Mengupas Arti Kata Dari Istilah Identifikasi

gambar tersebut menyebutkan mengupas arti kata dari istilah identifikasi gambar tersebut menyebutkan mengupas arti kata dari istilah identifikasi

Mengupas Arti Kata Dari Istilah Identifikasi

Tahukah Anda tentang arti kata dari istilah “identifikasi” ? Kata atau istilah yang diadopsi dari bahasa asing tersebut memiliki arti yaitu sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan, mencari, mencatat, mengolah meneliti, dan menelaah suatu informasi penting dan kemudian muncul lah fakta-fakta dari fenomena yang tengah diselidiki tersebut.

Oleh sebab itu, banyak orang yang mengartikan bahwa kata identifikasi ini berupa sebuah kegiatan atau hal-hal yang bertujuan untuk mencari sebuah fakta maupun penemuan solusi dengan cara menyelidiki berbagai fenomena-fenomena yang berkaitan dengan suatu permasalahan yang terjadi.

Asal Usul Kata Atau Istilah Identifikasi

Kata identifikasi ini memang menjadi salah satu suku kata yang diadopsi dari bahasa asing yakni dari bahasa Inggris. Ya, kata tersebut berasal dari bahasa Inggris yakni “identify” yang berarti meneliti atau menganalisis.

Jadi, kata atau istilah yang memiliki arti yang mirip dengan kata menyelidiki tersebut telah diadopsi ke dalam suku kata Bahasa Indonesia yang sesuai dengan tatanan Ejaan Yang Disempurnakan dan telah mengalami perubahaan ejaan dan juga pelafalan sehingga kata atau istilah tersebut juga terdaftar pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Oleh sebab itu, beberapa instansi instansi Negara seperti Instansi Kepolisian Republik Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi, dan instansi Negara sejenis lainnya guna menyelidiki dan menginvestigasi sebuah kasus atau permasalahan yang membutuhkan pengumpulan data guna menemukan fakta dan juga solusi dari sebuah kasus.

Perbedaan Kata Atau Istilah Identifikasi Dengan Investigasi

Memang dalam perbendaharaan kata dalam berbahasa Indonesia ini terdapat berbagai suku kata yang diadopsi dari bahasa asing terutama bahasa Inggris serta juga memiliki arti dan makna yang juga cukup mirip.

Salah satunya adalah kata identifikasi dengan investigasi. Kedua kata atau istilah tersebut memang banyak diucapkan oleh masyarakat Indonesia karena kedua jenis kata tersebut merupakan kata kerja dan banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Namun, tidak semua orang paham dan mengerti apakah kedua istilah tersebut memiliki arti dan makna yang berbeda atau memiliki arti dan makna yang sama. Untuk itu inilah beberapa perbedaan dari kedua istilah yang diadopsi dari bahasa asing yaitu :

Investigasi adalah sebuah tindakan penyelidikan yang mencatat dan juga merekam beberapa data dan juga fakta dengan cara meninjau ke lokasi tertentu dengan harapan memperoleh jawaban atas sebuah kasus atau pertanyaan yang tengah terjadi.

Jadi, letak perbedaannya adalah apabila identifikasi adalah menganalisis dan juga menelaah sebuah data yang diperoleh dari hasil investigasi tersebut. Maka dari itu bisa dikatakan bahwa investigasi merupakan sebuah tindakan untuk mendapatkan data dan fakta guna di teliti lebih lanjut.

Fungsi Dari Kata Atau Istilah Identifikasi

Sebagai salah satu kata baku dalam tatanan bahasa Indonesia sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dan juga terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kata atau istilah identifikasi ini memiliki fungsi dalam kalimat bahasa Indonesia. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Menunjukkan Kata Kerja

Kata yang memiliki arti serta makna mirip dengan istilah investigasi ini memiliki fungsi pertama yakni menunjukkan suatu kata kerja. Ya, kata identifikasi tersebut termasuk dalam jenis kata kerja sehingga bila seseorang mengucapkan kata tersebut mengandung arti bahwa seseorang tengah melakukan pekerjaan tersebut.

  1. Menunjukkan Suatu Kegiatan

Kata yang memiliki arti dan makna mirip dengan istilah investigasi ini memiliki fungsi kedua yakni menunjukan suatu kegiata. Ya, dalam dunia instansi Negara seperti polisi tentu saja akan melakukan tindakan lanjutan apabila telah berhasil mengumpulkan beragam bukti bukti yang diperoleh dari hasil investigasi.

Itulah beberapa fungsi dari kalimat yang diambil lalu diadopsi dari bahasa asing yakni bahasa Inggris tersebut.

Manfaat Melakukan Kegiatan Identifikasi

Beberapa orang tentu saja melakukan kegiatan identifikasi untuk berbagai keperluan seperti mengetahui permasalahan yang terjadi, mengetahui akar kasus yang ditangani, mengetahui sumber permasalahan, dan banyak sebagainya. Maka dari itu inilah beberapa manfaat-manfaat yang akan Anda peroleh setelah melakukan kegiatan penyelidikan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Guna Mengetahui Suatu Pokok Masalah

Manfaat yang pertama dari melakukan penyelidikan dan pengumpulan informasi tersebut adalah untuk mengetahui suatu pokok masalah yang telah terjadi.

Ya, kegiatan tersebut memang digunakan beberapa instansi penegak hukum untuk memperoleh fakta dari keterangan saksi beserta data data di lokasi kejadian sehingga nantinya akan diperoleh cerita kejadian yang telah terjadi sebelumnya.

  1. Sebagai Bahan Evaluasi Dari Sebuah Kegiatan

Manfaat yang kedua dari melakukan penyelidikan dan pengumpulan informasi adalah sebagai catatan dan bahan evaluasi dari sebuah kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh individu maupun kelompok.

Jadi dengan melakukan penyelidikan terhadap sebuah kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya maka data dan fakta yang telah terkumpul tersebut dijadikan suatu pemaparan data dan fakta terkait keberhasilan dan kegagalan dari suatu pelaksanaan acara sehingga ada bahan evaluasi guna diterapkan dalam perencanaan acara selanjutnya.

  1. Menentukan Pangsa Pasar Dalam Berdagang

Selain banyak digunakan dalam dunia instansi Negara, proses identifikasi pun juga digunakan dalam dunia industri dan perdagangan.

Ya, kegiatan penyelidikan tersebut ditujukan untuk mengetahui produk yang Anda produksi tersebut layak dibandrol dengan harga beraa, pangsa pasar yang bagaimana, hingga cara promosi bagaimanakah yang tepat untuk menarik minat konsumen guna membeli beberapa produk yang Anda rilis.

Oleh sebab itu, dengan melakukan tindakan penyelidikan terlebih dahulu sebelum memasarkan produk secara massal ini adalah langkah tepat guna mengetahui terlebih dahulu pangsa pasar beserta pemantapan bandrol harga produk yang Anda tetapkan sehingga calon konsumen dapat membeli produk Anda di pasaran.

Identifikasi merupakan sebuah kata atau istilah yang diadopsi dari bahasa asing yaitu bahasa inggris yakni “identify” yang berarti mengamati atau menganalisis.

Lalu mengalami asimilasi dan perubahan ejaan dan juga pelafalan sehingga menjadi suku kata sesuai dengan tatanan bahasa Indonesia sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) ini memiliki arti atau makna yaitu sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan, mencari, meneliti, dan menelaah suatu informasi penting dan kemudian muncul lah fakta dari fenomena yang tengah diselidiki.