kesan elegan dan classy. Sehingga besar kemungkinan tamu yang berkunjung pun merasa nyaman dan terkesan dengan desain interior yang ditata. Ruang tamu memang bukan bagian yang wajib ada dirumah. Namun umumnya rumah dengan konsep modern dan mewah menyertakan ruang tamu sebagai bagian penting. Ruang tamu merupakan ruangan untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain selain keluarga dan saudara. Untuk itu, umumnya masyarakat modern lebih suka menerima tamu di ruang tamu ketimbang diruang keluarga agar suasana lebih nyaman dan tidak mengganggu privasi penghuni rumah yang lain.

Ruang tamu mewah

Untuk mendekorasi ruang tamu dengan konsep mewah, berikut beberapa tips yang bisa anda coba:

  • Untuk memberikan kesan mewah pada ruang tamu, maka anda harus membuat desain interior anda menonjol dan menarik. Sisipkan unsur-unsur yang mewakili passion, kepribadian, dan visi anda pada ruang tamu. Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga kerapihan dan kebersihan ruang tamu. Mewah bukan hanya tentang harga furnitur yang mewah tapi kesan dan image yang ingin anda tunjukkan. Pastikan agar semua furnitur didalam ruang tamu anda selalu mengkilap.

  • Sesuaikan desain interior sesuai dengan musim. Diluar negeri seperti di Eropa atau Amerika, ada empat musim sehingga interior desainer kadang menerapkan konsepnya sesuai dengan musim. Anda bisa mengusung konsep ini. Meskipun di Indonesia hanya terdiri dari dua musim, anda masih bisa mengadaptasi konsep desain interior empat musim. Anda bisa memilih salah satunya untuk diaplikasikan di ruang tamu anda. Misalnya jika anda ingin menerapkan konsep summer, maka anda bisa mengaplikasikan warna-warna cerah seperti biru laut, orange sunset, hijau daun, dll.
READ  Cat interior rumah minimalis

  • Pilih furnitur yang memiliki efek sparkles untuk mendekorasi ruang tamu mewah. Furnitur jenis ini memiliki efek mengkilap yang berkelas dan tidak terkesan murahan. Anda bisa memilih aksesoris dekorasi ruangan yang terbuat dari kristal, kaca, ataupun batuan alam dan marmer. Sebagai tambahan dekorasi, disarankan untuk memasang tirai jenis drappery dimana bahannya lebih tebal dan jatuh. Material drappery juga lebih halus dan terkesan elegan. ini cocok untuk memberikan efek mewah diruang tamu anda.

  • Atur pencahayaan ruang tamu agar interiornya terkesan mewah dan berkelas. Jika ruang tamu anda luas dan tinggi, maka anda bisa memasang chandelier. Namun jika chandelier dianggap terlalu berlebihan, maka anda bisa menempatkan lampu hias dengan bentuk yang unik. Atau bisa juga memasang standing lamp disalah satu sudut ruangan untuk mempercantik suasana.

  • Pilih warna yang tepat untuk desain interior ruang tamu anda terlihat mewah. Warna-warna yang bisa memebrikan efek mewah dan berkelas diantaranya pristine, biru, putih, ungu, emas. Anda bisa menerapkan warna disesuaikan dengan jenis itemnya. Misalnya memilih tirai dengan beludru ungu. Atau bisa juga memilih taplak meja sutra berwarna merah atau emas.

  • Hindari menerapkan terlalu banyak barang. Sekalipun barang-barang tersebut mahal namun jika ditumpuk disatu ruangan maka tidak akan memberikan efek mewah. Pilih koleksi barang yang benar-benar mewakili passion dan kepribadian anda. Pajang beberapa saja untuk memberikan kesan mewah yang lebih memiliki poin. Kualitas adalah yang lebih diutamakan ketika anda mendekorasi ruang tamu mewah. Kuantitas tidak bisa memberikan efek mewah. Ia justru hanya memberikan efek berlebihan.