10 Jenis Desain Jendela Rumah Terpopuler

10 Jenis Desain Jendela Rumah Terpopuler

Pemilihan desain jendela rumah memang tidak mudah, anda perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti ukuran rumah hingga bahan yang diperlukan. Selain bisa memperindah rumah, jendela juga berfungsi untuk memperlancar udara di dalam rumah.

Pada saat memiliki rumah dengan desain modern tentu bisa membantu anda nyaman pada saat tinggal di dalamnya. Desain rumah yang bergaya modern bisa dilihat dari berbagai aspek, salah satunya jendela rumah.

10 Jenis Desain Jendela Rumah Terpopuler Di Indonesia

Oleh karena itu, desain jendela rumah yang indah dari segi arsitektur juga harus memiliki fungsi yang layak sebagai ventilasi udara.

Berikut ini dsignrumah akan membahas beberapa jenis desain jendela rumah terpopuler di Indonesia yang harus anda ketahui :

Baca Juga : 8 Rumah Mewah Modern Terpopuler

1. Desain Jendela Rumah Nako Atau Krepyak

10 Jenis Desain Jendela Rumah Terpopuler

Populer di tahun 2000-an, desain jendela rumah nako atau krepyak dikenal dengan nuansa antiknya yang khas. Nama pada desain jendela rumah ini berasal dari bunyi krepyak, bunyi tersebut berasal dari gesekan antara besi dan kaca pada saat jendela dibuka.

Desain jendela rumah ini cocok untuk anda yang tinggal berdampingan dengan tetangga karena sistem bukaannya tidak membutuhkan banyak ruangan. Namun anda perlu memperhatikan dengan memberikan pelumas pada bagian bukaan besinya, agar tidak mudah berkarat dan membuatnya sulit digerakkan.

Jendela nako juga membutuhkan ekstra kusen yang cukup tebal jika ingin dipasangi gorden atau tirai penutup.

2. Desain Jendela Minimalis Ayun

10 Jenis Desain Jendela Rumah Terpopuler

Banyak masyarakat yang salah mengira jika desain jendela rumah ini adalah pintu kaca biasa. Desain jendela ayun atau casement memiliki bentuk seperti layaknya pintu rumah yang terbuka ke arah luar.

Desain jendela rumah ini cocok diaplikasikan untuk yang memiliki rumah menghadap ke arah taman atau dapur. Pilihlah jendela rumah yang menggunakan bahan kaca agar mempermudah masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan rumah.

3. Desain Jendela Picture Window

10 Jenis Desain Jendela Rumah Terpopuler

Desain jendela rumah picture window atau biasa disebut jendela gambar ini dirancang khusus agar cahaya masuk lebih banyak dan memaksimalkan pemandangan di luar rumah.

Struktur dari Picture Window masuk ke dalam kategori desain jendela rumah minimalis tetap yang tidak bisa dibuka atau digerakkan. Sehingga paling tepat digunakan pada area yang sudah memiliki sistem ventilasi udara yang baik.

4. Desain Jendela Gantung Ganda

10 Jenis Desain Jendela Rumah Terpopuler

Desain jendela rumah ini memiliki desain unik yang terdiri dari dua bagian kaca dalam satu bagian jendela. Jenis desain jendela gantung ganda jarang ditemukan di Indonesia, karena jenis jendela ini digunakan oleh beberapa rumah di negara yang memiliki 4 musim.

Bentuk kaca jendela yang tebal pada double hung memiliki daya tahan yang tinggi pada saat suhu rendah aatu musim dingin datang.

5. Desain Jendela Rumah Melengkung

10 Jenis Desain Jendela Rumah Terpopuler

Model jendela melengkung atau bay window lebih berfokus pada bentuk arsitektur rumah itu sendiri. Memiliki tampilan yang elegan dari jenis jendela yang mengikuti bentuk rumah yang melengkung pada sudut bangunan.

Desain jendela rumah ini sekarang sangat populer di Indonesia untuk diaplikasikan pada desain rumah mewah. Desain jendela yang keren ini juga bisa dijadikan spot berfoto dengan menggunakan smartphone saja.

6. Desain Jendela Di Atas Pintu

10 Jenis Desain Jendela Rumah Terpopuler

Desain jendela rumah ini di tempatkan pada bagian atas pintu yang kini mulai diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia, karena memiliki fungsi untuk memaksimalkan cahaya di dalam rumah. Keunikan desain jendela transom ada pada teknik pemasangannya yang menempel pada pintu rumah.

Pada desain jendela ini memiliki engsel dan batang sehingga bisa untuk dibuka dan ditutup dengan mudah.

7. Desain Jendela Rumah Lipat

10 Jenis Desain Jendela Rumah Terpopuler

Jendela lipat atau biasa disebut bifold window memiliki sisi yang dapat ditekuk dan digerakkan pada bagian dalam ketika tidak sedang digunakan sehingga bisa memberikan ekstra space di dalam rumah.

8. Desain Jendela Rumah Poros (Pivot)

10 Jenis Desain Jendela Rumah Terpopuler

Jika biasanya engsel jendela berada di pinggir, beda halnya dengan desain jendela poros yang justru berada pada bagian tengah. Cara membuka desain jendela rumah ini terbilang unik karena bisa dilakukan secara horizontal maupun vertikal.

Namun pada bentuk desain jendela yang unik ini bisa membuat pivot window tidak bisa dipasangi teralis atau tirai penutup.

9. Desain Jendela Rumah Geser

10 Jenis Desain Jendela Rumah Terpopuler

Selain pintu geser minimalis, ada juga desain jendela geser atau sliding door yang cocok digunakan berbagai area di rumah. Memiliki dua bagian kaca jendela ditumpuk dengan bagian rail yang mempermudah pada saat jendela akan dibuka dengan cara digeser.

10. Desain Jendela Rumah Tenda

10 Jenis Desain Jendela Rumah Terpopuler

Desain jendela rumah yang terakhir ini cukup populer digunakan di berbagai rumah bergaya rumah minimalis mewah di Indonesia. Jendela tenda memiliki bentuk bukaan dari bawah, sehingga membuatnya lebih kokoh dan tidak terbeban bobot jendela.

Itulah beberapa jenis desain jendela rumah terpopuler di Indonesia yang harus anda ketahui. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi pada bagian jendela rumah anda.

Baca Juga Pengertian Rumah