Rumah Idaman Sederhana Di Desa

Bagi sebaian orang tinggal di pedesaan atau diperkampungan identik dengan rumah yang kecil, kumuh serta bau. Namun sebenarnya tiddak. Meski terkesan kampung, namun pedesaan merupakan tempat tinggal yang sangat baik untuk dihuni. Selain tempatnya yang masih asri, harganyapun terbilang cukup murah.

Semakin maraknya pencemaran udara diperkotaan membuat bannyak orang lebih memilih untuk tinggal dipedesaan. Selain masalah pencemaran udara, ada beberapa alasan lagi yang membuat mereka lebih memilih tinggal dipedesaan, seperti terhindar dari kebisingan serta harga tanah dan biaya hidupnya pun terbilang relatif murah.

Tips Desain Rumah Idaman Sederhana Di Desa

Suasana ledesaan yang asri, udara yang sejuk dan segar sangat baik untuk memjaga kesehatan kulit dan tubuh yang merupakan salah satu daya tarik masyarakat kota untuk memiliki rumah di desa.

Selain itu juga kebanyakan orang-orang yang tinggal di desa mempunyai sifatyang jujur, sederhana, bertoleransi tinggi serta tulus dalam menolong sesama. Hal ini karena orang-orang desa atau orang-orang kampung msih memegang erat nilai-nilai etika yang secara tidak langsung diturunka oleh nenek moyang.

Selain harga tanah yang murah, rumah dipedesaan juga memiliki desain yang cukup bagus, simple dan sederhana. Dalam membangun rumah, orang-orang desa tergolong unik karena mereka tidak pernah meninggalkan budaya yang ada walaupun gaya dan model rumahnya sedikit terpengaruh oleh mdel-model rumah yang modern. Namun bagi sebagian orang, membangun rumah dengan gaya yang berbeda merupakan kebanggaan tersendiri karena dapat menunjukan tingkat kesuksesan seseorang tersebut. Akan tetapi mereka tidak meninggalkan estetika budaya mereka sendiri.

Kebanyakan masyarakat kampung memiliki tanah yang luas, sehingga halaman rumahnyapun luas dan masih asri, udaranya yang segar serta tidak banyak polusi, sehingga sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat tinggal.

READ  Rumah Putih Minimalis

Mempunyai tempat tinggal di pedesaan atau perkampungan merupakan impian bagi banyak orang, selain keunikan bangunan dan budayanya yang masih asri, suasana dan udaranya pun menjadi daya tarik sendiri untuk tinggal di pedesaan.

Dilihat dari bentuk rumah yang sederhana, rumah dipedesaan atau perkampungan dapat dikategorikan kedalam ruma minimalis yamg simple dan sederhana. Namun perbedaannya rumah di pedesaan masih menggunakan bahan-bahan alami dalam pembangunannya. Sehingga rumahnya terlihat natural dan klasik. Berbeda dengan diperkotaan yang desain rumah serta bahan-bahan nya pun lebih modern. Perbedaan ini bisa dilihat dari beberapa aspek berikut:

  1. Dilihat dari bahan bangunan yang digunakan . Bahan bangunan yang digunakan oleh masyarakat desa sangat sederhana dan lebih memanfaatkan bahan-bahan yang ada dan berasal dari alam. Contohnya mereka leboh menggunakan kayu, bambu, alang-alang atau jerami serta batu alam.
  2. Dipihat dari bentuknya, larena bentuk rumah pedesaan leboh terkesan luas dan longgar. Hal itu karena masih tersedianya lahan yang banyak.
  3. Rata-rata mereka yang mempunyai rumah dipedesaan mempunyai halaman yang luas dan mempunyai bangunan yang semacam aula atau pendopo atau lebih dikenal sebagai saung. Bangunan ini berfungsi untuk tempat betkumpul keluarga atau hanya sekedar untuk menerima tamu.

Itulah beberapa ulasan tentang rumah idaman sederhana di desa. Cukup menarik bukan? Selamat mencoba.