8 Cara Renovasi Rumah Yang Harus Anda Ketahui

8 Cara Renovasi Rumah Yang Harus Anda Ketahui

Renovasi Rumah – Siapapun pastinya ingin memiliki rumah dengan tampilan yang menarik perhatian semua orang lain, terutama pada bagian depan. Bagian depan yang pertama terlihat dan menjadi impresi awal hunian secara keseluruhan.

Karena itu banyak masyarakat melakukan renovasi rumah bagian depan, untuk mengubah tampilannya agar jadi lebih cantik dan menawan.

8 Cara Renovasi Rumah Yang Harus Anda Ketahui Terlebih Dahulu

Pada saat merencanakan renovasi rumah, biasanya hal yang menjadi kendala adalah biaya untuk segala kebutuhan renovasi rumah. Berikut ini ada beberapa cara renovasi rumah agar rumah anda menjadi menarik perhatian banyak orang :

Baca Juga : 8 Strategi Membangun Rumah Agar Lebih Hemat

1. Menggunakan Kanopi Tanaman Rambat

8 Cara Renovasi Rumah Yang Harus Anda Ketahui

Salah satu cara mudah renovasi rumah bagian depan tanpa harus menguras budget adalah dengan memasang kanopi atau pergola. Tapi jika memasang knopi biasa, tentu tidak akan begitu menarik.

Apabila anda ingin sentuhan berbeda, maka kanopi atau pergola dengan tanaman rambat bisa jadi referensi anda. Tidak hanya menjadi unik, kehadiran tanaman merambat juga membuat rumah menjadi lebih sejuk.

Sentuhan warna hijau bahkan warna-warni bunga dan tanaman rambat bisa menjadi dekorasi murah anda yang mampu membuat tampilan rumah jadi lebih mempesona.

2. Mengganti Pintu Lama Anda Dengan Pintu Baru

8 Cara Renovasi Rumah Yang Harus Anda Ketahui

Selanjutnya, bagian rumah yang bisa anda utamakan dalam rencana renovasi rumah adalah bagian pintu rumah. Pintu rumah menjadi bagian rumah yang sangat mempengaruhi kesan pertama orang yang melihat tampilan rumah.

Kemudian adalah mengecat pintu dengan memilih warna yang lebih muda dari warna rumah secara keseluruhan, agar memberi efek rumah yang lebih terang.

3. Cat Ulang Pada Dinding Rumah Anda

8 Cara Renovasi Rumah Yang Harus Anda Ketahui

Salah satu cara renovasi rumah agar tapi tetap indah adalah dengan mengutamakan renovasi pada pengecatan dinding rumah.

Mengecat ulang tembok rumah lama anda mungkin tampaknya bukan hal yang bakal banyak mengubah suasana rumah. Pilihlah warna yang terang dan hangat seperti variasi warna putih agar membuat rumah anda semakin bercahaya.

4. Buat Rencana Renovasi Menyeluruh Dan Detail

8 Cara Renovasi Rumah Yang Harus Anda Ketahui

Membuat rencana renovasi rumah menjadi hal pertama yang penting dan dapat mempengaruhi semua proses renovasi rumah. Anda tak hanya harus melihat rumah secara keseluruhan, namun juga fokus pada setiap bagian kecil penyusunnya.

Jika anda menyewa jasa renovasi rumah, arsitek akan melihat rumah anda dan membuat solusi yang dibutuhkan.

5. Tentukan Bahan Bangunan

8 Cara Renovasi Rumah Yang Harus Anda Ketahui

Bila memang dana anda terbatas, carilah bahan material yang lebih murah yang berkualitas menengah. Bahan material merupakan pengeluaran termahal ketika merenovasi rumah.

Namun, ada beberapa bagian dalam renovasi rumah, yaitu anda tidak bisa bersahabat dengan harga dan kualitas. Karena anda harus menggunakan bahan yang berkualitas dengan harga yang lebih mahal, seperti pada bagian pondasi rumah, pipa air yang ditanam, dan rangka atap.

Anda bisa membayangkan apabila pada bagian atap terjadi kebocoran atau rusak, tentu kita harus membongkar lagi yang berarti perlu mengeluarkan uang lagi.

Untuk cat pada dinding luar sangat disarankan untuk menggunakan kualitas baik karena bagian luar rumah biasanya terkena hujan, panasi atau udara lembab.

6. Cari Pekerja Untuk Pembangunan Yang Tepat

8 Cara Renovasi Rumah Yang Harus Anda Ketahui

Mulailah cari informasi tentang kontraktor yang tepat dan berpengalaman agar dapat mengerjakan renovasi sesuai dengan keinginan anda. Anda dapat bertemu dengan kontraktor yang berpengalaman dengan menanyakan pada kerabat dekat anda.

Tentu tujuannya adalah agar menemukan kontraktor profesional yang membuat anda nyaman dan yakin dapat melakukan pekerjaannya dengan baik. Mintalah solusi dan apakah kontraktor tersebut pernah mengerjakan proyek serupa.

Mendiskusikan dengan kontraktor rencana renovasi rumah anda secara detail, anda akan mengetahui apakah dana anda mencukupi atau tidak.

Jika dana anda mencukupi, kemudian anda harus menanyakan berapa lama proyek akan berlangsung, dan tanyakan apakah rencana anda memerlukan perubahan desain.

7. Pilih Pembayar Tukang

8 Cara Renovasi Rumah Yang Harus Anda Ketahui

Cara pembayaran tukang pada umumnya terbagi dua, yaitu dengan pembayaran borongan dan harian. Bila memang anda sudah pasti apa yang akan direnovasi dan anda sudah mengetahui konsep renovasi rumah secara matang, maka lebih baik anda menggunakan sistem borongan.

8. Melakukan Renovasi Rumah Dengan Bertahap

8 Cara Renovasi Rumah Yang Harus Anda Ketahui

Jika anda merenovasi rumah secara merata terkadang bisa mendorong anda untuk mengungsi ke tempat lain. Jika seperti itu, anda akan mengeluarkan anggaran untuk menyewa rumah.

Untuk menghemat biaya, sebaiknya renovasi dilakukan bertahap, seperti renovasi dapur terlebih dahulu. Kemudian, taman belakang, ruang tamu, dan seterusnya.

Sumber : Wikipedia