5 Desain Unik Rumah Adat di Indonesia

Desain Rumah Adat di Indonesia – Indonesia dikenal dengan berbagai jenis suku bangsa yang sangat beragam. Hal tersebut yang menjadikan Indonesia sangat kaya akan seni adat dan daerah dari setiap wilayahnya. Ada juga bentuk desain unik rumah ada di Indonesia yang sangat menarik dan indah untuk dilihat.

Kali ini saya akan memberikan informasi tentang 5 desain unik rumah adat yang ada di Indonesia yang mungkin bisa Anda implementasikan bebrapa desain rumah adat ini kedalam bangunan rumah Anda.

5 Desain Unik Rumah Adat di Indonesia

1. Rumah Adat Aceh – Rumoh Aceh

Rumoh Aceh

Rumah adat Aceh atau yang sering disebut dengan sebutan Rumoh Aceh adalah sebuah bentuk desain rumah yang berasal dari suku di daerah Aceh. Rumah ini bertipe rumah panggung dengan adanya 3 bagian utama dan 1 bagian tambahan. Tiga bagian utama dari rumah aceh adalah seuramoe keue (serambi depan), seuramoe teungoh (serambi tengah) dan seuramoe likot (serambi belakang).

Sedangkan 1 bagian tambahnnya yaitu rumoh dapu (rumah dapur). Pada desain rumah adat Aceh ini, memiliki tempat khusus pada bagian atas atap rumah yang digunakan sebagai tempat menyimpan benda pusaka dari keluarga itu sendiri. Desain dari rumah ini sangat menarik dan unik dengan model rumah panggung yang terlihat kokoh dan tinggi besar pada rumah tersebut.

2. Rumah Gadang – Sumatra Barat

Rumah Gadang

Rumah Gadang adalah nama untuk rumah adat yang berasal dari suku Minangkabau yang ada di Sumatra Barat Indonesia. Memiliki sebutan lain dengan sebutan Rumah Bagonjong menjadikan rumah ini semakin unik selain dengan desain dan sebutan nama dari rumah adat ini.

Untuk mengetahui lebih jelas bentuk bangunannya Anda bisa langsung mengunjungi tempat wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang ada di daerah khusus ibu kota Jakarta dan menyediakan berbagai jenis rumah adat lainnya yang ada di Indonesia.

3. Rumah Kebaya – DKI Jakarta

Rumah Kebaya

Rumah adat yang satu ini adalah salah satu jenis rumah adat yang ada di Indonesia yang berasal dari daerah khusus ibu kota Indonesia, yaitu Jakarta. Mungkin saat ini sudah jarang untuk bisa menemukan jenis rumah adat ini di daerah Jakarta, namun masih bisa Anda kunjungi jenis Rumah Kebaya ini di tempat cagar budaya seperti Taman Mini Indonesia yang juga banyak memiliki berbagai jenis rumah adat yang ada di Nusantara Indonesia ini.

4. Rumah Joglo – Jawa Tengah

Rumah Joglo

Rumah Joglo yang berasal dari daerah Jawa Tengah ini bisa dibilang rumah yang sangat unik dan memiliki desain tampilan luar yang cukup simpel. Banyak filosofi yang terdapat didalam bentuk rumah yang simpel ini jika ingin Anda ketahui. Singkatnya rumah ini memiliki desain dan warna yang cukup lembut dan sangat menarik untuk bisa di masukkan kedalam bangunan rumah yang ingin Anda tempati.

5. Rumah Panjang (Rumah Radank) – Kalimantan Barat

Rumah Panjang

Rumah Panjang atau Rumah Radank ini adalah salah satu rumah adat dari daerah Kalimantan Barat. Rumah Panjanga adalah salah satu jenis ciri khas dari masyarakat Dayak yang berada di daerah Kalimantan Barat. Saat ini, rumah panjang di Kalimantan Barat dapat dikatakan hampir punah karena jumlahnya yang terbilang sedikit.

Pada tahun 1960, beberapa oknum pemerintah menghancurkan beberapa jenis rumah panjang karena dicurigai menganut paham komunis. Tapi mungkin saat ini masih ada beberapa jenis rumah ada ini yang bisa Anda kunjungi di daerah Kalimantan Barat atau di cagar budaya untuk melihat bentuk rumahnya.

Demikian beberapa desain rumah adat yang terbilang cukup unik yang mungkin bisa Anda tiru untuk menjadi bagian desain rumah Anda.

Untuk mengetahui secara detail dan melihat secara langsung, Anda bisa mengunjungi daerah – daerah yang sudah saya sebutkan sebelumnya dan sekaligus berwisata jalan – jalan di Indonesia untuk mendapatkan bayangan atas gambaran yang telah saya jelaskan.