Inspirasi Dekorasi Ala Rumah Minimalis Korea

Pengaruh kebudayaan negeri ginseng Korea memang tidak bisa dipungkiri. Tidak hanya dari segi Kpop dan Kdrama yang membuat Korea semakin diakui dunia, tapi originalitas kebudayaannya memang menarik banyak perhatian. Tidak heran jika muncul ide dekorasi maupun interior desain ala rumah minimalis Korea. Pada dasarnya, konsep akan rumah minimalis sama saja baik itu di Indonesia maupun negara-negara lainnya. Konsep sederhana dan rapi adalah yang ditonjolkan pada model minimalis. Namun untuk konsep minimalis ala rumah Korea tentunya ada beberapa hal lain yang menjadi titik fokusnya. Sehingga aksen dan ciri khas Korea melengkapi konsep minimalis itu sendiri.

Rumah minimalis Korea

 

Mengatur dekorasi untuk menciptakan suasana ala rumah minimalis Korea

Dalam mengatur dekorasi rumah, kreatifitas memang sangat diperlukan. Dengan begitu ide-ide imaginatif bisa dituangkan dalam rencana dekorasi yang sesuai dengan keinginan. Untuk dekorasi rumah minimalis ala rumah-rumah Korea, berikut beberapa tips yang bisa anda simak:

  • Kamar tidur – Untuk mendekorasi kamar tidur agar bergaya ala Korea, maka bisa dipilih model minimalis dengan pemilihan furnitur yang simple. Misalnya saja untuk tempat tidur sebaiknya tidak perlu menggunakan ranjang. Matras atau kasur bisa ditempatkan disalah satu sudut ruangan. Kemudian, pasangan kabinet atau meja berukuran pendek disebelah matras. Kabinet tersebut memiliki fungsi ganda yaitu sebagai tempat penyimpanan buku-buku juga sebagai meja belajar sekaligus. Agar tetap nyaman duduk dilantai, anda bisa memasang karpet. Pilih corak karpet yang sesuai dengan tema ruangan.

  • Ruang keluarga – Untuk ruang keluarga yang terispirasi dari desain interior ala Korea, dipilih furnitur-furnitur berkaki pendek. Jenis sofa yang dipilih sebaiknya sofa dengan ukuran sedang terutama jika ruangan berukuran tidak terlalu luas. Pilihlah warna-warna furnitur yang kalem dan lembut seperti misalnya warna pastel dengan corak yang simpel dan tidak terlalu ramai. Untuk mempertegas kesan ala Korea, tempatkan karpet dibawah sofa dan meja. Tempatkan pula hiasan-hiasan lucu misalnya jam meja dengan bentuk unik, pot bunga mini, atau frame foto didinding.
READ  Interior Rumah Minimalis

  • Dapur – Dapur pada rumah minimalis Korea lebih terkesan bersih dan rapi sehingga dapur tidak terlihat berantakan. Anda bisa menggunakan palet warna putih yang dikombinasikan dengan warna senada seperti abu muda atau coklat terang. Pilihlah furnitur dengan finishing lines yang tidak terlalu tajam. Furnitur dengan ukiran detail yang minim juga lebih disarankan. Untuk memaksimalkan fungsi dapur, pilihlah countertop yang memiliki multi fungsi dimana bagian atas bisa sebagai meja, dan bagian bawah untuk menyimpan peralatan dapur.

  • Jika anda memiliki ruang yang tidak terpakai, anda bisa mendekorasinya menjadi ruang baca khusus. Perpustakaan mini sering dijumpai di rumah-rumah modern Korea. Anda bisa menciptakan sendiri perpustakaan mini tanpa perlu bersusah payah. Tempatkan rak buku atau kabinet disalah satu sudut ruangan. Tambahkan love seat, karpet, atau kursi yang sebar diberbagai sudut ruangan. Tempatkan pula meja pendek untuk area membaca. Gunakan palet warna terang namun lembut untuk membuat suasana perpustakaan lebih nyaman dan idel untuk membaca.

  • Kamar mandi – Untuk desain kamar mandi, biasanya rumah minimalis Korea lebih fokus pada sisi fungsional. Misalnya saja penggunaan wastafel meja, shower, serta kabinet dinding. Permainan warna yang diaplikasikan lebih pada kombinasi warna netral. Namun anda bisa menambah aksen khusus misalnya dengan memasang cermin berukuran besar dengan warna frame yang lebih mencolok dari keseluruhan ruang kamar mandi.