3 Macam Rumah Adat Indonesia Terpopuler

3 Macam Rumah Adat Indonesia Terpopuler

Rumah Adat indonesia Indonesia sungguh kaya baik alamnya maupun budayanya. Di Indonesia terdapat ribuan suku bangsa yang mendiami sepanjang wilayah kepulauan negara ini.Setiap suku bangsa memiliki unsur kebudayaan mulai dari bahasa, upacara adat, tari tradisional, makanan.

Rumah adat merupakan salah satu representasi kebudayaan yang paling tinggi dalam sebuah komunitas suku/masyarakat.

Keberadaan rumah adat di Indonesia sangat beragam dan mempunyai arti yang penting dalam perspektif sejarah, warisan, dan kemajuan masyarakat dalam sebuah peradaban.

3 Macam Rumah Adat Indonesia Terpopuler

Rumah adat pun juga memiliki berbagai macam – macam, simak 3 macam rumah adat yang ada di indonesia. Simak daftar rumah adat indonesia berikut ini :

1. Rumah Adat Betawi3 Macam Rumah Adat Indonesia Terpopuler

Rumah adat indonesia ini memang tidak banyak yang tahu, bahwa sesungguhnya nama tempat tinggal asli suku Betawi merupakan rumah kebaya. Sekilas namanya terdengar misalnya jenis pakaian nasional. Namun, tahukah anda mengapa tempat tinggal ini diklaim menjadi rumah kebaya?

Disebut dengan rumah kebaya karena bentuk atap yang menyerupai pelana yang dilipat dan apabila dilihat dari samping maka lipatan-lipatan tersebut terlihat seperti lipatan kebaya.

Berbeda dengan rumah zaman serba modern ini, di mana ruang keluarga biasanya ada di dalam rumah. Tetapi di rumah kebaya, teras luar inilah tempat favorit keluarga untuk bersenda gurau.

Diteras, terdapat menggunakan kursi bale-bale yang di buat dari rotan, bambu, atau kayu jati yg disebut amben. Lantai teras diberi nama gejogan, yang mempunyai simbol penghormatan pada tamu.

Gejongan ini dianggap sakral atau kramat, karena berhubungan langsung dengan tangga masuk bernama balaksuji, yakni penghubung rumah dengan area luar.

Masyarakat betawi membuat sumur pada depan tempat tinggal & pemakaman yg berada pada samping tempat tinggal . Keberadaan makam di samping tempat tinggal adalah tradisi lawas rakyat betawi.

Orang betawi saat membuka ventilasi kamar, pemandangan pertama yg ditinjau merupakan makam. Selain itu, menggunakan adanya makam, sanak saudara yang tidak tinggal pada tempat tinggal tersebut mampu berziarah tanpa wajib menempuh jeda jauh.

Namun, seiringnya perkembangan zaman & lahan yang kian terbatas, tradisi menyimpan makam di dekat tempat tinggal telah mulai ditinggalkan.

Rumah kebaya mempunyai dinding tempat tinggal yang terbuat menurut panel-panel yang bisa dibuka & digeser-geser sampai ke tepi. Tujuannya supaya tempat tinggal terasa lebih luas. Selain itu, sirkulasi udara pun akan terjadi tanpa sekat.

2. Rumah Adat Joglo3 Macam Rumah Adat Indonesia Terpopuler

Rumah adat indonesia selanjutnya rumah adat joglo, rumah adat joglo adalah rumah tradisional jawa yang biasanya dibuat dari kayu jati. Atap yang berbentuk piramida seperti gunung ini bernama tajug.

Dari sinilah nama joglo berasal, yaitu “tajug” dan “loro” yang artinya penggabungan dua tajug, makna tajug pada atap rumah dipilih karena menyerupai bentuk gunung. Sedangkan bentuk gunung dipilih karena menurut kepercayaan adat jawa, gunung merupakan simbol dari segala hal yang sakral atau tempat  tinggalnya para dewa-dewa.

Dalam ruang tempat tinggal keluarga disebut dengan dalem, biasanya di dalem memiliki kamar-kamar yang disebut senthong.

Biasanya terdapat 3 kamar yang berada didalam dalem, kamar pertama buat para laki-laki, kamar ketiga buat kamar perempuan. Sedangkan kamar ke 2 adalah kamar yang paling kudus yg dianggap menggunakan krobongan.

Kamar ini tetap diisi menggunakan perabotan kamar yang lengkap tetapi wajib dikosongkan. Kamar ini manfaatnya buat ruangan loka menyimpan pusaka & ruang pemujaan buat Dewi Sri.

3. Rumah Adat Betang3 Macam Rumah Adat Indonesia Terpopuler

Rumah adat indonesia terakhir selanjutnya, Rumah betang yang merupakan sebuah nama lain berdasarkan rumah panjang merupakan tempat tinggal spesial suku dayak. Ukuran tempat tinggal ini akbar menggunakan panjang 100 meter, lebar 15 meter dan tinggi 5 meter berdasarkan tanah.

Ruangan tengah rumah adalah tempat pemimpin sementara orang menggunakan peringkat rendah berada pada area dekat pintu masuk tempat tinggal. Di rumah ini terdapat satu teras panjang sebagai tempat pertemuan, ritual, upacara, dan kegiatan lainnya.

Ciri dari rumah ini adalah patung kayu hampatong yang bertujuan untuk menghormati leluhur yang telah meninggal. Mereka mempercayai bahwa kayu itu bisa melindungi penghuni dari penyakit dan roh jahat.

Rumah betang yang tersisa pada masyarakat dayak merupakan contoh kehidupan budaya tradisional yang mampu bertahan dan beradaptasi dengan lingkungan.

Kiranya perlu diungkapkan lebih jauh faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat dayak dapat mempertahankan rumah betang mereka tersebut.

Masyarakat dayak memiliki naluri untuk selalu hidup bersama secara berdampingan dengan alam dan warga masyarakat lainnya. Itulah beberapa contoh tentang rumah adat Indonesia yang unik dan menarik.