Kenapa Mobil Tiba-Tiba Hilang Tenaga? Yuk Cari Tahu!

gambar tersebut menyebutkan tentang penyebab mesin mobil hilang tenaga gambar tersebut menyebutkan tentang penyebab mesin mobil hilang tenaga

Kenapa Mobil Tiba-Tiba Hilang Tenaga? Yuk Cari Tahu!

Anda pernah mengalami mobil tiba-tiba hilang tenaga dan bingung apa yang harus anda lakukan. Anda perlu cari tahu pada artikel ini. Jadi perhatikan dengan seksama ya karena saya akan memberikan beberapa solusi dan pencegahan. Jika nanti terjadi lagi anda tidak perlu panic karena anda sudah tahu apa yang akan anda lakukan.

1. Overheating Pada Mesin Mobil

Overheating pada mesin pada umumnya terjadi karena radiator yang mendapatkan panas berlebih dari mesin. Hal ini biasanya ditandai dengan keluarnya uap panas yang melonjak keluar dari ruang mesin. Selain karena radiator mendapatkan panas berlebih, bisa jadi radiator kotor sehingga sirkulasi air untuk mendinginkan mesin terhambat atau bisa juga karena upper tank radiator bocor, hal ini biasanya terjadi di tahap kedua setelah uap panas melonjak keluar atau istilahnya ngebul. Biasanya jika sudah di tahap ini mobil anda sudah sering mengalami overheat.

Untuk mengatasinya, jika overheat disebabkan karena panas berlebih dan uap keluar dari ruang mesin. Anda harus membuka kap mobil dan menunggu sampai radiator dingin, setelah itu siapkan kain lap yang cukup tebal lalu buka perlahan tutup radiator dan perhatikan apakah air yang hilang banyak. Jika ya, maka cari air dan isilah radiator, tutup radiator dan jalankan mesin sampai ke bengkel terdekat. Perhatikan gauge meter temperatur, jika mencapai H anda perlu berhenti dan mengisi lagi radiatornya.

Namun jika overheat terjadi karena radiator kotor anda bisa mendatangi bengkel resmi terdekat untuk melakukan cuci radiator. Jika anda ogah dan memilih cuci sendiri, ada nih caranya. Pertama buka tutup radiator bagian bawah. Radiator memiliki tutup bagian bawah, tutup ini yang fungsinya untuk menguras radiator. Anda bisa membuka tutupnya untuk mengosongkan air atau coolant yang ada di dalam radiator. Setelah tutup bagian bawah anda buka, tunggu sebentar untuk memastikan air yang ada di dalam sudah keluar semua. Sebelum anda menutup lagi tutup radiatornya saya sarankan untuk memasukkan air bukan keran dari atas ke bawah sebanyak 3x. Fungsinya agar bisa dipastikan kotoran yang ada pada radiator terbawa oleh air. Jika dirasa air sudah turun semua anda boleh menutup lagi tutup radiator bagian bawah,kemudian isi dengan air coolant. Anda perlu menyiapkan air sebanyak 10 liter untuk mengisi penuh radiator.

2. Filter Udara Dalam Mobil Kotor

Filter udara yang kotor bisa menjadi penyebab mengapa mobil tiba-tiba hilang tenaga. Hal ini dikarenakan mesin mobil butuh asupan udara untuk mendukung proses pembakaran. Asupan ini tentu melewati filter udara dulu untuk disaring dari kotoran dan debu yang terbawa udara. Jika filter udara terlalu kotor, maka bukan heran jika mobil tiba-tiba hilang tenaga.

 Maka dari itu, untuk pencegahannya selalu cek kondisi filter udara secara rutin. Jika filter udara sudah terlalu kotor bisa anda bersihkan dengan larutan air dan sampo mobil, kemudian anda keringkan atau angin-anginkan bisa menggunakan kompresor tekanan rendah atau dianginkan lewat alam, pastikan untuk tidak mengeringkan di bawah sinar matahari.

3. Penumpukan Karbon di Ruang Bakar

Penyebab lain mobil tiba-tiba hilang tenaga adalah adanya penumpukan karbon di ruang bakar mesin mobil. Hal ini dikarenakan adanya debu atau uap oli yang bercampur saat pembakaran terjadi. Penimbunan kerak juga dapat terjadi dari hasil isapan intake. Selain itu juga bisa karena banyaknya parafin dan sulfur yang ada dalam bahan bakar, menjadi penyebab terjadinya penumpukan kerak. Akibatnya dengan penumpukan karbon di ruang bakar membuat ruang bakar menjadi semakin sempit sehingga rasio kompresin meningkat dan membuat mesin tidak responsif akibat tumpukan kerak.

Untuk membersihkan secara maksimal anda direkomendasikan untuk pergi ke bengkel yang terpercaya karena proses pembersihannya cukup sulit dan harus ada alat khusus. Anda perlu tahu cara pembersihannya yaitu dengan cara memasukkan cairan bernama carbon cleaner ke dalam ruang bakar dimana langsung pada permukaan piston lewat luban busi kemudian setelah 15 menit cairan tersebut disedot dengan penyedot khusus. Lalu dari seodtan inilah anda bisa melihat berapa banyak kerak atau karbon yang berhasil diangkat dari ruang bakar. Tindakan seperti ini dilakukan pada mesin yang sudah panas, karena jikalau mesin masih dalam keadaanya dingin cairan carbon cleaner tidak akan beraksi. Servis ini disarankan untuk dilakukan setiap 30.000 km. Memang harga carbon cleaner bervariasi mulai dari Rp. 11.000,- sampai Rp. 250.000/-. Tentu anda bisa melakukannya sendiri di rumah jika anda sudah terampil.

Cara membersihkan ruang bakar sendiri dengan cairan carbon cleaner. Pertama anda perlu menyiapkan cairan carbon cleaner nya dan panaskan mobil selama 10 menit. Kemudian buka baut dan lepas coil on plug dari dudukan mesin serta cabut busi dari mesin. Supaya lebih mudah pembersihannya sejajarkan piston mesin setiap silinder. Lalu semprot cairan menggunakan selang ke dalam ruang bakar mesin lewat lubang busi sampai foam muncul di permukaan lubang. Tunggu 15 menit untuk memberikan waktu cairan mengikis endapan karbon pada ruang mesin. Setelah 15 menit berlalu sedot cairan menggunakan pompa hisap sampai kering. Lakukan lagi 2-3 kali sampai hasil yang disedot tidak ada atau berkurang. Lalu pasang kembali busi dan coil nya, nyalakan mesin untuk mengeluarkan sisa pembersihan di ruang bakar.

4. Kompresi Mobil Bocor

Penyebab keempat mobil tiba-tiba hilang tenaga adalah adanya tekanan kompresi yang mulai melemah. Tekanan kompresi sangat berpengaruh pada performa mobil. Karena tekanan udara di dalam ruang bakar ini akan membuat bensin semakin mudah untuk dibakar. Jadi jika terjadi masalah pada tekanan kompresi mengakibatkan bensin sulit terbakar dan menyebabkan mobil hilang tenaga. Beberapa cirri mobil dengan masalah pada kompresi adalah mobil sulit dihidupkan di pagi hari, tenaga los tidak sesuai dengan yang di gas, asap putih keluar dari knalpot saat di gas, oli mesin sering habis dan suara mesin yang cenderung kasar, terutama pada mobil berbahan bakar bensin.

Untuk mengatasi kompresi yang bocor anda dapat melakukan skir. Skir adalah proses mengikir dudukan paying klep dengan bagian dudukan klep pada kepala sillinder atau siting klep. Proses ini disarankan dilakukan melalui pembongkaran kepala silinder dan mencopot bagian klep. Pada proses ini diharapkan anda tahu caranya, karena jika tidak payung klep bisa menjadi tipis. Jika payung klep sudah terlalu tipis anda harus mengganti baru, jika tidak akan tetap bocor.

5. Ring Piston Aus

Penyebab kelima mobil tiba-tiba hilang tenaga adalah ring piston aus. Bagian luar ring piston uang sering bergesekan dengan dinding silinder saat mesin dihidupkan akan menimbulkan perpecahan kecil yang kemudian akan menjadi besar dan efeknya akan terasa dalam waktu 5 tahun lebih jika tidak dilakukan penggantian komponen. Oleh sebab itu, untuk mengurangi friksi jangan lupa untuk melakukan penggantian oli rutin sesuai dengan kebijakan pabrik.

Nah, sekarang anda sudah tahu kan penyebab mobil tiba-tiba hilang tenaga. Sekarang jika anda menemukan beberapa penyebab disini segeralah diperbaiki. Jangan sampai tunggu nanti-nanti ya. Agar komponen dapat terawatt sehingga umur mesin menjadi lebih panjang dan tidak merepotkan anda suatu hari nanti. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.