5 Rumah Adat Papua Yang Bisa Menjadi Refrensi Desain Rumah Kamu

5 Rumah Adat Papua Yang Bisa Menjadi Refrensi Desain Rumah Kamu

Rumah adat Papua sangat unik dan sudah pasti sama dengan rumah adat lainnya mempunyai makna yang dalam. Nama rumah adat honai misalkan datang dari kata “Hun” yang memiliki arti laki – laki dan “ai” yang memiliki arti rumah.

Dan rumah ebai datang dari kata “Ebe” yang memiliki arti badan dan “ai” yang memiliki arti rumah. Secara harfiah, desain rumah ebai memiliki arti rumah badan tetapi bila diolah lebih jauh maka rumah ebai memiliki arti (wanita) adalah tubuh untuk seseorang saat sebelum lahir ke dunia.

Indonesia sebagai negara kepulauan yang mempunyai bermacam suku dan budaya. Keberagaman itu kelihatan dari beragam desain rumah adat yang mempunyai keunikan setiap wilayahnya.

Menurut Abdul Azis Said dalam buku “Simbolisme Elemen Visual Rumah Tradisionil Toraja”, rumah adat adalah satu bangunan dengan susunan, cara membuat, wujud, peranan, dan macam hias yang mempunyai keunikan tertentu dan diturunkan secara turun-temurun agar bisa dipakai sebagai rumah oleh warga sekelilingnya.

Keaneka Ragaman Rumah Adat Papua

Ada banyak kekhasan yang ada di rumah adat Papua, yaitu:

  1. Rumah Honai memiliki bentuk serupa sekali dengan jamur memiliki ukuran besar.
  2. Rumah adat Papua terdiri ke tiga jenis, berdasar jenis kelamin dan lokasinya. Yaitu rumah untuk golongan pria, kaum hawa dan untuk hewan ternak.
  3. Dapat dipakai juga untuk simpan hasil kebun atau kebun.

Rumah Adat Papua Indonesia

Selama ini kemungkinan kita hanya mengetahui honai sebagai rumah adat Papua. Rupanya, tidak cuma honai saja lho yang terhitung ke rumah adat Papua! Berikut ini akan kita lihat 5 rumah adat papua yang sangat mengagumkan dari popularitasnya :

1. Rumah Kariwari5 Rumah Adat Papua Yang Bisa Menjadi Refrensi Desain Rumah Kamu

Rumah adat papua kariwari yang disebut rumah adat suku Tobati – Enggros yang tinggal di dekat Danau Sentani. Serupa dengan rumah rumsram dan rumah honai, rumah kariwari diutamakan untuk laki – laki mulai usia 12 tahun. Model rumah kariwari seperti limas segi delapan dengan atap berupa kerucut. Bangunan ini benar-benar kuat meredam getaran angin.

2. Rumah Rumsram5 Rumah Adat Papua Yang Bisa Menjadi Refrensi Desain Rumah Kamu

Rumah adat Papua Rumsram adalah rumah adat suku Biak Numfor. Rumah ini mempunyai wujud yang unik yaitu seperti perahu kebalik. Bentuk rumah adat rumsram tentu saja dikuasai oleh rutinitas dan pola hidup suku Biak Numfor yang tinggal pada bagian pantai utara Papua.

Rumah rumsram hanya bisa dimasuki oleh laki – laki karena disini beberapa lelaki belajar beragam ketrampilan dan meningkatkan talenta seperti mengukir, membuat perahu dan lain-lain.

3. Rumah Wamai5 Rumah Adat Papua Yang Bisa Menjadi Refrensi Desain Rumah Kamu

Rumah adat Papua ke-3 yaitu rumah wamai adalah rumah yang diutamakan untuk menyimpan ternak. Berlainan dengan rumah honai dan rumah ebai yang cenderung kecil, rumah wamai justru memiliki ukuran benar-benar fleksibel karena disamakan dengan adanya banyak piaraan yang dipunyai dan besarnya hewan ternak itu. Bila disaksikan di luar, rumah wamai mempunyai wujud yang serupa dengan rumah honai.

4. Rumah Ebai atau Ebei5 Rumah Adat Papua Yang Bisa Menjadi Refrensi Desain Rumah Kamu

Jika rumah adat honai adalah rumah khusus laki – laki, maka rumah ebai atau rumah ebeai adalah rumah adat khusus wanita. Di rumah ebai lah anak gadis dididik semua pengetahuan berkenaan kehidupan seperti pengetahuan mengurusi anak, pengetahuan memasak dan lain – lain. Bila seorang ibu mempunyai anak laki – laki, maka anak laki – laki itu dibolehkan tinggal di dalam rumah ebai sampai bergerak dewasa. Rumah ebai sendiri umumnya ada di sisi kiri dan kanan rumah honai.

5. Rumah Honai5 Rumah Adat Papua Yang Bisa Menjadi Refrensi Desain Rumah Kamu

Rumah honai adalah rumah adat yang terpopuler. Kata honai sendiri datang dari kata “Hun” yang memiliki arti laki – laki dan “ai” yang memiliki arti rumah. Ya, rumah adat honai adalah rumah adat yang diutamakan untuk laki – laki.

Di luar, rumah ini kelihatan kecil dan benar-benar simpel. Sebetulnya rumah adat honai dapat memuat 5 sampai 10 orang dan sering pada bagian dalamnya dibikin jadi dua tingkat.

Lantai pertama dipakai sebagai tempat tidur sementara di lantai dua biasa dipakai untuk makan dan bergabung. Disamping itu ada juga tempat pengasapan mumi.

Rumah honai dibuat tidak mempunyai jendela, fungsinya adalah untuk meredam dingin, meredam angin dari pegunungan dan membuat perlindungan diri dari binatang buas. Sementara atapnya dibikin kerucut untuk meredam dinding supaya tidak terserang air hujan.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk mendapatkan ide refrensi, untuk desain rumah kamu, rumah adat papua ini bisa kamu jadikan ide untuk membuat tempat bersantai di depan rumah atau tempat berkumpul keluarga. Sampai jumpa di ide desain rumah selanjutnya