Memilih dan Menempatkan Sofa Minimalis Modern untuk Ruang Tamu Kecil

Sofa adalah furnitur esensial untuk hunian dan biasa ditempatkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Namun sebenarnya sofa bisa ditempatkan dimana saja dan kini telah banyak diminati sofa minimalis modern untuk ruang tamu kecil. Tidak bisa dipungkiri memang saat ini lahan sudah semakin dipenuhi dengan bangunan-bangunan baik untuk komersial maupun untuk hunian keluarga. Hal ini membuat ukuran hunian menjadi lebih kecil dan tentunya harus dicari trik yang tepat agar hunian tetap nyaman namun tidak membuat area terlihat dan terasa semakin sempit. Itulah mengapa konsep minimalis sekarang banyak digemari masyarakat. Karena konsep simpel, modern, dan chic tepat dengan apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini.

Sofa Minimalis Modern untuk Ruang Tamu Kecil

 

Tips memilih sofa minimalis modern untuk ruang tamu kecil

Memilih furnitur terkadang tidak mudah. Ada berbagai hal yang mesti masuk dalam pertimbangan mulai dari harga sampai konsep interior desain ruang tamu yang akan menjadi ruag dimana sofa akan ditempatkan. Mencari sofa yang sempurna dan sesuai dengan keinginan memang tidak mudah namun anda bisa melakukannya dengan mengikuti beberapa tips sederhana berikut untuk membantu anda memilih sofa yang tepat.

  • Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam memilih sofa untuk ruang tamu minimalis ialah ukuran. Masalah yang mucul dari ruang tamu kecil adalah terbatasnya space sehingga ukuran furniture memgang peranan penting untuk mengatasi masalah ini. Pastikan untuk menghindari memilih sofa yang memiliki ukiran atau detail yang banyak karena ukiran atau detail tambahan akan membuat ukurannya lebih besar dari asliya. Maka sebaiknya pilih sofa dengan ukuran kecil atau medium dengan 2 seater. Anda juga bisa memilih sofa jenis loveseat yang cozy dan terlihat tidak terlalu formal. Dengan memilih sofa berdasarkan ukuran yang sesuai, maka anda dan penghuni rumah lainnya bisa tetap nyaman bergerak diruangan yang memiliki space
  • Selanjutnya yang mesti anda pertimbangkan dalam memilih sofa untuk ruang tamu minimalis ialah materialnya. Material sofa menentukan kenyamanan penghuni rumah ataupun tamu. Selain itu, material juga mempengaruhi daya tahan sofa. Maka sebaiknya memilih sofa denga material terbaik agar bisa tahan lama. Sebaiknya pilih jenis material pelapis sofa dengan bahan yang lembut, mudah dibersihkan, dan berkualitas tinggi meskipun harganya sedikit lebih mahal.
  • Tips selanjutnya dalam memilih sofa minimalis modern untuk ruang tamu kecil ialah bentuk dan motif sofa. Hal ini penting untuk dipertimbangkan untuk menyesuaikan dengan knsep interior desain dari ruang tamu itu sendiri. Jika konsep ruang tamu anda adalah formal, maka anda bisa memilih sofa dengan armrest. Namun jika anda memiliki ruang tamu dengan konsep cozy dan santai maka anda bisa memilih sofa lounge seperti loveseat atau jenis sofa lainnya yang memiliki bentuk-bentuk menarik dan unik yang kini banyak ditawarkan para desainer furnitur.
  • Selanjutnya, anda juga harus mempertimbangkan apakah sofa yang dibeli ini nantinya akan menjadi pelengkap ruangan atau justru sebagai focal point dari ruang tamu mini. Untuk membuatnya menjadi focal point, pastikan untuk memilih sofa yang tidak biasa. Anda bisa memilih sofa dengan motif yang menarik perhatian atau memilih sofa yang memiliki warna kontras dengan konsep warna desain interior ruang tamu. Sehingga saat siapapun masuk ke ruang tamu maka yang menjadi pusat perhatian adalah sofa itu sendiri. Sebagai contoh, jika anda memiliki ruang tamu dengan tema pastel atau monokrom, maka anda bisa memilih sofa dengan warna vibrant seperti bright orange atau red. Namun anda tetap menyeleraskannya dengan konsep ruang tamu dengan menambahkan cushion yang memiliki warna senada dengan ruang tamu.
  • Harga seringkali menjadi pertimbangan utama saat memilih sofa minimalis modern untuk ruang tamu kecil. Namun harga sendiri memang berpengaruh terhadap kualitas sofa itu sendiri. Memilih sofa yang sesuai dengan kemampuan budget kamu tentu saja adalah keputusan yang tepat. Namun jangan lupa bahwa kualitas juga penting. Jika sofa yang dibeli murah namun kualitasnya tidak bagus maka ia akan mudah rusak dan akhirnya anda harus membeli sofa yang baru. Jadi, membeli sofa berkualitas dengan harga sedikit lebih mahal adalah keputusan yang baik karena ini juga bisa menghemat pengeluaran anda dimasa mendatang. Anda tidak perlu sering mengganti sofa anda.
READ  Desain Ruang Tamu Unik

Ruang tamu adalah ruang penting bagi hunian baik itu rumah, apartemen, kondo, dll. Ruang tamu menjadi tepat bagi tuan rumah untuk menyambut dan menjamu para tamu yang datag baik itu kolega, teman, saudara, ataupun tetangga. Maka ruang tamu bisa dikatakan juga sebagai image dari keseluruhan rumah dan penghuninya. Untuk itu, penting juga untuk menentukan tata letal sofa minimalis modern untuk ruang tamu sempit. Berikut tipsnya untuk anda:

  • Pertama, tata letak sofa sangatlah penting. Karena ruang tamu anda sempit, maka jangan sampai anda dan tamu tidak bisa bergerak dengan bebas selama berada diruangan. Sebaiknya meletakkan sofa minimalis disalah satu sudut ruangan yang jauh dari pintu masuk. Dengan begitu, ruang tamu masih memiliki space untuk orang-orang berjalan masuk dan keluar tanpa harus menabrak sofa.
  • Selain itu, akan lebih baik untuk memposisikan sofa minimalis modern untuk ruang tamu kecil dekat dengan sirkulasi udara seperti jendela. Ini akan membuat ruangan tidak pengap. Jika anda hendak menambahkan furniture lain seperti rak majalan atau coffee table, pastikan jaraknya ideal dengan sofa agar mudah diraih namun tiak menghalangi aksesibilitas penghuni dalam bergerak.
  • Akan lebih baik jika ruang tamu mini anda tidak dilapisi dengan karpet lantai karena ini akan membuat ruangan terlihat semakin penuh dan sempit. Namun jika anda harus menempatkan karpet sebaiknya tempatkan karpet hanya disekitar sofa dan tidak dikeseluruhan lantai ruang tamu. Karpet mini bisa anda letakkan dibawah sofa beserta mejanya. Ini bisa berguna jika jumlah tamu melebihi perkiraan dan mereka bisa duduk dikarpet yang masih berada diarea sofa.
  • Karena ruang tamu anda kecil, sebaiknya tidak perlu menambahkan furniture yang tidak perlu seperti standing lamp atau chandelier. Furnitur-furnitur tersebut akan menarik perhatian dan konsep sofa sebagai focal point dari ruang tamupun tidak akan terlihat lagi. Furnitur yang bisa ditambahkan bersama dengan sofa seperti rak buku mini untuk menyimpan majalah atau album foto, karpet mini, atau televisi.
READ  TAMAN RUMAH MINIMALIS

Furniture bukan hanya berperan sebagai pelengkap dekorasi bagi rumah. Namun memiliki peranan penting lain khususnya dari sisi fungsional. Seperti halnya sofa yang berfungsi sebagai tempat duduk. Namun memang memilih sofa minimalis modern untuk ruang tamu kecil adalah solusi yang tepat agar ruangan terasa lebih luas dan nyaman. Selain itu, konsep minimalis modern juga menjadi nilai plus untuk desain interior ruang tamu itu sendiri.