Teras Rumah Minimalis Yang Harus Anda Miliki

Berbicara tentang rumah tentu berbicara tentang semua hal tentang rumah juga, teras, ruang tamu, dapur, kamar mandi dan seterusnya. Setiap ruangan dalam rumah memiliki fungsinya masing-masing. Jika diibaratkan sama seperti halnya tubuh manusia ada wajah, tangan, kaki, dan seterusnya. Maka wajah dari rumah adalah halaman depannya atau terasnya, badan adalah ruangan tamunya, dan sebagainya. Rumah adalah suatu hal yang harus dirawat secara benar-benar seperti halnya tubuh. Entah bagaimanapun bentuk nya, besarkah pun minimalis.

Jika ada seseorang melihat rumah anda, pasti yang pertama kali dilihat adalah terasnya, teras menjadi kesan pertama untuk sebuah rumah, karena teras berada di bagian paling depan dalam posisi rumah. oleh karena itu betapa sangat pentingnya membangun sebuah teras untuk rumah yang lebih berkesan. Bisa anda bayangkan apabila rumah anda memang sangat bagus dalamnya, barang-barang bangunannya pun memiliki harga yang lumayan mahal, akan tetapi jika terasnya jelek, seakan-akan rumah anda itu jelek semua. Sebaliknya apabila rumah anda sederhana saja tetapi di halaman rumah anda didepan terasnya memiliki taman kecil dengan beberapa tumbuhan hijau. Tentu terasa lebih segar melihatnya.

Sungguh penting sekali mendekor teras sebagai bagian yang sangat vital dari rumah. Untuk kali ini penulis disini akan memberikan sebuah gambaran dan beberapa tips untuk mendesain teras rumah anda. Meski rumahnya minimalis tetapi tidak menutup kemungkinan untuk memiliki kesan pertama yang sangat kuat. Beberapa tips dibawah ini semoga berguna untuk menginspirasi anda.

Sekilas Tentang Desain Rumah Minimalis

Bagi anda yang senang bersantai anda bisa membuat teras yang lumayan luas untuk keluarga ataupun rekan kerja dengan menyimpan kursi, meja, vas bunga dan beberapa tanaman untuk setelan santai. Anda akan terasa terhibur dari kesibukan-kesibukan sehari-hari.

READ  Tips Desain Meja Tamu Minimalis

Selain itu jika anda tidak terlalu suka dengan rumah yang terasnya terdapat banyak tanamannya, anda bisa mencoba menggunakan tiang-tiang yang terbuat dari batu alam, kesan alami yang akan muncul dan elegan tentu anda akan rasakan dengan sendirinya.

Jika rumah anda memiliki dua lantai anda bisa menambahkan tangga disamping teras anda dengan fitur besi sehingga rumah anda akan terkesan unik. penambahan paving block juga menjadi sebuah nilai tambah apabila anda memiliki kendaraan pribadi, dengan model dan bentuk-bentuk yang unik dari batu-batunya.

Bebarapa hal diatas adalah model yang sering disukai pada umumnya. Pertanyaanya adalah model yang mana yang anda sukai dan cocok dengan pemikiran dan keinginan anda. Semoga salah satunya ada yang cocok dengan keinginan anda. Sebagai tambahan anda bisa menggunakan berbagai furniture yang bisa menambah keindahan pada teras anda.

Dari informasi diatas sebetulnya ada beberapa faktor dalam mendesain teras rumah anda supaya lebih indah dan enak dipandang. Faktor yang pertama adalah cat. Warna merupakan seuatu hal yang bisa mendukung dalam segala penghias, salah mencocokkan warna tentu akan terlihat aneh dan terkesan norak.

Dalam mendesain teras anda bisa menggunakan satu warna saja ataupun bisa dengan beberapa warna. Namun dalam hal ini yang harus diperhatikan anda harus dapat mengerti paduan warna yang cocok dengan teras rumah anda. Dan barang-barang apa yang sekiranya cocok dengan warna yang akan anda pakai. Itulah yang harus anda ketahui sebelum mendesain teras anda. Teras memiliki beberapa fungsi yang sangat dominan untuk penghuninya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Berfungsi Sebagai Tempat Penerimaan Tamu

Tentu manusia sebagai mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain adalah suatu kepastian jika anda sekali-kali didatangi oleh seorang tamu ke rumah anda. Entah itu sanak saudara, rekan kerja, ataupun tetangga. Untuk menyambut tamu biasanya tidak langsung disuruh masuk kerumah akan tetapi disambut dulu diluar teras dengan sedikit jamuan-jamuan kecil baru setelah itu masuk ke rumah.

  • Berfungsi Untuk Tempat Bersantai
READ  Contoh Denah Rumah Minimalis Yang Modern Dan Nyaman

Manusia pada umumnya memiliki kesibukan masing-masing, ada yang dengan pekerjaannya, ada yang dengan tugas kuliahnya, dan seterusnya. Banyak cara untuk menghilangkan rasa penat dari rutinitas harian. Salah satunya dengan bersantai di teras halaman anda. Apalagi jika di depan rumah anda terdapat pemandangan seperti gunung, sawah ataupun sungai, pasti anda akan betah tinggal dirumah. Teras sebagai cerminan dari surga.

  • Berfungsi Sebagai Estetika

Keindahan memang tidak bisa terlepas dari kehidupan. Seakan-akan seperti dua sisi uang logam yang bersatu. Tak terkecuali estetika halaman depan rumah atau teras, desain eksterior yang bisa di tunjukkan pada setiap orang, tidak hanya lukisan ataupun barang-barang mewah. Rumah pun harus mempunyai nilai estetika yang tinggi sehingga dapat menarik hati setiap orang.

  • Berfungsi Sebagai Tempat Bermain Anak

Teras yang luas bisa dipakai sebagai wahana rekreasi kecil-kecilan. Untuk mengisi hiburan, anak harus bisa terlepas dari namanya gadget dan bermain di dunia nyata dengan teman-teman sebayanya dengan fasilitas teras rumah yang luas dan tertata dengan baik.

Beberapa fungsi teras diatas merupakan halaman yang difungsikan pada umumnya. Namun apabila anda memiliki fungsi yang lain yang lebih menarik itu tidak menutup kemungkinan. Pada dasarnya teras bisa digunakan atau difungsikan sesuai dengan keinginan pemilik rumah. jika mengambil pepatah yang umum sering didengar. Rumahku adalah surgaku maka terasnya adalah teras surga.

Jika anggota keluarga anda terdapat banyak anak-anak maka meskipun anak bermain diteras dengan teman sebayanya mungkin menurut anak-anak setiap tempat adalah tempat bermain, tetaplah harus diawasi oleh orangtua karena meskipun bermain dirumah setidaknya meminimalisir sesuatu yang tidak diinginkan datang.

Apabila anda ingin mendesain teras rumah anda akan tetapi anda tidak memiliki pengalaman, alangkah lebih baiknya jika anda bertanya pada yang sudah berpengalaman, mengenai hal apapun, seperti warna yang cocok, furniture yang pas, dan ornamen tambahan lainnya. Semua orang pada hakikatnya terus belajar. Meskipun sudah berkeluarga dan mungkin sudah memiliki anak banyak, tetaplah didunia ini manusia terus belajar. Dan guru terbaik dalam pembelajaran adalah pengalaman.

READ  Gaya Rumah Minimalis Sederhana yang Mewah, Modern dan Mempesona 2018

Tanyakanlah kepada teman atau saudara. Cat yang pas untuk warna dengan desain rumah yang pas. Dan mungkin anda jika di perbincangkan dengan orang yang mempunyai pengetahuan tentang desain maka anda akan memiliki banyak pilihan untuk mendekor rumah anda. Jangan terlalu banyak berbincang dengan orang yang memiliki kualitas atau nilai seni yang jelek.

Karena pada dasarnya jika anda ingin mendekor dan mengubah teras anda, sebetulnya tidak menghabiskan uang yang sedikit. Jadi sebelum anda menyesal, lebih baik anda mengambil langkah aman. Tidak hanya membaca di Internet dan menonton youtube. Tetapi orang yang berpengalaman. Entah itu orang yang kuliah di jurusan desain interior ataupun orang yang mempunyai wawasan mengenai perdesainnan.

Itulah kiranya yang dapat saya share tentang teras rumah minimalis. Semoga bermanfaat, dan selamat mendesain.