5 Rekomendasi Desain Rumah 5×10 Modern

5 Rekomendasi Desain Rumah 5X10 Modern

Desain rumah 5×10 mungkin terdengar sangat kecil dan pastinya tidak mungkin bisa untuk memberi ruangan-ruangan yang memiliki banyak fungsi untuk kebutuhan. Namun, dengan semakin menyempitnya lahan sekarang, pembangunan rumah dengan ukuran 5×10 pun banyak karena dinilai untuk menghemat biaya pembangunan.

Salah satu cara membuat desain rumah 5×10 agar tidak sempit dan memiliki ruangan fungsional lengkap adalah dengan meniru beragam desain interior yang multifungsi dan menghemat tempat.

5 Rekomendasi Desain Rumah 5×10 Modern Yang Harus Anda Ketahui

Untuk anda yang sekarang sedang kebingungan karena hanya memiliki lahan rumah yang sangat terbatas. Beberapa desain rumah 5×10 yang akan dibahas dsignrumah ini mungkin bisa menjadi referensi inspirasi untuk anda dalam membangun rumah yang kecil :

Baca Juga : 8 Rumah Mewah Modern Terpopuler

1. Desain Rumah 5×10 3 Lantai Dan Rooftop

5 Rekomendasi Desain Rumah 5X10 Modern

Jika anda termasuk tipe orang yang tidak menyukai ruangan-ruangan sempit di dalam rumah, namun luas rumah anda kini benar-benar terbatas dengan ukuran 5×10. Cobalah untuk mendalami pembagian ruangnya dengan membuat rumah vertikal, anda juga bisa membuat rumah dengan 3 lantai.

Desain rumah 5×10 dengan 3 lantai, untuk ruang fungsionalnya seperti ruang tamu, ruang makan, hingga dapur bisa anda atur berada di lantai dasar. Sementara, lantai 2 bisa anda jadikan sebagai area kamar tidur, dan bisa membuat dua kamar tidur di lantai 2 ini.

Kemudian, di lantai 3 anda bisa membuat ruang santai sampai kamar tidur asisten rumah tangga jika diperlukan. Pada lantai paling atas juga bisa anda desain rooftop yang kece untuk bersantai.

2. Desain Rumah 5×10 Minimalis

5 Rekomendasi Desain Rumah 5X10 Modern

Desain rumah 5×10 dengan desain minimalis ini sebenarnya simpel, termasuk minimalis japandi. Masalahnya desain rumah tersebut biasanya jarang memiliki pembatas ruangan fungsional.

Dengan desain ini menekankan penggunaan furniture yang space-saving dan multifungsi, seperti sofa bed, rak dinding, atau kamar tidur yang dilengkapi penyimpanan sehingga rumah tidak terlihat sempit. Anda bisa membuat desain rumah 5×10 ala minimalis dengan dua tingkat.

Lantai pertama anda bisa jadikan area ruangan-ruangan fungsional yang jarang memiliki sekat. Sementara pada lantai 2 bisa untuk 3 kamar tidur agar tiap keluarga lebih memiliki privasi saat sedang istirahat.

Jika menurut anda desain rumah minimalis terlalu monoton dan anda kurang menyukainya, anda bisa menambahkan material kayu pada bagian lantai untuk menghadirkan kesan japandi yang lebih hangat.

3. Desain Rumah 5×10 Mezzanine

5 Rekomendasi Desain Rumah 5X10 Modern

Membuat desain mezzanine untuk rumah berukuran 5×10 sangat diperhatikan karena akan menyediakan ruangan lebih untuk desain rumah 5×10 ini. Selain itu, desain rumah dengan lantai mezzanine akan mengarah pada plafon tinggi yang menciptakan ilusi hunian lebih luas.

Bagian mezzanine bisa menyediakan kamar tidur ataupun area santai dan bekerja yang luas pada interior rumah. Anda bisa menambahkan meja dan kursi kerja, sementara di bagian bawahnya, selain memiliki 1 kamar tidur, ruang fungsional lainnya juga bisa anda tambahkan.

Anda bisa membuat ruangan multifungsi pada bagian depan yang menjadi ruang tamu serta ruang keluarga. Kemudian, pada bagian tengah dan belakang, desain rumah 5×10 ini cocok untuk area makan dan dapur.

4. Desain Rumah 5×10 1 Lantai

5 Rekomendasi Desain Rumah 5X10 Modern

Agar lebih nyaman dan bisa memuat banyak kamar tidur pada desain rumah 5×10 ini, memang desain rumah yang luasnya terbatas ini pada umumnya memiliki 2 lantai. Namun, anda juga bisa membuat desain rumah 5×10 minimalis untuk pasangan anda yang tidak membutuhkan banyak barang-barang di dalam rumah.

Mungkin hanya ada satu kamar tidur utama di desain rumah 5×10 tanpa lantai atas ini, namun ruang fungsional lain bisa anda miliki. Anda bisa menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga di samping kamar tidur. Sementara untuk bagian depannya, anda bisa membuat area dapur dan makan yang memiliki konsep meja bar yang menghemat ruangan.

5. Desain Rumah 5×10 Semi Basement

5 Rekomendasi Desain Rumah 5X10 Modern

Jangan khawatir tidak bisa memiliki area parkir untuk menaruh kendaraan jika memilih desain rumah 5×10. Anda pun jangan takut jika adanya tempat untuk kendaraan bisa menghambat desain rumah anda sehingga banyak ruang fungsional yang terpaksa anda jadikan korban.

Jika anda tidak menginginkan hal tersebut buatlah area semi basement untuk anda jadikan garasi, gudang, sekaligus kamar mandi untuk anda. Dengan area semi basement tersebut, lantai dasar rumah anda memiliki untuk ruangan-ruangan fungsional yang tidak banyak pembatas sampai pada kamar tidur yang jumlahnya bisa mencapai 2 saja.

Desain interior minimalis maupun japandi bisa dijadikan referensi rumah anda, jangan lupa untuk meminimalkan keberadaan pembatas ruangan. Namun, jika anda masih bingung, anda bisa menghubungi keluarga atau teman yang memahami desain rumah agar anda mendapatkan solusi desain rumah yang cocok untuk anda.

Baca Juga Pengertian Rumah