8 Rumah Adat Bali Yang Terkenal Oleh Filosofi Dan Keunikannya

8 Rumah Adat Bali Yang Terkenal Oleh Filosofi Dan Keunikannya8 Rumah Adat Bali –  Indonesia memiliki begitu banyak ciri khas dan kebudayaan, Bukti sederhananya secara garis besar bisa kamu dari banyaknya provinsi di indonesia yaitu 34. 

Dan tentunya dalam 34 provinsi itu juga memiliki kebudayaan yang berbeda – berbeda. Hebat bukan negara dengan provinsi sebanyak itu, tapi kita semua tetap menjadi satu-kesatuan.

8 Rumah Adat Bali Yang Menakjubkan

Rumah di jaman modern ini benar-benar bermacam modelnya, dimulai dari rumah Japandi, minimalis, sampai industrial. Tetapi, bila berbicara masalah rumah adat Bali, apa yang telah ada dalam benakmu? Apa kamu memikirkan rumah yang seperti bangunan pura? Ya, hal tersebut benar-benar lumrah karena sisi depan rumah adat Bali kerap kali seperti gerbang pura.

Tetapi, dalam gerbang pura itu ada beberapa model rumah adat Bali yang kemungkinan selama ini tidak pernah kamu ketahui. Jumlahnya model rumah itu didasari pada fungsi dan filosofinya masing-masing. Ingin tahu apa model rumah adat Bali? Mari langsung kita lihat rumah adat bali tersebut.

1. Jineng atau Klumpu8 Rumah Adat Bali Yang Terkenal Oleh Filosofi Dan Keunikannya

Jineng atau Klumpu adalah salah satu rumah adat Bali yang secara umum berperan sebagai lumbung tempat penyimpanan padi, palawija atau hasil panen lainnya. Bila anda pernah berkunjung ke rumah warga Bali, maka rumah adat bali ini bukan pemandangan baru lagi, karena nyaris tiap pelataran memilikinya.

 Tetapi karena memiliki bentuk yang unik, belakangan ini Jineng mulai terkenal dialih-fungsi sebagai tambahan kamar tidur atau untuk tempat santai dengan keluarga dan beberapa teman dekat atau saudara lainnya. Jineng yang diubah dan ditaruh di pekarangan rumah juga dapat menjadi elemen taman tropis berpenampilan Bali yang bagus sekali.

2. Rumah Adat Sanggah8 Rumah Adat Bali Yang Terkenal Oleh Filosofi Dan Keunikannya

Rumah adat bali Sanggah tidak lain adalah pura keluarga yang disebut jenis rumah adat Bali yang terus ada dalam kompleks perumahan individu. Perannya sudah pasti sebagai tempat ibadah keluarga. Unik nya rumah adat bali ini ada pada, penempatan sanggah ini harus ada di tempat timur laut rumah.

3. Bale Sekapat8 Rumah Adat Bali Yang Terkenal Oleh Filosofi Dan Keunikannya

Dari sisi tampilan, Bale Sekapat adalah rumah adat Bali yang kelihatan paling eksklusif karena sarat dengan ukir-pahatan. Kemewahan rumah Bale Sekapat ditambahkan lagi karena ada empat tiang pada bagian depan yang dipenuhi dengan ukir-pahatan. Manfaat dari rumah adat Bali yang satu ini sebagai ruangan santai untuk beberapa bagian keluarga.

4. Bale Dauh8 Rumah Adat Bali Yang Terkenal Oleh Filosofi Dan Keunikannya

Bale Dauh adalah rumah adat Bali yang dijadikan tempat berkumpul bersama. Namun tidak ada penyuguhan sesaji atau yang lainnya di dalam rumah Bale Dauh hingga ketinggiannya harus lebih rendah dibanding rumah Bale Besar atau Bale Manten. Peranan dari Bale Dauh sendiri adalah tempat untuk terima tamu.

5. Bale Gede8 Rumah Adat Bali Yang Terkenal Oleh Filosofi Dan Keunikannya

Model rumah adat Bali ini harus lebih tinggi dibanding bangunan yang ada disekelilingnya. Hal ini karena Gede digunakan untuk membakar bermacam sesaji dan menyuguhkan makanan ciri khas bali. Karena kerap jadi tempat kumpul, ukuran rumah Bale Besar memang kelihatan terbesar dibanding rumah adat Bali yang lain. Tetapi, sebesar apapun rumah Bale Gade, jumlah tiangnya maksimal cuman bisa 12 buah.

6. Bale Manten8 Rumah Adat Bali Yang Terkenal Oleh Filosofi Dan Keunikannya

Bale Manten adalah rumah adat Bali yang penting. Manfaat dari bangunan ini adalah sebagai rumah kepala keluarga dan pasangannya. Bila pasangan itu telah memiliki anak, Rumah adat Bali yang satu ini bisa ditempati oleh beberapa anak wanita.

Bangunan Bale Manten biasanya berupa segi panjang dan berada pada bagian timur. Ada dua sisi khusus di rumah adat Bali Bale Manten, adalah ruang kanan dan ruangan kiri.

7. Rumah Adat Bali Aling-aling8 Rumah Adat Bali Yang Terkenal Oleh Filosofi Dan Keunikannya

Rumah adat Bali ini diberi nama Aling-aling yang memiliki arti energi positif dan keharmonisan rumah. Umumnya, rumah adat aling-aling digunakan sebagai pemisah halaman luar dan alung-alung. Rumat adat Bali yang satu ini mempunyai peranan sebagai privasi di antara tamu yang belum dikenali dengan penghuni rumah.

8. Rumah adat Bali Angkul-Angkul8 Rumah Adat Bali Yang Terkenal Oleh Filosofi Dan Keunikannya

Sama seperti yang telah diulas awalnya, rumah adat Bali selalu punya keunikan dengan bangunan depan gapura yang seperti pura. Itulah yang dinamakan angkul-angkul. Keunikan dari sisi rumah adat Bali ini adalah selalu penuh dengan ukir-pahatan yang membuat kelihatan benar-benar eksotik.

Kamu juga bisa mencontoh atau mereferensikan desain rumah adat bali ini kepada arsitektur yang akan membuat rumah kamu, Ide desain rumah ada bali ini akan membuat rumah kamu terlihat lebih segar, dan tentunya menawan.