Tips Kombinasi Warna Cat Rumah

Berbicara tentang rumah, maka tak akan lepas dari pembahasan konsep interior dan konsep eksterior. Dua konsep ini memang memang tidak bisa dipisahkan, karena untuk membangun sebuah rumah harus selaras antara interior dan eksteriornya agar tercipta rumah yang indah dan nyaman. Salah satu contohnya adalah warna cat tembok yang digunakan harus berkualitas dan selaras dengan konsep rumah tentunya. Baik konsep interior maupun eksteriornya.

Pemilihan dan perpaduan warna pada tembok rumah tergantung selera dari pemilik rumah itu sendiri. Memilih kombinasi warna cat rumah tidak bisa dijadikan sebagai ajang eksperimen saja, karena hal itu bisa mengacaukan konsep warna yang diinginkan.

Konsep warna pada rumah minimalis memang sangatlah beragam, mulai dari konsep warna yang natural, monokrom, warna cerah, bahkan sampai da yang memakai konsep warna pelangi. Hal itu memang sah sah saja, karena tergantung dengan selera masing-masing dan yang terpenting mendapatkan rasa yang nyaman.

Inilah Tips Kombinasi Warna Cat Rumah

Mempunyai rumah yang indah dan nyaman merupakan keinginan semua orang, baik dari segi interior maupun dari segi eksteriornya. Oleh karena itu, pintar-pintarlah dalam memilih kombinasi warna cat rumah.

Jadi, sebelum membangun rumah hendaknya anda tentukan dulu tema rumah dan warna yang ingin anda gunakan dan tonjolkan. Jangan takut dalam memilih warna-warna yang cerah, karena bisa saja warna-warna itu bisa membuat rumah anda menjadi lebih hidup.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam mengecat rumah, yaitu :

  1. Bersihkan dinding terlebih dahulu dan pastikan permukaan pada dinding terbebas dari debu. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air dan menggosoknya dwngan spons, kemudaian gunakan amplas untuk memperhalus dinding.
  2. Lindungi bagian dinding yang tidak di cat atau bagian pembatas warna cat dengan menggunakan lakban atau dengan koran.
  3. Tutup bagian dinding yang retak dengan menggunakan dempul atau plamir tembok, kemudian ratakan dengan amplas sampai halus. Dan jangan lupa untuk mengoleskan cat primer sebelum pengecatan untuk mendapatkan hasil yang cantik dan mengkilap.
  4. Gunakan kuas kecil untuk mengecat bagian dinding yang sulit dicat, seperti bagian sudut dinding. Namun gunakan roller untuk bagian dinding yang luas.
  5. Gunakan teknim zig-zag dalam mengecat rumah agar dinding tertutup rata, sepeeti gerakan dari atas kebawah, atau dari kiri ke kanan. Lakukan secara berulang sampai dinding terlihat rata. Diamkan selama 3 jam, lalu lapisi kembali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  6. Jika hasilnya kurang memuaskan, ulangi kembali proses tersebut sampai berhasil dengan sempurna. Dan jika ada cat yang menetes ke lantai, bersihkan dwngan kain basah atau bisa menggunakan dengan tuner.
READ  Tips Membuat Desain Rumah Idaman Minimalis

Adapun beberapa saran kombinasi rumah yang baik seperti warna hijau tosca, putih dan bitu tua, abu tua, abu muda dan putih, warna merah menyala dengan putih, kuning dengan hijau, ungu muda, ungu tua dan putih, dan mas8h banyak lagi. Untuk kombinasi warna bosa mengokuti selera masing- masing.