Tips Dekorasi Rumah Sederhana Tapi Mewah

Memiliki rumah sederhana bukanlah masalah karena saat ini ada begitu banyak ide kreatif mengenai dekorasi desain interior yang bisa membuat rumah sederhana tapi mewah. Rumah memang merupakan elemen penting dalam kehidupan. Baik tinggal sendiri maupun bersama keluarga, rumah akan menjadi tempat yang dituju saat hari usai. Oleh karena itu, pemilihan konsep atau tema desain interior rumah sangatlah penting. Rasa aman dan nyaman harus ditonjolkan pada konsep rumah yang dipilih. Rumah sederhana bisa disulap sehingga terlihat mewah dengan mengaplikasikan beberapa tips dan trik dekorasi yang tepat. Maka, rumah tidak harus selalu berukuran luas karena semuanya bisa disesuaikan dengan dekorasi yang sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Rumah sederhana tapi mewah

Ide dekorasi untuk rumah sederhana tapi mewah

Membangun rumah tidaklah mudah. Dibutuhkan lahan yang tepat, budget yang cukup dan konsep yang matang. Namun kalaupun anda hanya mampu untuk membeli atau membangun rumah sederhana maka itu bukan masalah karena anda masih tetap bisa membuatnya terlihat mewah. Untuk itu, berikut beberapa ide dan tips yang bisa anda coba aplikasikan untuk membuat tampilan rumah sederhana anda terlihat lebih mewah dan modern:

  • Hal pertama yang bisa dilakukan ialah dengan memilih warna cat rumah yang tepat untuk menonjolkan kesan mewah. Pada dasarnya, pemilihan warna terdiri dari dua konsep yaitu bold dan soft. Untuk konsep bold, maka warna yang pilih tidak boleh tanggung. Beberapa contoh warna dengan tone bold seperti merah, bright orange, vivid blue, dsb. Untuk konsep soft, warna-warnanya terdiri dari warna hangat dan lembut seperti pristine, putih, beige, light grey, baby blue, pastel, dsb. Sebaiknya pilih salah satu konsep dan tidak mengkombinasikannya disatu ruangan karena konsep mewah justru tidak akan terlihat. Jika rumah sederhana anda berukuran kecil, maka disarankan untuk memilih konsep warna soft tone karena warna-warna lembut dan terang bisa membantu membuat ruangan tampak lebih luas.
READ  Gaya Rumah Minimalis Sederhana yang Mewah, Modern dan Mempesona 2018

  • Agar rumah sederhana anda terlihat lebih mewah, disarankan untuk memasang jendela full-height. Memasang jendela-jendela dengan ukuran besar terlebih di beberapa ruangan utama seperti ruang keluarga atau ruang tamu bisa memberikan kesan mewah pada rumah anda. Ruangan akan terlihat lebih grande dan pencahayaan pun akan lebih baik. Terlebih dengan jendela full-height, otomatis akan dibutuhkan gorden full-height pula seperti jenis tirai drappery dengan bahan tebal dan jatuh dan motif yang elegan. Ini akan semakin mempertegas kesan mewah. Sebaiknya pasang jendela dengan detail simpel tanpa dekorasi berlebihan untuk dapat menonjolkan sisi modern dan mewah.

  • Atur pencahayann sedemikian rupa untuk menonjolkan kesan rumah sederhana tapi mewah. Jika chandelier dirasa terlalu berlebihan untuk rumah sederhana anda, maka anda bisa memilih untuk memasang standing lamp dengan bentuk-bentuk unik yang diletakkan disalah satu sudut ruangan. Bentuk yang unik bisa menambah nilai estetis dari desain interior ruangan. Anda juga bisa memilih untuk mengkombinasikan beberapa sumber cahaya sekaligus untuk menambah kesan dramatis. Untuk pencahayaan natural, pemasangan jendela full-height adalah pilihan yang tepat sehingga disiang hari anda tidak memerlukan lampu sebagai sumber pencahayaan.

  • Pemilihan tata letak furnitur juga bisa menentukan tampilan rumah apakah terlihat sederhana atau mewah. Misalnya saja, jika anda memiliki banyak pajangan, sebaiknya ditempatkan disatu lemari daripada dipajang disetiap dinding atau rak. Menggunakan satu lemari pajangan akan membuat ruangan memiliki titik fokus yang lebih terarah. Selain itu, ruangan juga akan terlihat lebih rapi dan terorganisir. Barang atau pajangan yang ditempatkan secara tidak tertata akan membuat rumah terlihat berantakan dan jauh dari kata mewah.

  • Ide menarik selanjutnya untuk menciptakan rumah sederhana tapi mewah ialah dengan memajang beberapa karya seni berupa lukisan, quote, atau hiasan. Karya seni yang bisa anda pajang tidak melulu harus yang berharga mahal. Hiasan turun temurun dari keluarga bisa menjadi karya seni vintage yang menarik untuk dipajang diruangan utama rumah anda. Atau anda juga bisa hunting barang-barang unik dan klasik ditoko barang bekas. Pastikan memilih barang yang sesuai dengan tema dekorasi ruangan.
READ  Tips Simpel, Mudah dan Murah Dekorasi Interior Rumah Minimalis Sederhana Tanpa Takut Mahal

  • Kemudian, anda juga bisa memasang galeri mini foto keluarga disalah satu dinding. Misalnya saja, anda bisa memasang foto-foto keluarga yang diatur sedemikian rupa disalah satu dinding ruang keluarga. Ini bisa menjadi focal point dari ruangan. Anda bisa mengatur tata letak setiap foto namun pastikan foto-foto tersebut dipajang disatu dinding dan bukan dikeseluruhannya. Anda juga bisa memasang foto-foto tersebut didinding menuju tangga. Sehingga dinding sekitar tangga tidak kosong dan bisa menjadi nilai tambah yang estetis.

  • Untuk memberikan kesan mewah, sebaiknya pilih furniture dengan finishing clean cut dan tidak memiliki detail ukiran berlebihan. Memilih furnitur dengan desain simpel dan model minimalis akan membuat rumah sederhana anda terlihat lebih modern dan mewah. Pemilihan material furnitur juga penting untuk dipertimbangkan. Misalnya saja dalam pemilihan sofa. Anda bisa memilih sofa dengan kain pelapis berbahan wol atau kulit. Namun jika ingin tampilan mewah maka sofa berbahan kulit bisa jadi pilihan yang tepat. Selain itu, pilihlah furnitur dengan warna keseluruhan tema desain interior ruangan.

  • Kemudian, anda bisa menambahkan beberapa aksesoris untuk melengkapi rumah sederhana agar terlihat mewah seperti pot yang berisi tanaman hidup yang ditempatkan disalah satu sudut ruangan, atau karpet mini yang ditempatkan dibawah coffee table. Namun dalam memilih aksesoris tambahan sebaiknya dipilih warna-warna nikel, monokrom, dsb. Sebaiknya hindari pemasangan aksesoris dengan tema warna emas karena itu justru akan membuat tampilan rumah jauh dari kesan mewah. Jika ruangan bertema pastel atau soft, maka anda bisa memilih aksesoris dengan warna yang kontras atau bold, begitupun sebaliknya.

Masih banyak ide lainnya yang bisa anda aplikasikan untuk membuat tampilan rumah lebih terlihat mewah seperti salah satunya dengan menambahkan detail crown molding dibagian ceiling khususnya diarea atas pintu serta jendela. Ini dapat memberikan kesan mewah dan membuat rumah mirip seperti istana. Pilih tema molding yang sesuai dengan tema desain interior rumah anda agar senada. Itulah beberapa ide atau tips untuk menciptakan tampilan rumah sederhana tapi mewah. Anda bisa mengaplikasikan tips diatas sesuai kebutuhan.

READ  Tips Kombinasi Warna Cat Rumah

Tidak sedikit yang mengurungkan niat untu mendekorasi rumah agar terlihat mewah karena masalah budget yang terbatas. Namun dengan beberpa ide dan tips diatas, maka anda bisa mengubah tampilan rumah sederhana menjadi terlihat lebih mewah dan menarik. Desain interior bisa diubah dan diatur sedemikian rupa dengan ide-ide simpel namun efektif. Maka, untuk urusan dekorasi desai interior tidak melulu soal budget tapi lebih pada kreatifitas. Dengan begitu, budget yang terbataspun bisa digunakan untuk memberikan hasil yang optimal dalam mewujudkan rumah sederhana tapi mewah.