6 Daftar Model Teras Rumah

6 Daftar Model Teras Rumah

Teras Rumah – Sejak terjadinya Covid-19, ruang terbuka menjadi banyak diminati oleh beberapa masyarakat Indonesia.

Teras rumah yang biasanya hanya dianggap sebagai tempat peralihan antara area luar dan dalam rumah. Kini teras rumah menjadi peran besar untuk menampung kegiatan sehari-hari dan kesehatan penghuni rumah.

Saat ini banyak yang mencari berbagai model teras rumah untuk diterapkan pada penghuni rumah masing-masing.

6 Daftar Model Teras Rumah Agar Makin Nyaman

Teras rumah menjadi ruang penerima tamu yang efisien, karena banyak pemilik rumah yang takut untuk mengizinkan tamu masuk ke dalam rumah, karena wabah covid-19.

Maka dari itu, teras rumah perlu dirubah menjadi lebih terbuka, jadi kegiatan bertamu menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Ada banyak model teras rumah yang sedang banyak diminati, seperti model teras rumah minimalis, model teras rumah modern, dan yang lainnya.

Berikut ini dsignrumah akan membahas beberapa model teras rumah yang bisa anda jadikan referensi pada tempat tinggal yang anda miliki :

Baca Juga : 7 Rekomendasi Bahan Bangunan Terbaik

1. Model Tradisional Menggunakan Ornamen Antik

6 Daftar Model Teras Rumah

Pada perpaduan antara ornamen, lukisan, dan pahatan yang dikombinasikan dengan material kayu akan estetika terhadap model teras rumah bergaya tradisional.

Model tradisional yang identik dengan kehangatan dan kesederhanaan akan terlihat megah dan berwibawa. Kareena dipadukan dengan ornamen-ornamen khas kebudayaan setempat.

Akan lebih bagus jika setiap ornamen yang dipasang memiliki budaya tradisional sehingga menciptakan harmoni pada model teras rumah jenis ini.

2. Membuat Tritisan Yang Lebar

6 Daftar Model Teras Rumah

Jika melihat atap rumah-rumah tradisional, kita akan sering menemukan tritisan yang lebar. Ini merupakan bentuk adaptasi dari cuaca dan iklim tropis agar interior rumah tetap sejuk pada saat cuaca panas ataupun pada saat hujan.

Penggunaan tritisan yang lebar pada teras memungkinkan penghuni maupun tamu beraktivitas di ruang teras dengan aman dan nyaman.

3. Model Teras Rumah Minimalis

6 Daftar Model Teras Rumah

Model teras rumah minimalis sangat digemari oleh berbagai kalangan usia, terutama anak muda. Gaya minimalis identik dengan aspek fungsionalitas yang ditunjukan dengan penggunaan warna putih dan elemen-elemen alami sebagai dasar.

Model teras rumah minimalis sangat cocok dikombinasikan dengan taman kering, perabotan sederhana, dan tanaman-tanaman hijau sebagai penyejuk.

4. Model Rimbun Tanaman Dan Pepohonan

6 Daftar Model Teras Rumah

Salah satu hobi yang banyak diminati pada masa pandemi adalah merawat dan mengoleksi tanaman. Selain memberi kesejukan pada rumah, tanaman juga bisa meningkatkan mood penghuninya.

Model teras rumah yang dipenuhi dengan beraneka ragam tanaman dan pepohonan sangat cocok untuk orang-orang yang harus bekerja di rumah.

Jika anda memiliki lahan yang sempit, namun ingin tetap memiliki elemen hijau di teras rumah, desain vertikal garden bisa menjadi solusi untuk teras rumah anda.

Sebagai contoh anda bisa menggunakan tanaman Lee Kwan Yew untuk mempercantik dinding rumah anda, karena tanaman ini merupakan tanaman rambat. Selain mempercantik cantik, tanaman dan pepohonan tertentu memiliki fungsi menyaring debu dan menghasilkan oksigen lebih banyak.

Sehingga rumah anda akan terasa sejuk dan nyaman untuk berlama-lama disana. Pada model teras rumah ini juga akan membawa dampak positif bagi kesehatan penghuni rumah tersebut.

5. Model Teras Rumah Semi Terbuka

6 Daftar Model Teras Rumah

Bagi anda yang menginginkan privasi pada teras rumah, bisa menerapkan model teras rumah dengan konsep semi terbuka dengan menggunakan material pembatas untuk melingkupi teras rumah.

Material yang bisa digunakan yaitu seperti batu bata, roster, atau kayu yang disusun renggang bisa dijadikan alternatif. Pilihan ini akan menjadi pembatas agar teras rumah lebih bersifat privasi namun tetap terbuka.

Anda juga bisa menaruh meja dan kursi untuk makan bersama teman ataupun keluarga anda yang sedang berkunjung di rumah anda.

Namun perlu diingat, model teras rumah ini tidak akan cocok untuk diterapkan pada teras yang berukuran kecil karena akan membuat ruangan semakin sempit.

6. Model Teras Rumah Dengan Kolam

6 Daftar Model Teras Rumah

Bagi banyak orang, suara gemericik air mampu menciptakan suasana dan rasa tenang pada saat sedang beristirahat.

Oleh karena itu, model teras rumah dengan kolam akan memberikan kesejukan dan ketenangan bagi penghuni rumah maupun tamu yang sedang berkunjung. Kolam yang dipilih bisa hanya berupa kolam air atau kolam ikan.

Jika anda memiliki hobi merawat ikan, kolam ikan akan sangat cocok untuk menghiasi teras rumah. Jika tidak, kolam air dengan tambahan water fountain sudah cukup untuk memberikan suara ketenangan bagi pemilik rumah.

Itulah beberapa model teras rumah yang bisa dijadikan referensi pada rumah yang anda miliki. Semoga artikel ini bisa membantu anda yang sedang kebingungan mencari model teras rumah.

Baca Juga Pengertian Tentang Rumah