6 Tips Desain Lemari Multifungsi

6 Tips Desain Lemari Multifungsi

Desain Lemari – Lemari adalah ruangan khusus yang cukup besar untuk menyimpan produk fashion seperti pakaian, sepatu, jam tangan, perhiasan, dan sebagainya. Kehadiran lemari pada tempat tinggal di Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi.

Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia sudah terbiasa menggunakan lemari dan akan menghalangi luas kamar yang terbatas. Sedangkan, ada pilihan berupa desain lemari yang lebih menghemat ruangan rumah.

6 Tips Desain Lemari Multifungsi Untuk Rumah Yang Memiliki Ruangan Terbatas

Pada artikel ini dsignrumah akan membahas tips desain lemari multifungsi untuk anda yang memiliki ruangan yang terbatas. Anda bisa mengaplikasikan desain lemari di bawah ini untuk tempat tinggal anda :

Baca Juga : 8 Rumah Mewah Modern Terpopuler

1. Letakkan Di Balik Partisi

6 Tips Desain Lemari Multifungsi

Desain lemari tidak harus selalu berupa ruangan khusus, anda juga bisa memanfaatkan partisi di dalam kamar tidur untuk menyediakan sedikit ruang untuk dijadikan lemari.

Lemari penyimpanan barang disusun dalam bentuk “U”, di bagian ujung terdapat area meja rias yang sangat nyaman untuk digunakan. Konsep ini digunakan bernuansa minimalis, menghemat ruangan, dan didominasi material kayu sehingga akan cocok untuk diterapkan pada rumah anda.

2. Letakan Di Dalam Lorong Rumah

6 Tips Desain Lemari Multifungsi

Jika ada lorong kecil di dekat kamar tidur anda, anda bisa gunakan ruangan tersebut sebagai desain lemari dan tambahkan rak penyimpanan.

Rak penyimpanan dibuat memanjang dan akan memenuhi seluruh bidang pada dinding. Posisikan lemari laci di hadapan pintu masuk agar lebih luas untuk bergerak pada saat membukanya.

3. Letakan Pada Di Sudut Untuk Koleksi Sepatu

6 Tips Desain Lemari Multifungsi

Menambah rak penyimpanan khusus untuk meletakkan koleksi sepatu di dalam desain lemari akan membatasi gerakan pada saat ingin menaruh benda apapun.

Sebagai ganti rak sepatu, anda bisa membuat pada sudut di salah satu bidang dinding pada ruangan. Sudut tersebut adalah area yang menjorok ke dalam dinding untuk meletakkan barang yang anda miliki.

Bisa dibilang, sudut ini sangat menghemat ruangan, karena di suatu sudut ruangan pastinya akan dikosongkan. Hal tersebut bisa dilakukan untuk memanfaatkan sebuah ruangan tanpa mengganggu aktivitas.

4. Hadirkan Elemen Pelengkap

6 Tips Desain Lemari Multifungsi

Agar mendapatkan kenyamanan layaknya memiliki desain lemari yang memiliki ukuran besar, anda juga perlu menambahkan beberapa elemen pelengkap di dalam lemari yang anda gunakan. Di antaranya seperti cermin dan kursi.

Cermin di dalam lemari berfungsi untuk menata diri sekaligus menjadi dekorasi dan pencipta efek ruang yang luas. Sementara itu, kursi atau stool memiliki sifat multifungsi sebagai tempat duduk pada saat menggunakan sepatu dan pijakan untuk menggapai bagian lemari.

Anda bisa membeli cermin dengan menggunakan smartphone tanpa harus keluar rumah karena adanya peraturan pemerintah yang mengharuskan masyarakat Indonesia harus di rumah.

Untuk memesannya anda bisa melalui aplikasi, seperti aplikasi shopee, bukalapak, lazada, dan aplikasi jual beli online lainnya. Jika anda menggunakan aplikasi tersebut anda akan mendapatkan diskon yang sangat besar. Sehingga harga menjadi murah dari harga aslinya.

5. Lengkapi Dengan Pintu Geser

6 Tips Desain Lemari Multifungsi

Beberapa orang lebih menyukai jika desain lemari mereka dilengkapi dengan pintu, tujuannya untuk menghindari debu menumpuk di antara koleksi yang anda miliki. Untuk ruang lebih efisien, anda bisa menggunakan pintu geser, karena sifatnya bisa menghemat ruangan.

Desain lemari ini juga dibuat secara minimalis, semua bajunya akan digantung dengan dua tingkat. Bukan hanya itu, pada bagian atas dan bawah terdapat rak untuk tempat sepatu dan kotak penyimpanan aksesoris.

Jika anda memiliki perhiasan atau barang-barang penting, anda juga bisa menaruhnya pada bagian rak atas atau bawah sesuai keinginan anda. Rak tersebut memiliki banyak kegunaan atau bisa dibilang multifungsi.

6. Tampil Mewah Dalam Ukuran Kecil

6 Tips Desain Lemari Multifungsi

Ukuran tidak boleh menjadi penghalang desain lemari dengan tampilan mewah ini. Coba anda lakukan permainan warna dan material pada area lemari. Dindingnya dilapisi cat warna hijau yang elegan, memiliki lampu gantung dan kursi dengan rangka stainless steel yang berkilau.

Agar semakin mewah, tambahkan karpet berbulu pendek yang ukurannya tidak lebih dari luas permukaan lantai lemari.

Produk fashion anda akan tertata lebih rapi dan pastinya tidak kalah dari desain lemari yang berukuran besar. Semoga adanya artikel ini bisa membantu anda yang memiliki ruangan rumah yang terbatas, namun memiliki lemari yang sangat menarik.

Baca Juga Pengertian Rumah