5 Rekomendasi Desain Rumah Adat Jawa Tengah Harus Kamu Lihat

5 Rekomendasi Desain Rumah Adat Jawa Tengah 2021

Rumah adat Jawa tengah – dapat dinamai rumah Joglo. Nama Joglo diambil dari wujud atap rumah Joglo yang serupa wujud gunung. Dalam filosofi Jawa, gunung adalah daerah yang tinggi serta keramat.

Rumah Joglo adalah rumah tradisional yang punyai material penting dari kayu jati. Rata-rata Joglo dibuat oleh orang dengan status sosial tinggi seperti golongan bangsawan atau kerajaan, lantaran perlu cost yang besar.

Wujud rumah adat Jawa tengah ini terbagi dalam 16 sisi yaitu disebut molo, ander, geganja, pengeret, santen, sunduk, kili, pamidangan, dhadha peksi, peniti, penangkar, emprit, kecer, dudur, elar, serta songgo-uwang.

Serupa dengan Jawa tengah, rumah adat Jawa Timur dikenal juga berikut nama joglo, perbedaanya dengan Joglo Jawa tengah, atap Joglo Jawa Timur sedikit simpel.

Joglo Jawa Timur terdiri jadi dua area penting, adalah pendopo serta tempat belakang pendopo berada di muka serta digunakan buat terima tamu atau menggelar percakapan.

Area belakang terbagi dari kamar serta dapur keluarga biasa kumpul serta melakukan kegiatan keseharian di ruangan belakang.

Akan halnya jenis rumah adat Jawa Timur yang dapat ditemui adalah Rumah Limasan Trajumas Gurauan, Rumah Joglo Hageng, Joglo Situbondo, Joglo Sinom, serta Joglo Pangrawit.

5 Rumah Adat Jawa Tengah Sebagai Desain Rumah

Pulau Jawa di Indonesia terdiri dari 3 sisi, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa tengah. Bicara berkenaan Jawa tengah, sama dengan arah rekreasi. Tetapi, lainnya sama dengan tempat rekreasi, Jawa tengah sama dengan riwayat, hal ini terhitung rumah adat Jawa tengah. Mari kita simak, 5 jenis rumah adat Jawa tengah dan keteranganya:

1. Rumah Adat Kampung5 Rekomendasi Desain Rumah Adat Jawa Tengah 2021

Rumah adat jawa tengah ini seperti rumah adat Joglo. Tetapi, rumah adat Kampung ini diperuntukkan sebagai rumah untuk rakyat biasa atau kelompok sosial menengah ke bawah seperti petani, karyawan pasar, dan peternak.

Ciri-ciri khusus rumah ini adalah mempunyai jumlah tiang berkelipatan 4. Bangunan tempat tinggalnya berupa segi panjang dan mempunyai 2 lapis tiang untuk menyokong atap rumah. Tiang penyangganya dibuat dari usuk, balok, dan kayu reng yang karakternya kuat. Umumnya rumah adat jawa tengah mempunyai teras di muka dan belakang rumah.

Di atas adalah 5 jenis rumah adat Jawa tengah dan keteranganya. Selainnya rumah adat Jawa tengah, ada banyak kembali rumah adat yang paling unik untuk Anda kenali dan tentu saja baik sekali untuk menambahkan wacana Anda berkenaan Indonesia yang paling kaya budaya.

2. Rumah Adat Panggang Pe5 Rekomendasi Desain Rumah Adat Jawa Tengah 2021

Dibanding dengan rumah adat jawa tengah lain, rumah adat yang satu ini terhitung rumah adat yang paling simpel. Rumah adat Panggang Pe mempunyai wujud dasar dari beragam bangunan rumah adat lainnya.

Mempunyai tiang penyangga sejumlah 4 atau 6 yang simpel, hingga rumah adat ini cuman berperan sebagai warung untuk jualan atau pos penjaga yakni siskamling atau sejenisnya.

3. Rumah Adat Tajug5 Rekomendasi Desain Rumah Adat Jawa Tengah 2021

Berlainan dengan ide rumah adat jawa tengah lainya, rumah adat Tajug ini dibikin tidak untuk ditempati tetapi untuk melakukan beribadah. Maka itu, rumah adat jawa tengah ini tidak boleh dibuat asal-asalan. Salah satunya contoh rumah adat Tajug yang paling terkenal di Indonesia adalah Mushola Agung Demak.

Rumah adat jawa tengah Tajug ada banyak jenis, yakni Simbol Sari, Mangkurat, Semar Tinandhu, dan Semar Sinongsong. Atap rumah adat ini mempunyai wujud yang nyaris serupa dengan atap rumah adat Joglo. Ujung atap rumah adat ini berupa segitiga yang menyimbolkan keabadian dan keesaan Tuhan.

4. Rumah Adat Jawa Tengah Limasan

5 Rekomendasi Desain Rumah Adat Jawa Tengah 2021

Rumah adat jawa tengah Limasan ini merujuk pada atapnya yang berupa limas. Atap rumah adat ini mempunyai 4 segi dan sekilas serupa dengan rumah adat Sumatera Selatan. Tetapi rumah adat ini terdiri beragam jenis loh yakni Lelucon,Gajah Mungkur, Klabang Nyander, dan Semar Pinondhong.

Rumah adat ini umumnya dibuat bermaterial bata bata yang kuat, dan antiknya rumah adat Limasan ini tidak dicat atau dibalut susunan yang lain namun tetap kelihatan cantik meskipun simpel.

5. Rumah Adat Jawa Tengah Joglo5 Rekomendasi Desain Rumah Adat Jawa Tengah 2021

Pada intinya, rumah adat Jawa tengah dulu membuat rumah berdasarkan peranan dan status sosial. Rumah adat Joglo ini dikenali sebagai rumah untuk beberapa bangsawan atau orang kaya.

Hal ini karena rumah ini dengan bahan khusus kayu yang tambah mahal dan tentu saja berkualitas.Rumah ini mempunyai ciri-ciri – ciri-ciri yakni ada empat tiang khusus pada depan rumah.

Di dalam ruang ada 2 sisi, Sisi rumah induk seperti Pendopo, Emper, pringgitan, Senthong tengah, Senthong Kiwa, Senthong engen. Dan sisi rumah tambahan ada ruang Gandhok.