6 Tips Memilih Warna Cat Dinding

6 Tips Memilih Warna Cat Dinding

Memilih warna cat dinding sangatlah penting, karena bisa menambah pesona rumah, motif cat dinding yang tepat juga bisa melengkapi konsep rumah impian anda.

Kombinasi sempurna antara konsep pada bangunan dan memilih warna cat dinding yang tepat akan menciptakan kenyamanan pada rumah tersendiri.

Oleh karena itu, simak pembahasan lengkapnya mengenai tips memilih warna cat dinding agar rumah menjadi semakin nyaman dihuni.

Tips Memilih Warna Cat Dinding Rumah yang Tepat

Jika anda berencana mendekor ulang rumah, maka memilih warna cat dinding tidak boleh dilakukan secara bebas. Agar tidak ada kesalahan pada saat pemilihan cat dinding, ikuti beberapa tips di bawah ini :

Baca Juga : 3 Cara Desain Kamar Tidur Terbaik

1. Menyesuaikan Warna Cat Dinding Pada Konsep Rumah

6 Tips Memilih Warna Cat Dinding

Langkah paling awal dan terpenting mengenai memilih warna cat dinding adalah mengenali konsep rumah. Baik itu konsep rumah minimalis, modern, klasik, western, ataupun tradisional akan mempengaruhi pemilihan warna cat dinding.

Pada saat pembangunan atau renovasi rumah, anda harus mengetahui konsep dasar mempengaruhi jenis warna furniture yang akan mengisi rumah. Bukan hanya itu, konsep dasar juga akan mempengaruhi bentuk dan penataan ruang.

Ketika anda sedang memilih warna cat dinding, beberapa komponen tersebut akan menjadi faktor yang harus diperhatikan.

2. Pilih Kesan Yang Akan Dibentuk

6 Tips Memilih Warna Cat Dinding

Tentukan kesan atau mood yang akan anda hadirkan pada setiap ruangan sebelum memilih warna cat dinding. Setiap suasana seperti ceria, mewah, simpel dan elegan tentunya mempunyai warna masing-masing.

Untuk rumah bernuansa ceria dan bersemangat, anda bisa memadukan warna-warna cerah seperti kuning cerah, putih, biru, serta merah muda. Namun jika anda berkeinginan menonjolkan kesan mewah, anda bisa memilih warna cat dinding seperti hitam, abu-abu, dan putih.

Gunakan cat berwarna krem, coklat, atau hijau jika mempunyai keinginan membuat suasana hangat pada desain rumah anda. Warna cat ini bisa membantu anda agar tempat tinggal yang anda menjadi lebih nyaman.

3. Ciptakan Palet Seperti Warna Cat Dinding

6 Tips Memilih Warna Cat Dinding

Buatlah palet warna yang ingin anda terapkan, setelah itu diskusikan dengan arsitek pembangunan rumah. Palet warna dapat digunakan sebagai pedoman dalam memilih cat rumah.

Cari inspirasi menggunakan smartphone melalui internet tentang kombinasi warna, atau lihat tren warna cat rumah yang sedang populer. Cocokkan warna utama rumah dengan warna lain.

Pertimbangkan pada saat memilih warna cat dinding pelengkap. Pilihlah warna yang akan digunakan sebagai warna utama rumah dengan warna serupa, atau bahkan kontras.

4. Buat Percobaan Pada Dinding Putih

6 Tips Memilih Warna Cat Dinding

Tips memilih warna cat dinding rumah ini adalah dengan mengaplikasikannya secara langsung. Metode terbaik ini akan mencobanya langsung ke dinding. Siapkan tembok putih di dalam rumah yang bisa dijadikan tempat percobaan.

Beli cat kecil yang sesuai dengan warna palet yang anda gunakan sebelumnya. Selain melihat kecocokan antara warna, percobaan pada dinding putih juga bisa untuk menguji kualitas cat.

5. Cermati Aspek Pencahayaan

6 Tips Memilih Warna Cat Dinding

Saat mencoba warna cat pada dinding yang berwarna putih, perhatikan juga bagaimana warna tersebut bisa muncul di bawah pencahayaan yang berbeda, misalnya melakukan percobaan di pagi, siang, atau malam hari.

Anda jangan melupakan pada pemilihan warna cat dinding dan pencahayaan dengan posisi furnitur serta dekorasi dinding rumah yang anda miliki.

6. Seimbangkan Warna Serta Motif Cat Dinding Dengan Dekorasi Ruangan

6 Tips Memilih Warna Cat Dinding

Jika ruangan anda akan dipasang dekorasi seperti lukisan dinding, meja kopi, dan vas bunga, maka hal-hal tersebut harus diperhatikan. Anda juga harus menyesuaikan warna pada cat ruangan yang anda gunakan.

Bentuk, warna, dan tata letak penempatan benda-benda tersebut menjadi elemen yang harus anda perhatikan agar dekorasi dan warna pada dinding agar lebih seimbang.

Dekorasi ruangan bisa menjadi trik untuk dijadikan suasana rumah yang sangat nyaman. Jika dibarengi dengan memilih warna cat dinding yang netral, ruangan akan menjadi tidak nyaman untuk dihuni. Anda perlu menaruh beberapa dekorasi berwarna cerah untuk mengimbangi dinding yang netral tersebut.

Itulah beberapa tips memilih warna cat dinding rumah yang harus diperhatikan terlebih dahulu agar rumah impian yang anda inginkan lebih nyaman. Semoga adanya artikel ini bisa membantu pemilihan warna cat yang anda ingin terapkan pada dinding rumah.

Baca Juga Pengertian Rumah