7 Rumah Adat Terpopuler Di Indonesia Yang Harus Anda Ketahui

7 Rumah Adat Terpopuler Di Indonesia Yang Harus Anda KetahuiRumah Adat Terpopuler – Indonesia adalah negara terindah, dari sabang sampai merauke, ada hal yang menarik untuk dilihat. Mungkin anda akan melihat hal-hal yang indah dari Budaya, Arsitektur, dan orang-orangnya, semuanya sangat luar biasa.

Tapi, mari kita bicara tentang rumah tradisional yang sangat populer di Indonesia. Dari sabang sampai merauke ada 33 provinsi. Setiap provinsi memiliki keunikannya masing-masing dan banyak hal yang bisa dilihat.

7 Rumah Adat Terpopuler Di Indonesia

Arsitektur rumah tradisional, biasanya disebut sebagai rumah adat peninggalan nenek moyang. Ketika berbicara tentang rumah adat, mungkin mereka akan memperhatikan anda salah satunya.

Namun itu bukan satu rumah tradisional, karena di indonesia memiliki berbagai banyak provinsi, yang masing-masing provinsi memiliki rumah adat. Pada kesempatan kali ini, dsignrumah.com akan membahas tentang beberapa rumah adat terpopuler yang ada di Indonesia :

1. Rumah Adat Krong Bade

7 Rumah Adat Terpopuler Di Indonesia Yang Harus Anda KetahuiRumah adat terpopuler yang pertama adalah Krong Bade (rumah Aceh) dari Nanggroe Aceh Darussalam di Pulau Sumatera. Rumah besar ini terlihat seperti rumah panggung dengan tangga di depannya. Krong Bade berbentuk persegi panjang.

Sedangkan seluruh dinding bagian dalam rumah terbuat dari kayu dengan bingkai gambar sebagai hiasan. Atapnya terbuat dari daun rumbia dan lantai dari bambu, saat ini, Krong Bade sudah langka karena orang-orang mendirikan tenda untuk membangun rumah modern sendiri.

2. Rumah Adat Bolon

7 Rumah Adat Terpopuler Di Indonesia Yang Harus Anda KetahuiMasih di Pulau Sumatera, rumah Bolon ​​sangat populer terutama bagi masyarakat Batak di Sumatera Utara. Batak memiliki beberapa suku seperti Batak Toba, Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Pakpak, Batak Mandailing, dan Batak Angkola.

Kemudian, sebagai tambahan, bahasa Batak juga berbeda satu sama lain, artinya setiap suku memiliki keunikan bentuknya, namun bentuknya hampir sama dengan yang lain. Rumah Bolon berbentuk persegi panjang dengan tiang penyangga.

3. Rumah Adat Joglo

7 Rumah Adat Terpopuler Di Indonesia Yang Harus Anda KetahuiRumah joglo merupakan rumah adat dari peninggalan nenek moyang yang ada di Jawa Tengah. Rumah Joglo dapat ditemukan dengan mudah di Yogyakarta. Di dalam rumah tersebut, ada beberapa ruang untuk tinggal. Di depan rumah terdapat halaman yang luas sebagai ruang tamu. Itu bukan ruang tamu utama, karena yang utama ada di dalam rumahnya.

Namun, orang yang datang akan disambut di ruang tamu kedua terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam. Keunikan datang dari setiap sisi rumah, namun semua Keraton juga cenderung membangun Joglo sebagai tempat tinggal.

4. Rumah Adat Badui

7 Rumah Adat Terpopuler Di Indonesia Yang Harus Anda KetahuiLihat betapa sederhananya rumah adat Badui ini, rumahnya tidak sebesar rumah adat terpopuler sebelumnya, tapi cukup unik. Rumah adat ini mudah ditemukan di Banten, pada dasarnya rumah mungil ini terlihat seperti panggung.

Di dalamnya yang terbuat dari ijuk, seluruh bahan untuk membangun rumah terbuat dari bambu. Rumah adat Badui menjadi populer karena bentuknya yang sederhana, hanya ada sedikit ruangan atau mungkin tidak ada sama sekali. Jumlah orang yang tinggal di dalam hanya sedikit. Rumah Badui ini cocok untuk dua sampai empat anggota keluarga.

5. Rumah Adat Istana Sultan

7 Rumah Adat Terpopuler Di Indonesia Yang Harus Anda KetahuiRumah lokal ini berasal dari Nusa Tenggara Barat di Pulau Sulawesi, rumah ini milik banyak suku di Sulawesi. Yang terdiri dari suku Sumbawa, Sasak, Dongu, dan suku Dompu. 

Disebut Istana Sultan karena merupakan milik seorang raja atau ketua adat sebagai tempat tinggal pada masa lampau. Artinya, hanya orang-orang yang memiliki pangkat tinggi di suatu suku yang dapat memiliki rumah Istana Sultan.

Namun saat ini, rumah adat Istana Sultan dapat dimiliki oleh semua penduduk, mulai dari kelas bawah hingga kelas atas. Bentuk persegi panjang dengan bentuk menurun yang membuat rumah ini menjadi sangat unik.

6. Rumah Adat Musalaki

7 Rumah Adat Terpopuler Di Indonesia Yang Harus Anda KetahuiRumah Musalaki ini menjadi rumah adat terpopuler di indonesia yang juga masih berasal dari Nusa Tenggara tetapi di sebelah Timur. Tampilannya lebih unik ketimbang rumah Istana Sultan. Atap besar dan bentuk kerucut membuatnya unik, kita bisa melihat atap mengambil bagian terbesar dari seluruh rumah. Rumah adat terpopuler ini juga didominasi dengan warna coklat.

Selain itu, atapnya terbuat dari ijuk (tanaman aren), sisanya dari bambu, dan rumah adat Musalaki dibangun sebagai tempat tinggal bagi orang biasa. Sebagian besar masyarakat di Nusa Tenggara Timur memelihara rumah ini sebagai warisan.

7. Rumah Adat Honai

7 Rumah Adat Terpopuler Di Indonesia Yang Harus Anda KetahuiRumah adat terpopuler yang terakhir kali ini adalah rumah adat Honai, yang dibangun tanpa jendela serta memiliki atap seperti kerucut dengan bahan dasar kayu dan juga jerami atau ilalang. Hal ini untuk menghindari udara malam yang dingin di pegunungan.

Lantai pertama biasanya untuk tempat beraktivitas seperti musyawarah, dan aktivitas malam hari, dan sebagainya. Sementara lantai kedua terdiri dari kamar-kamar dan digunakan sebagai tempat tidur. Untuk menghubungkan lantai pertama dan kedua, rumah Honai menggunakan tangga kayu.

Meski berlantai 2 namun Honai hanya memiliki tinggi hanya sekitar 1 meter, bahkan untuk orang dewasa tidak bisa berdiri tegak jika sudah ada di dalam rumah Honai. Walaupun terlihat kecil, rumah Honai sebetulnya dapat diisi 5 sampai 10 orang. Hal ini dimaksudkan agar rumah Honai tetap hangat.