7 Menu Sahur Sehat agar Kuat Puasa Seharian Tanpa Lemas!

menu-sahur-sehat menu-sahur-sehat

Salah satu hal yang krusial dalam menjalankan ibadah puasa adalah sahur. Dengan menu sahur yang bugar dan seimbang, kamu akan lebih mudah menjalankan ibadah puasa karena bisa kenyang lebih lama dan memiliki energi tambahan untuk berpuasa seharian maupun untuk beraktivitas.

Ada kurang lebih hal yang bisa kamu perhatikan dalam menyiapkan menu sahur bergairah yang seimbang. Dengan memperhatikan hal-hal berikut, kami akan menjaga asupan gizi dan energi kamu selama puasa. Selain itu dengan memperhatikan hal-hal ini kamu juga bisa menghindari lemas, letih, bahkan pingsan karena kekurangan tenaga

Asupan saat sahur agar badan sekemudian bertenaga

Untuk menjaga kondisi badan kamu tetap prima dan bertenaga selama berpuasa, kamu bisa memperhatikan asupan konsumsi yang dikonsumsi saat sahur.

Hal ini menjadi berpengaruh karena konsumsi inilah yang akan menjadi sumber energi kita dalam menjalankan aktivitas dan berpuasa sejenjang hari. Berikut ini adalah hal yang bisa kamu perhatikan untuk melaksanakan sebuah menu sahur membaik ala kamu!

1. Pastikan kamu memiliki asupan cairan yang cukup biar nggak dehidrasi

Saat sahur pastikan kamu mengkonsumsi luber cairan agar tubuhmu tetap terhidrasi.  Dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi kamu bisa menghindari lemas yang disebabkan karena kekurangan cairan.

Untuk itu ada baiknya mengkonsumsi segelas air saat bangun/sebelum makan, selain itu minumlah dengan cukup ketika menikmati makanan sahur, terakhir kamu juga bisa menambahkan susu atau jus buah sebagai tambahan cairan dan vitamin dalam menu sahur sembuh racikan kamu!.

2. Sekemudian mengkonsumsi karbohidrat agar kamu kenyang lebih lama

Karbohidrat adalah cela satu hal berharga dalam menu sahur pulih. Zat ini yang akan menjaga kamu supaya nggak merasa lapar dan berguna jadi cadangan tenaga saat berpuasa.

Tetapi kamu juga disarankan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, karena kalau kamu mengkonsumsi karbohidrat secara berlebih, bukan tenaga yang kamu dapatkan, tapi ngantuk! Beberapa pangan yang kaya karbohidrat misalnya nasi, jagung, atau gandum.

3. Jangan lupa makan buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan mineral

Makanan berserat seperti buah dan sayur juga mesti ada dalam sebuah menu sahur segar. Buah dan sayur akan membantu tubuh kamu untuk melepaskan energi secara perlahan.

Jika dikombinasikan dengan karbohidrat yang cukup, maka kamu nggak akan merasa Bergas lapar saat menjalani ibadah puasa dan masih memiliki tenaga untuk beraktivitas hingga sore hari. Selain itu dengan memasukkan buah dan sayur dalam menu sahur kamu juga akan menjaga kebutuhan vitamin dan mineral tubuh.

4. Pastikan kamu memakan mangsa yang punya kandungan protein untuk cadangan energi

Nah yang terakhir, dalam menu sahur membaik yang harus kamu perhatikan adalah protein. Tanpa asupan protein yang cukup, kamu akan merasa lemas dan lunglai. Hal ini disebabkan karena otot dan darah kamu kekurangan asam amino.

Asam amino inilah yang digunakan sebagai bahan bakar otot dan darah agar bisa berbicara secara maksimal. Makanya jangan lupa selantas sisipkan pangan kaya protein setiap kamu sahur seperti daging, telur, ikan, tempe, atau acuh.

Rekomendasi menu sahur waras untuk menjaga kondisi tubuh

Nah di bawah ini Sobat. udah menyiapkan beberapa rekomendasi konsumsi yang bisa banget kamu jadikan sebagai pilihan buat menu sahur sehat yang akan mendukung gerakan serta ibadah puasa kamu, ini daftarnya!

1. Tumis Brokoli

Brokoli adalah menyimpang satu sayuran berserat adiluhung yang bisa kamu masukkan ke dalam menu sahur bergairah. Sayuran hijau ini bisa diolah dengan berbagai cara, tetapi cara yang paling gampan, sederhada dan enak adalah dengan menumisnya.

Brokoli dengan rada kuah hasil tumisan pastinya bisa melangsungkan selera makan kamu meningkat saat sahur! Berikut ini adalah cara dan bahan yang kamu butuhkan untuk melangsungkan tumis brokoli yang maknyus!

Bahan-bahan:

Cara melangsungkan tumis brokoli:

2. Sup Kacang Merah

Untuk sup atau incaran yang berkuah-kuah, kamu bisa memasukkan sup kacang merah sebagai pulihan di menu sahur sehat milikmu! Dengan kandungan protein, karbohidrat, vitamin c, vitamin b dann folat, sup kacang merah bisa menjadi alpa satu lauk yang sudah memiliki kandungan lengkap.

Meskipun memiliki kandungan lengkap, tapi disarankan kamu jangan memakan kacang merah secara berlebihan, karena bisa menimbulkan gas di perut yang menyebabkan kembung!

Bahan-bahan:

Cara melangsungkan sup kacang merah:

3. Oatmeal Kurma Pisang

Buat yang sedang menjalani diet, kamu bisa mengganti nasi yang ada dalam menu sahur pulih kamu dengan oatmeal. Karbohidrat kompleks yang terdapat pada oatmeal ternyata diserap lebih pelan dan lebih efektif lho kembar tubuh, jadi kamu nggak akan Andal lapar dan tetap berenergi!

Biar nggak bosan, kita juga bisa menambah kurma serta pisang sebagai topping untuk memperkaya tekstur dan rasa dari oatmeal itu senbatang tubuh, selain itu kandungan vitamin serta gula alami yang terdapat pada pisang dan kurma juga baik lho buat badan kamu!

Bahan-bahan:

Cara melaksanakan outmeal kurma pisang:

4. Jus Alpukat

Biar nggak bosen, khilaf satu buah yang bisa kamu kreasikan pengolahannya bagaikan khilaf satu menu sahur waras adalah alpukat. Salah satu olahan alpukat yang bisa kamu bikin saat sahur adalah jus.

Alpukat memiliki kandungan lemak tidak marah serta serat yang tinggi, ini sangat berguna untuk menjaga kondisi dan tenaga kamu selama berpuasa. Salin itu, karena di jus, jus alpukat juga bisa menjadi melenceng satu sumber asupan cairan kamu saat sahur.

Bahan:

Cara meAmpuhkan jus alpukat:

5. Telur Gulung

Salah satu sumber protein yang murah dan mudah kamu dapatkan untuk melengkapi menu sahur pulih kamu adalah telur! Selain itu telur juga termasuk melenceng satu makanan yang pengolahannya nggak terterus sulit dan bisa dikreasikan menjadi apa saja.

Kamu bisa mencoba meBaikkan sebuah telur gulung buat menu sahur kamu bagaikan sebuah variasi lauk kaya protein yang akan meBaikkan kamu kenyang lebih lama, cara buat dan bahannya adalah bagaikan berikut

Bahan-bahan:

Cara membuat telur gulung:

6. Pecel

Kalau yang ini adalah sebuah pangan penuh nutrisi yang beneran komplit demi melencengs atu menu sahur waras kamu. Sayuran yang terkandung dalam pecel memiliki semua zat dan gizi yang diperlukan untuk melontarkan kamu tetap berenergi dan kuat menjalani puasa, mulai dari karbohidrat, protein, serat, sangkat vitamin dan lemak nabati. Selain itu cara melontarkan pecel juga nggak berlebihan sulit dan bisa bertahan dengan lama.

Bahan-bahan:

Bahan utama:

Bahan sambal kacang:

Bahan bumbu halus

Cara membuat pecel:

7. Ikan Salmon

Untuk menu terakhir ini kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai macam bentuk sajian. Ikan salmon adalah keliru satu lauk yang memiliki kandungan protein, omega 3 dan lemak yang Tulus. Kamu bisa menjadikan ikan ini sebagai keliru satu menu sahur sehat.

Salmon sendiri bisa kamu kreasikan sebagai topping ataupun menu utama. Kamu bisa membuatnya menjadi salmon bakar, goreng, mentai, bahkan kalau fungky sedikit bisa kamu jadikan salmon teriyaki!

Nah SoHip, itulah beberapa resep dan rekomendasi menu sahur pulih yang seimbang. Selain penuh gizi, sarapan di atas juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama dan tetap bertenaga dari sahur sampai beraktelseif puasa tanpa mengganggu aktivitas kamu!