Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Sederhana Namun Cantik

Ruang tamu sederhana – Ruang tamu merupakan bagian rumah yang penting meskipun tidak harus selalu ada disetiap rumah. Ruang tamu sederhana cukup untuk mengakomodasi kebutuhan tamu yang berkunjung agar merasa betah dan nyaman selama berada dirumah anda. Untuk itu, penting untuk memperhatikan dekorasi ruang tamu agar memiliki desain interior yang cantik dan estetik meskipun menggunakan konsep sederhana. Ruang tamu tidak harus berukuran luas. Ukuran 2×2 m atau 3x3m sudah bisa mengakomodasi desain interior ruang tamu dengan baik. Selanjutnya, anda hanya tinggal mengatur dan menentukan dekorasinya sebaik mungkin.

Ruang tamu sederhana

Berikut adalah inspirasi dekorasi untuk ruang tamu anda yang sederhana agar tampilannya tetap cantik dan elegan:

  • Dekorasi desain interior bernuansa hangat bisa anda aplikasikan pada ruang tamu. Anda bisa menggunakan unsur-unsur alam untuk membuat ruang tamu terasa lebih nyaman misalnya kayu. Material kayu memberikan kesan sederhana namun tidak meninggalkan kesan hangat dan natural. Aplikasikan desain interior yang didominasi dengan unsur kayu. Baik itu menempatkan furnitur berbahan kayu ataupun memasang wallpaper dengan motif pada bagian dinding ruang tamu. Namun pastikan untuk memilih material kayu yang berkualitas agar lebih tahan lama dan tidak mudah dimakan rayap khususnya untuk furnitur.

  • Untuk menciptakan dekorasi ruang tamu dengan kesan sederhana namun nyaman, anda bisa mengaplikasikan desain natural minimalis. Untuk menciptakan dekorasi ini, anda bisa menggunakan unsur alam seperti batuan alam. Anda tidak harus menggunakan material batuan alam disetiap bagian ruangan. Anda bisa menggunakannya sebagai aksen untuk mempertajam kesan natural. Anda juga bisa menggunakan palet warna sesuai dengan warna alami batuan alam seperti hitam keabuan.

READ  Cat interior rumah minimalis
  • Anda juga bisa mengaplikasikan konsep monokrom untuk desain interior ruang tamu sederhana Desain interior dengan nuansa hitam dan putih memang tidak pernah ketinggalan jaman. Konsep monokrom terlihat simpel namun memiliki daya tarik tersendiri. Untuk pengaplikasian warna, anda bisa mengaturnya sesuai keinginan. Misalnya anda bisa menerapkan warna putih pada keseluruhan dinding, dan menempatkan furnitur berwarna hitam. Sedangkan untuk aksesoris tambahan anda bisa memadukan keduanya.

  • Jika anda tidak memiliki ruangan tersisa untuk ruang tamu, anda bisa menciptakan sendiri ruangan tersebut dari sudut ruangan dirumah anda yang tidak terpakai atau sisa. Meskipun kurang ideal, namun ruang tamu hasil improvisasi ini bisa memberikan daya tarik tersendiri bagi desain interior rumah anda. Misalnya jika anda memiliki sudut kosong dirumah anda maka anda hanya tinggal menempatkan tempat duduk berupa kursi, single sofa, ataupun love seat. Untuk memberikan kesan bahwa sudut tersebut adalah ruang tamu, anda bisa mengecat dinding disekitarnya dengan warna yang berbeda dengan ruangan lainnya.

  • Anda juga bisa mengaplikasikan ruang tamu ala Jepang atau Korea. Ruang tamu seperti ini tidak melibatkan sofa atau kursi-kursi tinggi. Sebaliknya, yang digunakan ialah furnitur-furnitur berkaki pendek. Kesan humble dan simple lebih terasa pada desain interior ruang tamu dengan konsep seperti ini. Aplikasikan warna-warna alami seperti warna kayu, batuan alam, dll. Tambahkan pula aksesoris tambahan untuk menghias rumah seperti pot berisi tanaman hijau.

Mendekorasi ruang tamu tidaklah sulit asalkan anda tahu persis desain seperti apa yang anda inginkan. Contoh dekorasi diatas bisa anda gunakan sebagai referensi dalam mendekorasi ruang tamu sederhana anda. Pastikan faktor kenyamanan menjadi prioritas utama dalam menentukan desain interior ruang tamu.

READ  Interior Rumah Unik yang Bisa Dicoba