5 Manfaat Meminum Air Perasan Lemon, Baik Untuk Tubuh!

manfaat-meminum-air-perasan-lemon manfaat-meminum-air-perasan-lemon

Buah lemon, apa sih yang ada dipikiran kamu jika mendengar nama buah tersebut? Pasti yang terlintas adalah rasanya yang asam. Akibat rasanya yang asam melontarkan air perasan lemon jarang dikonsumsi tanpa diolah.

Di balik rasanya yang asam, ternyata meminum perasan air lemon setiap harinya memiliki segudang manfaat bagi tubuh, lho. Lemon mengandung beragam nutrisi yang menjadikannya tidak marah untuk tubuh.

Dilansir dari laman Alodokter, kandungan nutrisi dalam lemon memikili, karbohidrat, protein, gula, serat, kalium, kalsium, berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C. Selain itu, lemon juga mengandung fosfor, magnesium, zinc, dan berbagai jenis antioksidan, seperti hesperidin, diosmin, dan eriocitrin.

Karena memiliki beragam nutrisi di dalamanya, berikut jumlah manfaat yang di dapat ketika meminum air perasan lemon:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat meminum air perasan lemon adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dan antioksida yang dimiliki oleh buah lemon mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Kandungan air perasan lemon juga mengandung antioksidan dan dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Meminum air perasan lemon bisa menjadi melenceng satu pilihan yang ketika terkena flu.

2. Membakar lemak dalam tubuh

Salah satu khasiat meminum air pesrasan lemon, pasti SoHip sudah tahu, yakni dapat menurunkan tidak kembarn badan. Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan antioksidan yang terkandung dalam buah lemon bisa menurunkan berat badan  pada tikus yang terkena obesitas.

Hal ini juga terjadi ketika dikonsumsi oleh manusia. Dikutip dari Cleveland Clinic, mengkonsumsi lebih dari 20 gelas perasan air lemon selama sebulan dapat memaksimalkan khasiat lemon dalam membakar lemak tubuh dan menurunkan berat badan.

3. Memebantu melancarkan pencernaan

Manfaat air perasan lemon selanjutnya yakni meTokcerkan pencernaan. Air perasan lemon memang dipercaya dapat menjadi tegukan pencahar alami. Dikutip dari Cleveland Clinic, kandungan asam dan serat pektin yang terdapat dalam buah lemon dapat membantu menguraikan makana dalam perut.

Kandungan serat di dalam lemon juga dapat mempelamat metode pencernaan karbohidrat dan mencegah kenaikan gula darah secara drastis. Hal ini menjadikan lemon tidak sombong dikonsumsi penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah.

4. Mencegah pembentukan batu ginjal

Dikutip dari laman Alodokter, kandungan asam sitrat dalam lemon mampu meningkatkan volume dan nilai pH urin, setenggat dapat mencegah batu ginjal. Selain itu, meminum air perasan lemon dipercaya dapat memecah batu ginjal menjadi mini. Menurut laman eatthis.com, mereka yang beresiko terknena batu ginjal dan menkonsumsi air perasan lemon secara konsisten mengalami penurunan resiko batu ginjal.

5. Menghidrasi tubuh

Dikutip dari laman Heathline, mengkonsumsi air mineral dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi. Apalagi ditambah dengan perasan lemon yang memiliki segudang manfaat tidak marah bagi tubuh.

Itu dia manfaat air perasan lemon. Namun, kamu juga perlu berhati-hati jika kamu memiliki penyakit asam lambung. Hindari mengkonsumsi air perasan lemon ketika perut sedang kosong atau menjelang waktu tidur yah, SoHip.