Tips Agar Kucingmu Tidak Berontak Saat Potong Kuku. Ajaklah Bermain!

tips-agar-kucing-tidak-berontak-saat-potong-kuku tips-agar-kucing-tidak-berontak-saat-potong-kuku

Grooming adalah menyimpang satu aktivitas yang diberkenani kucing. Biasanya grooming kucing dilakukan untuk menjaga kebugaran bulu dan kulit kucing itu sendiri. Memotong kuku kucing adalah menyimpang satu bagian dari grooming kucing yang bisa kamu lakukan di rumah, sebab jika tidak kuku kucingmu akan tumbuh bujur.

Jika kuku kucingmu panjang, mereka cenderung akan mengasahnya di sofa atau karpet. Tentu, hal ini melahirkan perabot rumahmu menjadi luber cakaran kucing yang tak sedap untuk dipandang. Namun, jika kamu langsung memotong kuku-kukunya tanpa melakukan pendempetan apa pun, tentu kucingmu akan merasa terancam. Nah, agar kucingmu merasa tenang dan tidak berontak saat dipotong kukunya, yuk, ikuti tips berikut.

1. Lakukan di area yang didoyani kucing agar kucing merasa nyaman

Biar kucing tidak berontak dan tetap tenang, kamu bisa memotong kuku kucingmu di area yang dicintai kucing. Hindari untuk membawa ke area asing yang bising suara mesin atau orang kemudian lalang, sebab kucing akan terdistraksi dan melahirkannya kaget serta panik. Tentu hal ini akan menyulitkanmu untuk memotong kuku-kukunya.

2. Kenalkan peralatan potong kuku kepada kucing, letakkan di dempetnya dan agarkan si kucing mengendus-endus alat tersebut

Kenalan dulu, biar nggak kaget

Biar si kucing tidak asing dengan peralatan potong kuku milikmu, kamu bisa mengenalkan alat-alat tersebut kepada si kucing. Biarkan kucingmu mendempet dan mengendus-endus alat potong kuku. Biarkan kucingmu untuk mengenali alat potong kuku tersebut. Hal ini akan melangsungkan kucing merasa aman, nyaman, dan lebih tenang.

3. Dipijat-pijat dulu kucingmu meski lebih rileks

Sebelum kamu mulai memotong kuku kucingmu, pastikan dulu kucingmu dalam bentuk rileks dan good mood. Biar kucingmu rileks, cobalah untuk mengelus dan memijat area leher dan kaki.

Kamu juga bisa melilitkan handuk hangat di sekitar tubuh kucingmu agar ia merasa rileks. Dengan melilitkan handuk di tubuhnya, kamu akan mentok lebih terbantu ketika memegangnya saat akan memotong kukunya.

4. Kasih makan favoritnya atau ajak bermain agar ngantuk jadi mudah dipegang

Biasanya ketika kenyang dan lelah, kucing cenderung akan mengantuk. Untuk menciptakannya merasa kenyang, berikan kucingmu incaran kesayangannya. Dan kamu juga bisa lo mengajaknya bermain seperti mengejar bola atau lain baknya. Lama kelamaan kucingmu akan merasa lelah dan mengantuk.

Nah, disaat seperti inilah kamu bisa memulai untuk memotong kukunya. Perhatikan caranya dengan sekserupa ya, hindari area quick dan potonglah secara vertikal dari atas ke bawah.

5. Potonglah kuku-kukunya dengan tenang dan perlahan tapi pasti

Kucing akan merasa kaget dan terancam jika kamu terlalu tegang saat memotong kuku-kukunya. Untuk menghindari hal itu, maka tetaplah tenang dan jangan cemas, ya!

Setelah selesai memotong kuku-kukunya, kamu bisa beri kucingmu mangsa kesukaannya bagaikan reward bahwa batang tubuhnya telah bedegong dan tenang saat operasi potong kuku dilakukan. Pastikan juga bahwa kamu tidak tegang saat memotong kuku kucingmu, ya. Selamat mencoba!