Tips Memilih dan Memasang Wallpaper Dinding Kamar

Kamar haruslah didesain sedemikian rupa agar memunculkan rasa nyaman bagi pemiliknya. Salah satu elemen pelengkap dekorasi untuk kamar ialah wallpaper. Anda bisa menambahkan wallpaper dinding kamar untuk membuat suasana kamar anda lebih hidup dan menarik. Saat ini sudah banyak dijual wallpaper dinding dengan berbagai motif dan ukuran yang bisa disesuaikan kebutuhan anda. Harganya pun relatif terjangkau dan biasanya anda bisa membeli secara meteran. Sehingga anda tidka perlu khawatir jika hanya ingin memasang wallpaper hanya disebagian dinding saja.

Wallpaper Dinding Kamar

Memilih dan memasang wallapper dinding kamar yang tepat

Dalam memilih wallpaper dinding untuk kamar, sebaiknya anda memperhatikan hal-hal berikut:

  • Ukur luas kamar terlebih dahulu karena biasanya wallpaper dijual meteran sehingga anda harus tau persisi ukuran luas kamar anda sendiri. Dengan begitu, anda tidak akan kebingungan ketika membelinya.

  • Pilih bahan wallpaper berkualitas agar lebih tahan lama. Ada banyak pilihan material pembuat wallpaper. Ada yang terbuat dari kertas, vinyl, dll, jika anda tipe yang mudah bosan, maka tidak mengapa membeli wallpaper dengan harga murah dengan tujuan agar anda bisa mudah menggonta-ganti wallpaper. Namun jika anda ingin wallpaper yang awet, pastikan memilih yang memiliki bahan berkualitas sekalipun harganya sedikit lebih mahal.

  • Pilihlah motif wallpaper sesuai dengan konsep desain interior. Ada banyak motif wallapper yang tersedia dipasaran mulai dari motif polos, bunga, karakter, sampai model 3D. Semakin kompleks motifnya memang biasanya semakin mahal harganya. Namun jika sesuai dengan selera anda, kenapa tidak?

  • Pilih wallpaper berwarna terang dengan motif simetris dan simpel jika anda ingin membuat kamar anda terlihat lebih luas. Namun jika kamar anda dirasa terlalu luas dan memiliki banyak ruang tersisa, maka anda bisa memilih wallpaper dengan warna-warna bold disertai dengan motif yang lebih kompleks dan bervariasi sehingga ruangan tidak terlihat hampa.
READ  Tips Memilih Model Plafon Kamar Tidur

Tips dalam memasang wallpaper dinding kamar

Wallpaper memang praktis untuk dipasang dan bahkan tanpa bantuan profesional sekalipun. Namun untuk membantu anda mempermudah pemasangan wallpaper agar hasilnya memuaskan, berikut beberapa tipsnya:

  • Bersihkan area dinding yang akan anda pasangi wallpaper terlbih dahulu agar bebas dari berbagai debu serta kotoran lain yang menempel. Ini juga berfungsi agar wallpaper nantinya bisa menempel dengan sempurna didinding kamar anda.
  • Kemudian, pilih lem yang berkualitas bagus agar wallpaper tidak mudah lepas dari dinding. Anda bisa membuat lem sendiri namun membutuhkan waktu lebih lama. Atau anda bisa memebli lem yang banyak dijual dipasaran. Namun pastikan untuk membeli lem berkualitas tinggi.
  • Agar pemasangan lebih mudah, lakukan kalkulasi dengan mengukur dan menandai bagian-bagian dinding yang akan dipasangi wallpaper. Dengan begitu, wallpaper nantinya akan terpasang secara simetris.
  • Lakukan pemotongan wallpaper dengan hati-hati dan seksama. Ini salah satu bagian tersulit karena anda harus mengkalkulasi dengan teliti. Pastikan anda melebihkan ukuran yang akan dipotong 5-10 centi meter. Jika memang kelebihan, maka anda bisa memotongnya nanti saat finishing touch. Dan ini lebih baik dibanding anda memotong kurang dari ukuran yang seharusnya karena wallpaper akan tanggung dan menggantung.
  • Agar wallpaper dinding kamar menempel sempurna, anda bisa menggunakan roller untuk meratakan lem dengan benar. Lakukan rolling secara perlahan agar lem bisa meresap dengan baik. Setelah selesai menempelkan wallpaper ke dinding, lakukan pengecekan untuk sisa-sisa lem. Ini berfungsi agar sambungan-sambungan dan finishingnya sempurna.