Memilih Wallpaper Ruang tamu Yang Tepat

Dijaman sekarang ini, hampir semua orang menginginkan hal yang lebih praktis dan mudah. Itulah salah satu alasan mengapa memasang wallpaper ruang tamu lebih dipilih dibandingkan dengan mengecatnya. Ruang tamu menjadi bagian yang cukup penting pada rumah sebagai tempat untuk menyambut dan menjamu tamu yang datang berkunjung ke rumah anda. Dekorasi ruang tamu haruslah memberikan kesan nyaman dan terbuka. Saat ini memasang wallpaper untuk ruangan lebih dipilih dengan alasan lebih praktis dan mudah untuk dikerjakan. Beda halnya dengan mengecat dimana membutuhkan lebih banyak biaya dan proses yang lebih lama. Untuk itu wallpaper lebih banyak digemari sebagai bagian pada desain interior.

Wallpaper ruang tamu

Alasan lain mengapa wallpaper lebih digemari ialah karena ia memiliki berbagai pilihan motif sehingga ruangan lebih memiliki variasi yang memberikan nilai tambah pada estetikanya. Sedangkan jika hanya mengandalkan cat maka tidak banyak motif atau aksen yang bisa diciptakan terkecuali dengan request khusus dan itupun akan membutuhkan biaya yang lebih besar. Namun perlu diketahui bahwa memilih wallpaper untuk ruangan dirumah anda termasuk ruang tamu tidak bisa sembarangan. Ada berbagai pertimbangan yang mesti anda libatkan ketika memilih wallpaper untuk mendekorasi desain interior ruang tamu anda:

Bahan – Wallpaper ruang tamu terdiri dari bahan yang berbeda. Setiap bahan memiliki karakteristik tersendiri. Tidak ada bahan bagus atau jelek. Namun anda harus memilih sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk memilih bahan yang berkualitas agar tahan lama. Berikut beberapa jenis bahan material pembuat wallapper:

  • Vynil – Bahan ini sedang trend saat ini karena bahannya yang bagus dan tahan lama. Selain itu, permukaan wallpaper berbahan vynil juga sangatlah halus. Wallpaper berbahan vynil memiliki efek yang lebih terlihat natural.

Wallpaper ruang tamu Vinyl

 

  • Foil – Ada juga wallpaper berbahan foil yang bisa anda pilih. Bahan ini cenderung lebih glossy. Bahan ini juga memiliki kualitas bagus dan cocok untuk ditempatkan diruang tamu yang frekuensi kunjungannya intens karena bahan ini tidak mudah kotor.

Wallpaper ruang tamu foil

  • Paper – Bahan paper banyak dipilih karena dari segi harga lebih murah dibanding bahan lainnya. Motifnya juga beragam karena materialnya mudah untuk mencetak berbagai aksen dan motif. Namun dari segi pemasangan, bahan paper memang lebih simpel.

Wallpaper ruang tamu paper

Motif dan efek – Wallpaper terdiri dari berbagai motif yang bisa anda pilih sesuai keinginan. Pastikan untuk memilih motif yang sesuai dengan konsep desain interior ruang tamu anda. Ada wallpaper yang memiliki motif polos, namun ada juga pula yang memiliki motif 2D bahkan 3D sehingga motifnya lebih terlihat nyata. Misalnya saja jika ruang tamu anda memiliki desain interior natural, maka anda bisa memasang wallpaper dengan motif bata atau kayu berefek 3D. Ruang tamu akan terlihat lebih hidup dan tidak membosankan. Wallpaper juga ada yang memiliki efek permukaan glossy, kasar, ataupun beraksen. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

READ  Hal-Hal Yang Anda Butuhkan Untuk Dekorasi Rumah Minimalis

Jenis – Wallpaper memiliki berbagai jenis yaitu jenis tile dan juga jenis wallpaper roll atau gulung. Jenis tile biasanya sudah dipaket sesuai ukuran tertentu. Jika anda hanya menggunakan wallpaper sebagai aksen tambahan maka jenis wallpaper seperti lebih direkomendasikan. Namun jika anda ingin memasang wallpaper pada keseluruhan interior ruang tamu, maka lebih disarankan memilih wallpaper ruang tamu roll atau gulung. Wallpaper jenis ini bisa dibeli sesuai kebutuhan. Pastikan anda mengetahui ukuran ruang tamu anda sebelum membeli wallpaper roll.