Ketahui Ciri dan Tips Hadapi Pasangan Clingy Yang Selalu Ingin Berdekatan

sifat clingy pasangan sifat clingy pasangan

Ada banyak ragam cara seseorang dalam menjalani hubungan bersama kekasih mereka. Tanpa disadari rupanya ada, lho suatu hubungan yang memiliki sifat clingy. Wah, istilah apa ya ini? Ya, sifat clingy adalah suatu keinginan dari seseorang yang selalu ingin berdekatan dengan pasangan.

Tentu ini akan sangat mengganggu salah satu pihak karena tidak bisa bergerak leluasa cenderung akan merasa terkekang karena merasa gerakannya jadi terbatas. Pasangan clingy kerap bertingkah agar selalu diprioritaskan entah dalam hal perhatian, dukungan atau perlindungan.

 

Ciri-ciri Sifat Clingy

Orang yang memiliki sifat ini  biasanya akan tidak bisa mengurus diri sendiri dan akan menggantungkan kebutuhan fisik dan emosional kepada orang di sekitarnya. Jika ini terus berlanjut dalam hubungan, tentunya ini akan merubah hubungan Anda menjadi toxic relationship. Oleh karena itu, agar Anda bisa menghindar dari hubungan yang tidak sehat ini, kenali beberapa ciri pasangan clingy berikut.

  1. Menanyakan hal sama berulang kali

Menanyakan hal sama berulang kali adalah ciri pertama dari pasangan yang memiliki sifat clingy. Dia akan melontarkan pertanyaan sama beberapa kali karena tuntutan kepuasan ego mereka sekaligus jadi penanda jika dirinya sedang tidak percaya diri. Jika kondisi ini berlanjut, lama kelamaan akan membuat Anda juga tertular menjadi tidak percaya diri karena kebanyakan jawaban dan perasaan Anda sering diragukan.

  1. Menghubungi setiap saat

Menjaga komunikasi memang menjadi kunci utama agar suatu hubungan awet, namun ini akan lain ceritanya jika pasangan selalu menghubungi Anda denganintensitas yang sangat sering. Terlebih jika menanyakan atau mengabarkan suatu hal yang sifatnya sangat remeh. Sifat clingy akan semakin terlihat jelas saat Anda mengutarkan penolakan, maka dia akan langsung marah atau bisa menyerang ponsel Anda dengan telepon atau pesan secara bertubi-tubi. Ini akan semakin parah jika Anda tidak membalas pesan yang dia kirimkan.

  1. Selalu memeriksa media sosial dari pasangan

Selain menghubungi Anda secara terus menerus, sifat clingy pasangan juga ditAndai dengan selalu mengecek atau memeriksa seluruh media sosial yang dimiliki Anda. Parahnya, dia sanggup meluangkan waktu hingga berjam-jam untuk memantau aktivitas atau postingan di media sosial Anda. Mereka bisa sangat marah saat menemukan Anda menyukai atau memberi komentar di postingan orang lain. Pada titik tertentu, dia akan meminta pin atau password agar bisa mengakses medsos Anda juga.

  1. Keinginan untuk selalu mengikuti segala aktivitas

Saat Anda memberinya kabar akan adanya rencana untuk ke suatu tempat, maka bersiaplah untuk sikapnya yang akan bersikeras untuk bisa ikut kemanapun Anda pergi. Lama-lama sifat clingy ini akan membentuk sikap posesif dan overprotektif yang sangat mungkin bisa menimbulkan pertengkaran. Padahal sangat wajar jika pasangan ingin menghabiskan waktu untuk melakukan hal disukai bersama teman-temannya.

 

Tips Menghadapi Pasangan Clingy

Jika dibiarkan terus menerus sifat clingy ini bisa merugikan kedua belah pihak, maka lebih baik mencari solusi untuk mengatasinya. Nah, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda coba.

  1. Menyibukkan diri

Jika Anda di posisi pasangan yang memiliki sifat clingy, maka hal yang harus Anda lakukan adalah mencari kesibukan diri. Cobalah pikirkan hobi apa yang sangat Anda sukai, akan lebih baik jika hobi itu bisa menghasilkan cuan, misalnya saja Anda punya hobi menulis atau mengedit foto maupun video. Mencari kesibukan ini bukan berarti Anda menjauh dengan pasangan, tapi menjalani hobi ini bisa menyenangkan sekaligus perlahan menghilangkan sifat clingy yang Anda alami.

  1. Menyepakati batasan

Tips menghadapi pasangan clingy selanjutnya adalah mencoba berbicara empat mata untuk membahas tentang batasan waktu saat berkomunikasi. Misalnya menentukan kapan baiknya menentukan waktu yang tepat untuk menghubungi pasangan saat jam kerja. Pastikan saat mendiskusikan hal ini, Anda dan pasangan sedang dalam keadaan emosi yang stabil.

  1. Berani ambil keputusan

Keberanian untuk mengambil keputusan memang bukan perkara mudah, terlebih berhadapan dengan pasangan clingy ini, namun keberanian ini nanti akan membuat Anda keluar dari tekanan sifat clingy dari pasangan. Mulailah dengan hal-hal kecil, misalnya saja membuat rencana untuk kegiatan besok atau menentukan apa saja yang bisa dia lakukan tanpa kehadiran Anda di sisinya.