10 Referensi Desain Halaman Belakang Rumah

10 Referensi Desain Halaman Belakang Rumah

Desain halaman belakang rumah yang kerap kali jadi pilihan orang atau keluarga untuk bersantai. Suasana yang damai serta jauh dari jalan raya, sangat cocok untuk menentramkan pikiran sewaktu dengan keluarga.

Tetapi, hal tersebut tidak dapat diwujudkan, apabila halaman belakang di rumah anda kosong atau mungkin tidak tertata dengan rapi.

10 Referensi Desain Halaman Belakang Rumah Yang Harus Anda Terapkan

Untuk anda yang mempunyai lahan yang tersisa di belakang rumah, anda dapat memakainya untuk membuat taman halaman belakang rumah dengan berbagai desain menarik. Karena itu, berikut ini ada beberapa desain halaman belakang rumah minimalis yang bisa menjadi ide untuk dijadikan referensi anda :

Baca Juga : 10 Desain Rumah 3 Kamar Paling Menarik

1. Desain Mini Zen Garden

10 Referensi Desain Halaman Belakang Rumah

Area belakang rumah anda tidak begitu luas? tidak menjadi masalah, mini zen garden cocok diaplikasikan pada desain taman halaman belakang rumah yang kecil. Zen garden tidak membutuhkan ruang yang luas, anda dapat menyimpan berbagai komponennya seperti batu, pasir, lentera serta beragam tanaman Jepang.

Zen garden sendiri merupakan rancangan taman yang berasal dari Jepang, tetapi sudah banyak diaplikasikan di Indonesia. Taman ini dapat memberikan situasi yang sejuk, bahkan juga di Jepang, zen garden disebut mempunyai kegunaan bisa menghilangkan rasa stress.

2. Desain Halaman Belakang Rumah Minimalis Tradisional

10 Referensi Desain Halaman Belakang Rumah

Desain tradisional umumnya erat dengan nilai budaya, desain halaman belakang rumah sederhana yang tradisional tersebut terbentuk karena terdapatnya kursi kayu. Namum biasanya juga terdapat patung dengan versi Bali serta beberapa tanaman ciri khas Indonesia, yaitu pohon pisang dan kelapa.

3. Desain Taman Mediterania

10 Referensi Desain Halaman Belakang Rumah

Konsep desain halaman belakang rumah simpel ini kerap kita temui di beberapa rumah yang ada di wilayah Indonesia. Membuat taman mediterania tidak sesulit yang anda pikirkan. Ciri khas utama taman ini adalah rumput St. Augustine atau juga bisa disebutkan dengan rumput kerbau dan bermacam bebatuan.

Tidak hanya itu, anda juga dapat menempatkan beberapa tanaman tropis seperti agave, yucca nolina dan tanaman bonsai. Dalam taman mediterania, anda bisa juga menambah beragam ornament seperti lentera, bangku, patung.

4. Desain Nuansa Tropis

10 Referensi Desain Halaman Belakang Rumah

Desain halaman belakang rumah minimalis yang satu ini sesuai dengan cuaca tropis yang ada di Indonesia. Kombinasi ornamen kayu, warna pastel dan berbagai tanaman tropis memperlihatkan khas Bali yang kental.

5. Desain Modern Bohemian

10 Referensi Desain Halaman Belakang Rumah

Untuk mengaplikasikan ide ini, pilih ornamen yang minimalis agar kelihatan santai, dan berikan dak kayu serta tapak batu akan memberi penampilan yang lebih rapi pada halaman belakang rumah anda. Tambahkan juga rumput-rumputan dan beberapa tanaman supaya terlihat lebih nyaman.

6. Desain Halaman Belakang Rumah Dengan Gazebo

10 Referensi Desain Halaman Belakang Rumah

Desain halaman belakang rumah simpel yang satu ini cukup berguna, selain menjadi tempat bersantai, gazebo di halaman belakang bisa juga dipakai untuk menerima tamu. Bila anda ingin situasi mengobrol yang lebih nyaman, penempatan gazebo di halaman belakang cocok untuk berkumpul bersama teman-teman.

Tidak perlu dekorasi yang terlalu banyak, cukup taruh meja dan sofa yang sekiranya cukup untuk beberapa tamu anda. Lalu anda bisa menyediakan makanan dengan ditemani ornamen lampu taman dan beberapa tanaman jika dibutuhkan.

7. Desain Halaman Belakang Rumah Modern Minimalis

10 Referensi Desain Halaman Belakang Rumah

Sama dengan namanya, desain halaman belakang rumah minimalis tidak begitu memerlukan banyak ornamen. Anda cukup memberikan kursi siku-siku dan tambahan bantal serta sejumlah pepohonan kecil. Dengan begitu, belakang halaman rumah anda akan tampak mewah dan minimalis.

8. Berikan Taman Bermain Anak Pada Halaman Belakang Rumah

10 Referensi Desain Halaman Belakang Rumah

Jika anda mempunyai sejumlah anak yang masih berumur 2-5 tahun, maka desain yang satu ini dapat diaplikasikan, apalagi jika anda mempunyai halaman belakang rumah yang luas namun masih kosong. Halaman belakang pada rumah anda dapat diubah menjadi taman bermain yang membahagiakan. Anda juga dapat menambah permainan seperti ayunan dan seluncuran.

Sama seperti yang kita ketahui, anak-anak yang masih berumur 2-5 tahun cenderung aktif dan suka berlarian. Karena itu, kemungkinan anda bisa menyisakan halaman belakang yang sedikit luas dan menanaminya dengan rumput-rumputan supaya lebih aman. Juga bisa memberikan bangku dan meja yang bisa anda pakai untuk mengawasi aktivitas anak.

9. Desain Klasik Pada Halaman Belakang Rumah Anda

10 Referensi Desain Halaman Belakang Rumah

Desain klasik pada umumnya didominasi dengan ornamen atau interior dari kayu seperti contoh desain halaman belakang rumah minimalis klasik ini. Untuk menunjukkan kesan klasik, terdapat dak kayu seperti panggung dan dekorasi kayu dengan ukiran.

10. Desain Halaman Belakang Rumah Mewah

10 Referensi Desain Halaman Belakang Rumah

Suasana halaman belakang rumah sederhana bukan tidak mungkin untuk di desain halaman belakang yang sangat mewah. Untuk mendatangkan kesan mewah, anda bisa memadukan lantai marmer dan beberapa interior klasik serta tambahkan lampu warna kuning.

Desain halaman belakang rumah ini akan membedakan pada area indoor dan area outdoor, serata akan membuat halaman belakang rumah anda merasa lebih luas.

Tapi tetap saja, kembali ke ide ramah lingkungan, akan lebih bagus bila anda menambah beragam tanaman, bunga dan rumput di tempat halaman belakang rumah anda. Selain kelihatan mewah, halaman belakang anda akan berkesan sejuk dan nyaman.

Sumber : Wikipedia