8 Desain Rumah Adat Paling Populer Di Indonesia

8 Desain Rumah Adat Paling Populer Di IndonesiaDsignRumah.com –  adat Indonesia benar-benar ber aneka ragam mengingat Indonesia adalah negara yang kaya suku dan budaya. Tidaklah aneh jika ternyata Indonesia juga punyai banyak tipe rumah adat sesuai wilayahnya.

Bila dihitung berdasar jumlah propinsi, minimal ada 34 tipe rumah tradisi. Tetapi, tiap propinsi pun bahkan juga punyai rumah tradisi lebih satu.

Desain Rumah Adat Berdasarkan Arsitekturnya

Jika Anda sedang ingin cari ide desain rumah adat dambaan berdasar arsitektur rumah adat, berikut kami hadirkan 8 tipe rumah adat yang dapat Anda menjadikan contoh ide, yakni:

 1. Rumah Adat Betawi: Kebaya8 Desain Rumah Adat Paling Populer Di IndonesiaRumah adat betawi mempunyai nama Kebaya. Dikatakan sebagai rumah kebaya karena wujud atapnya yang serupa pelana yang dilipat apabila dilihat dari samping, lipatan-lipatan itu serupa dengan lipatan kebaya. Sampai saat ini, ornament rumah tradisional dari Betawi ini sering digunakan, yakni sisi lis ukir-pahatan di bawah genteng.

Pemasangan lis ciri khas Betawi itu merupakan langkah termudah untuk memperlihatkan keunikan rumah tradisionil Jakarta. Atap tempat tinggalnya dibuat dari genteng atau atep (daun kirai yang disulam), dinding depan dengan kayu gowok/kayu nangka, dinding rumah yang lain dengan anyaman bambu, dan fondasi yang dipakai adalah batu kali.

2. Rumah Adat Banten: Badui/Baduy8 Desain Rumah Adat Paling Populer Di IndonesiaRumah adat dari provinsi Banten ini dimiliki oleh suku Badui, barisan etnis warga adat suku di Banten. Wujud tempat tinggalnya kerap disebutkan dengan Julang Ngapak dan style bangunannya seperti rumah panggung.

Sisi atap terbagi dalam daun yang disebut sulah nyanda dan sisi ruang rumah dan pintu dibentuk dari anyaman bambu yang diatur secara vertikal, dikenali bernama sarigsig. Disamping itu, rumah adat Baduy dipisah dalam 3 sisi, yaitu sosoro (depan), tepas (tengah), dan imah (belakang).

8 Desain Rumah Adat Paling Populer Di Indonesia

3. Rumah Adat Sumatera Selatan: Limas8 Desain Rumah Adat Paling Populer Di IndonesiaDari namanya saja kita sudah mengetahui tentu jika rumah ini tentu berupa limas. Bangunan tempat tinggal adat ini punyai lantai yang bertingkat-tingkat yang mempresentasikan filosofi budaya warga di tempat, biasa disebutkan bengkilas. Dari jarak jauh, rumah ini terlihat seperti rumah pentas dengan beberapa tiang tertanam ke tanah.

Rumah adat ini punya luas dimulai dari 400 – 1000 m2 dan umumnya dipakai untuk acara atau acara adat. Kerangka rumah adat dibuat dari kayu hebat yang cukup sangat jarang. Bahan material untuk membikin dinding, lantai, dan pintunya memakai kayu tembesu. Dan untuk tiang rumah memakai kayu unglen yang tahan terhadap air.

4. Rumah Adat Jambi: Panggung Kajang Leko8 Desain Rumah Adat Paling Populer Di IndonesiaKombinasi warna kuning dan merah di dalam rumah adat Jambi ini membuat performanya kelihatan elok. Salah satu hal menarik dari rumah ini adalah pemetaan rumah yang terdiri dari 8 ruangan.

Ide pembagian ruangan ini dapat diaplikasikan di rumah saat ini. Ruangan serambi dalam, yang terbagi dalam ruangan ikuti orang-tua dan ruang tidur anak gadis, dan kamar makan, disebutkan ruangan balik meredam.

Sisi atapnya dinamakan “Gajah Mabuk”, sesuai nama pembikin bentuknya. Memiliki bentuk seperti perahu dengan ujung atas yang melengkung. Sementara sisi langit-langit dibentuk dari tebar layar atau seperti plafon yang memisahkan ruangan loteng dengan ruangan di bawahnya. Ruangan loteng ini dipakai sebagai ruangan penyimpanan.

5. Rumah Adat Riau: Selaso Jatuh Kembar8 Desain Rumah Adat Paling Populer Di IndonesiaRiau mempunyai beberapa macam rumah adat, satu diantaranya adalah Selaso Jatuh Kembar yang terpopuler. Nama ini diambil dari wujud bangunan yang mempunyai dua selasar. Selasar rumah panggung ini mempunyai posisi lebih rendah dibandingkan ruangan tengah dan umumnya jadi tempat musyawarah.

Rumah adat ini mempunyai keunikan yaitu berupa rumah panggung atau mempunyai kolong. Di rumah hanya ada penyekat yang pisahkan ruangan tengah dan ruangan telo (tempat menaruh makanan), tidak ada ruang atau kamar-kamar.

Bahan bangunannya dibuat dari alam, seperti atap dari daun rumbia, lalu dinding, tiang atau lantai dari kayu-kayu berkualitas baik seperti kayu meranti, kayu medang, atau kayu punak.

6. Rumah Adat Sumatera Barat: Rumah Gadang8 Desain Rumah Adat Paling Populer Di IndonesiaSampai ini hari, Rumah Gadang ciri khas Sumatera Barat ada banyak dijumpai di propinsi ini. Rumah Gadang atau rumah godang adalah rumah adat Minangkabau. Ornament rumah ini banyak juga dijumpai di semua Indonesia, terutamanya di dalam rumah makan Padang.

Rumah adat ini punyai wujud pucuk atap yang lancip, seperti tanduk kerbau. Dahulunya atap ini dibuat berbahan ijuk dan dapat bertahan sampai beberapa puluh tahun. Tapi belakangan, atap rumah banyak berganti dengan seng.

Tempat tinggalnya dibuat dengan bentuk empat segi panjang, dipisah atas 2 sisi yaitu depan dan belakang. Sisi depan umumnya dipenuhi dengan ukir-pahatan ornament memiliki motif akar, bunga, dan daun. Dan sisi luar belakang dilapis belahan bambu.

7. Rumah Adat Sumatera Utara: Bolon8 Desain Rumah Adat Paling Populer Di IndonesiaBolon adalah rumah ciri khas Suku Batak di Sumatera Utara. Di Sumatera Utara sendiri Bolon terbagi dalam beberapa macam seperti Bolon Simalungun, Bolon Pakpak, Bolon Angkota, Bolon Karo, dan lainnya.

Dengan model rumah panggung segi panjang, rumah Bolon umumnya diperlengkapi tiang penyangga dengan tinggi 1,75 meter. Untuk masuk rumah, penghuni atau tamu harus naik tangga yang banyaknya selalu ganjil.

Keunikan rumah adat ini adalah memiliki bentuk panggung, terbagi dalam beberapa tiang penyangga bergaris tengah. Dinding tempat tinggalnya dihias dengan ornament ciri khas Simalungun dengan warna merah, putih, dan hitam. Hiasan ornament ini adalah simbol akan penglihatan kosmologis dan filosofi budaya suku Batak.

8. Rumah Adat Aceh: Krong Bade8 Desain Rumah Adat Paling Populer Di IndonesiaOrang Aceh mempunyai cita-rasa seni yang baik sekali. Satu diantaranya kelihatan pada rumah ciri khas Krong Bade. Rumah panggung dengan 1 tangga di depan ini mempunyai kombinasi warna yang elok.

Rumah Krong Bade biasa juga dikenal bernama rumoh Aceh. Rumah adat ini menjadi salah satunya budaya Indonesia yang nyaris musnah.

Rumah adat ini punya tangga pada bagian depan rumah dan tingginya ada beberapa mtr. dari tanah. Jumlah anak tangga rumah adat Krong Bade umumnya sejumlah ganjil. Bahan dasar pembangunan rumahnya adalah kayu, dengan beberapa ukir-pahatan pada dinding rumah. Atap rumahnya dibuat dari daun rumbia dan memiliki bentuk segi panjang, memanjang dari timur ke arah barat.

Itulah 8 rumah adat paling populer di indonesia, semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu kamu mendapatkan ide desain rumah impian kamu.